AnjingDijual.com
Info: Per 2 Nov 2020, Jam Operasional Resmi 10.00-17.00 WIB. Batas Konfirmasi jam 16.00 WIB.
Buat Thread Baru Kirim Komentar
24 Jan 2014 13:56:49
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Penyebab Testis Anjing Tidak Turun atau Hanya Satu yang Turun

foto
kondisi monorchids

Cryptorchidism adalah kondisi ketika salah satu atau kedua testis gagal untuk turun ke skrotum. Unilateral Cryptorchidism atau monocryptorchid adalah sebutan untuk anjing yang memiliki salah satu testis yang turun.

Selama perkembangan janin, sel-sel yang berkembang menjadi kelenjar reproduksi (testis atau ovarium) terletak di dalam perut janin. Pada betina, ovarium akan tetap berada di perut. Sedangkan pada jantan, testis berpindah dari perut dan turun ke skrotum. Testis harus berada dalam skrotum untuk mempertahankan suhu yang tepat (sedikit dibawah suhu tubuh). Karena itulah mengapa testis pada anjing normal, berpindah dari perut ke skrotum. Normalnya, testis anjing turun pada usia sekitar 4-7 minggu, namun setiap anjing bisa memiliki waktu turun yang berbeda. Jika sampai dengan usia 4 bulan, salah satu atau kedua testis belum juga turun maka kemungkinan besar testis anjing tidak akan turun (cryptorchidism).

Apa yang menyebabkan testis tidak turun (cryptorchidism)?
Pada anjing, kondisi ini sangat umum terjadi dan diketahui memiliki kaitan dengan faktor genetik. Beberapa ras tertentu memiliki kecenderungan terhadap kondisi ini, seperti Chihuahua, the Maltese, the Pekingese, the Pomeranian, the German shepherd, the miniature and the toy poodle, the Yorkshire terrier, the Old English sheepdog, the dachshund, the boxer, the bulldog, the Shetland sheepdog, the American Staffordshire terrier, the cairn terrier, the miniature schnauzer and the Siberian husky.

Namun semua anjing ras murni atau campuran bisa mengalami kondisi ini dan diturunkan dari bapak ke anak jantan. Selain genetik, penyebab lainnya masih misteri.

Bagaimana cara mengatasinya?
Anjing dengan kondisi monorchids atau memiliki satu testis yang turun masih subur, namun karena Cryptorchid adalah kondisi turunan, maka anjing dengan kondisi ini sebaiknya tidak boleh dikawinkan. Anjing Cryptorchid juga memiliki risiko jauh lebih besar terkena kanker testis, torsion, atau masalah reproduksi lainnya dibandingkan anjing normal. Kebanyakan drh menyarankan untuk menghilangkan kedua testis untuk mencegah kanker dan menghentikan kemungkinan diturunkan ke anak jika terjadi perkawinan

foto
undescended testicle artinya testis tidak turun dan descended testicle artinya testis turun. Testis besar di gbr adalah testis tidak turun yg sudah menjadi tumor

Operasi untuk menghilangkan 'testis yang tidak turun' jauh lebih rumit dan invansif dibandingkan operasi steril/neuter standar untuk menghilangkan 'testis yang turun'. 'Testis yang tidak turun' bisa berada di mana saja di dalam perut anjing, dan biasanya sebelum operasi drh akan mencari letak testis melalui USG. Jika lokasinya tidak diketahui jelas melalui USG, maka drh akan melakukan operasi eksploratif mencari dimana testis tsb berada untuk kemudian dibuang. Operasi ini mungkin akan lebih invasif, tergantung dimana testis tsb berlokasi. Pasca operasi, Anjing Anda akan membutuhkan waktu pemulihan lebih lama dibandingkan pasca operasi steril biasa, dan Anda harus lebih rajin dalam perawatannya.

Untuk anjing dengan satu testis turun tidak cukup hanya dengan mengebiri atau mensteril satu testis yang turun saja dan mengabaikan testis yang tidak turun. Karena faktor resiko anjing masih akan menunjukkan hasratnya untuk kawin meskipun tanpa kemampuan untuk melakukannya lagi. Oleh karena itu, testis yang tidak turun harus tetap dihilangkan melalui operasi.

Catatan:
MONOCRYPTORCHID berbeda dengan MONORCHID. MONORCHID adalah istilah untuk anjing yang hanya mengembangkan satu testis di dalam tubuhnya pada tahap perkembangan embrio atau sederhananya hanya PUNYA SATU TESTIS. Berbeda dengan istilah Cryptorchidism yang artinya TESTIS TIDAK TURUN ke skrotum (Cryptic artinya tersembunyi) dan istilah utk testis yang turun hanya satu adalah MONOCRYPTORCHID.
MONORCHID dan ANORCHID (istilah utk anjing tidak memiliki kedua testis) sangat jarang terjadi pada anjing, sedangkan Cryptorchidism lebih umum terjadi pada anjing.

DVM Daniel Buchwald di avalonkennels.net menyebutkan bahwa jika hanya salah satu orangtua yang menurunkan sifat cryptorchidism ke anak maka anak hanya menjadi "pembawa" (carrier) sifat tsb sedangkan jika kedua orangtua menurunkan sifat cryptorchidism (satu dari bapak, satu dari ibu) maka anak akan memiliki kondisi cryptorchidism.


