AnjingDijual.com
Info: Per 2 Nov 2020, Jam Operasional Resmi 10.00-17.00 WIB. Batas Konfirmasi jam 16.00 WIB.
Buat Thread Baru Kirim Komentar
22 Jan 2014 12:11:33
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Haruskah Anjing Berada di Sebelah Kiri Kita Saat Berjalan?

foto

Anda mungkin pernah atau bahkan sering mendengar bahwa ketika berjalan bersama anjing maka posisi anjing harus berada di sebelah kiri pemiliknya. Namun pertanyaannya adalah apakah itu harus?

Jawabannya adalah Tidak. Anda bisa berjalan dengan anjing Anda di sisi mana pun yang Anda mau. Tidak ada aturan yang mengatakan bahwa Anda harus membawa anjing Anda berjalan di sebelah kiri Anda. Sisi yang benar adalah kembali lagi pada pilihan dan kenyamanan pemilik itu sendiri. Lalu kalau begitu, kenapa kita sering mendengar anjing harus berjalan di sisi kiri?

Sebagian besar orang lebih sering menggunakan tangan kanan (right handed) untuk melakukan aktifitasnya, maka secara alami orang akan lebih nyaman jika anjing berada di posisi kirinya karena akan lebih mudah bagi mereka untuk melakukan aktifitas normal dengan tangan kanannya, misalnya bersalaman dengan orang ketika sedang berjalan, mengunci pintu rumah, mengangkat HP, atau aktifitas lainnya. Selain itu, ada pertimbangan-pertimbangan lain yang juga menentukan, sebagai contoh anjing yang menemani atau membantu ketika berburu, untuk pemilik yang right handed akan memegang senjata di sebelah kanan dan untuk alasan keamanan tentu sebaiknya anjing harus berada di posisi yang berlawanan dengan senjata, yaitu di sebelah kiri pemilik. Atau, ketika pemilik berjalan dengan anjing di pinggir jalan, tentu akan lebih aman jika anjing berada di sebelah kiri pemilik.

foto

Para trainer dan anjing Dog show biasanya memiliki ketentuan sisi mana yang harus digunakan. Dan semua anjing pemandu (guide dog) diajarkan untuk berjalan di sisi kiri, sama dengan kebanyakan anjing peliharaan. Namun, kadang ada pengecualian jika pemilik dari anjing pemandu tsb memiliki masalah medis atau kondisi yang tidak memungkinkannya menggunakan lengan atau tangan kirinya, maka anjing pemandu yang digunakan akan dilatih untuk berjalan di sisi kanan.

foto

Meskipun sisi kiri nampaknya lebih banyak digunakan bagi sebagian besar orang, namun keputusan sepenuhnya kembali lagi pada Anda sebagai pemilik, sisi mana yang menurut Anda lebih nyaman. Tidak ada aturan baku untuk itu.

Dan, yang terpenting harus diingat ketika membawa anjing Anda berjalan, pastikan Anda yang menjadi Pack leadernya bukan sebaliknya. Baca tipsnya disini:
Cara Melatih Anjing Berjalan dengan Anda sebagai Pack Leadernya Ala Cesar Millan

Jika Anda kesulitan melatih anjing Anda menggunakan leash, baca tips ini:
Cara Melatih Anak Anjing Menggunakan Tali Anjing/Leash

Sumber:
http://dogcare.dailypuppy.com/matter-side-dog-walking-3401.html
http://www.puppytrainingmiami.com/blog/2012/09/04/why-walk-your-dog-on-the-left-dog-and-puppy-training-in-miami/

Last Edited : 22 Jan 2014 12:39:49

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.