Sumber/diterjemahkan dari:
http://vetmedicine.about.com/od/diseasesandconditions/f/FAQ_cryptorchid.htm
http://www.vetinfo.com/undescended-testicle-in-dogs.html
http://www.pets.ca/dogs/articles/cryptorchidism-in-dogs/
http://dogcare.dailypuppy.com/treatment-undescended-testicles-canines-5620.html
http://www.avalonkennels.net/canine%20chriptorquidism.htm
http://www.petplace.com/dogs/monorchidism-in-dogs/page1.aspx

Last Edited : 25 Jan 2014 11:06:23
24 Jan 2014 14:51:59
#2
Avatar Hery_1
Hery_1
Total Post : 5
Anjing jantan saya yang monorchids menghasilkan seekor puppy jantan yang kedua testisnya turun. Kalau cryptorchidsm adalah genetik, apakah itu mungkin ibu Nikita?

Kebetulan sifat induk betinanya cukup baik dalam merawat anaknya. Dia rajin menjilati daerah sekitar perut untuk menstimulasi urinasi dan defekasi si puppy. Saya jadi terpikir bahwa turunnya kedua testis karena rajinnya siinduk menjilati daerah sekitar itu...
24 Jan 2014 16:44:12
#3
Avatar 006737
006737
Total Post : 245
pak ayung, sudah berapa kali anjing anda yg monorchids mempunyai anak jantan yg testisnya turun ke 2 nya? apakah sudah kawin berkali kali dan dng betina yg berlainan selalu ke 2 testisnya anak jantannya selalu turun?
Last Edited : 24 Jan 2014 16:46:07
24 Jan 2014 21:44:21
#4
Avatar bruno_the_dachshund
bruno_the_dachshund
Total Post : 18
Biaya operasinya kira" sekitar berapa ya?
25 Jan 2014 08:49:34
#5
Avatar Hery_1
Hery_1
Total Post : 5
Ini anak anjing pertama yang lahir dirumah saya. Sebelumnya saya tidak paham apa yang namanya monorchids.. sampai pawang yang mengawinkan anjing saya memberitahukan kondisi anjing jantannya.
25 Jan 2014 10:52:52
#6
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842
Maaf sebelumnya, ada koreksi utk penulisan diatas, istilah yang benar utk kondisi cryptorchidism dengan hanya satu testis yang turun adalah MONOCRYPTORCHID atau unilateral cryptorchidism bukan MONORCHID.

MONORCHID adalah istilah untuk anjing yang hanya mengembangkan satu testis di dalam tubuhnya pada tahap perkembangan embrio atau sederhananya hanya PUNYA SATU TESTIS. Berbeda dengan istilah Cryptorchidism yang artinya TESTIS TIDAK TURUN ke skrotum (Cryptic artinya tersembunyi) dan istilah utk testis yang turun hanya satu adalah MONOCRYPTORCHID. Banyak sumber di internet, bahkan website AKC keliru menggunakan istilah MONORCHID ini yang seharusnya adalah MONOCRYPTORCHID.

Cryptorchid The adult whose testicles are abnormally retained in the abdominal cavity. Bilateral cryptorchidism involves both sides; i.e., neither testicle has descended into the scrotum. Unilateral cryptorchidism (also called monorchid) involves one side only; i.e., one testicle is retained or hidden, and one is descended.
http://www.akc.org/about/glossary.cfm

MONORCHID dan ANORCHID (istilah utk anjing tidak memiliki kedua testis) sangat jarang terjadi pada anjing, sedangkan Cryptorchidism lebih umum terjadi pada anjing.

DVM Daniel Buchwald di avalonkennels.net menyebutkan bahwa jika hanya salah satu orangtua yang menurunkan sifat cryptorchidism ke anak maka anak hanya menjadi "pembawa" (carrier) sifat tsb sedangkan jika kedua orangtua menurunkan sifat cryptorchidism (satu dari bapak, satu dari ibu) maka anak akan memiliki kondisi cryptorchidism.

lebih jelasnya bisa baca disini:
http://www.avalonkennels.net/canine%20chriptorquidism.htm
http://www.petplace.com/dogs/monorchidism-in-dogs/page1.aspx

@Hery_1: semoga penjelasan diatas bisa membantu
@bruno the dachshund : maaf, untuk biaya operasi kurang tahu. bisa langsung ditanyakan ke vet. tks
Last Edited : 25 Jan 2014 10:58:32
25 Jan 2014 16:23:11
#7
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 443
Oh ya ya ya.. baru paham istilah2 itu sekarang haha.. tq
Aku dulu taunya ya cuma testisnya kaga ada satu atau dua, terjadi karena tidak turun atau tidak terbentuk pas dlm kandungan.
Last Edited : 25 Jan 2014 16:28:27
25 Jan 2015 22:30:49
#8
Avatar ryo.ha1
ryo.ha1
Total Post : 1
anjing german shepherd sy umur 6bln jalan tp testisnya blm turun sm sekali,apakah masih bisa ditolong biar turun? makasih...
28 Jan 2015 20:51:52
#9
Avatar Budiman.Benyamin
Budiman.Benyamin
Total Post : 2
normal nya usia berapa bulan ya testi nya turun jadi 2.?

Terima Kasih smile
02 Feb 2015 18:00:44
#10
Avatar Jeri.Andryanto
Jeri.Andryanto
Total Post : 2
Gan anjing saya umur 8 tahun campuran...

Sebelumnyaa setau saya testisnya normal, tpi kmarin aaya baru lihat testis kirinya pindah ke samping kiri bawah penis, apakah masih berbahaya gan?
14 Jul 2017 09:01:42
#11
Avatar silvianatjia0609
silvianatjia0609
Total Post : 1
Saya mau tanya..
Kalau anjing yg testis nya sudah turun 2..
Apa sakit ya?
Anjing pom saya sudah turun testis nya 2.. Tapi dia lemas. Terus sakit.
Tolong di jawab.. Thanks

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.