Gangguan SMS masuk/terima khusus dr XL/Axis/Indosat, bs krm ke 0857-1718-1790
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
10 Jan 2014 13:36:43
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Tips Menghentikan Perilaku Anjing Suka Mengejar (Mobil,Orang,Kucing,dll)

foto

Perilaku mengejar adalah perilaku alami bagi anjing. Insting ini digunakan saat mereka berburu mangsa saat berada di alam liar. Dorongan untuk mengejar sesuatu yang bergerak sudah menjadi sifat bawaan yang tertanam dalam otak mereka. Beberapa jenis ras tertentu yang dibiakkan khusus untuk suatu pekerjaan tertentu memiliki kecenderungan lebih obsesif mengejar dibandingkan lainnya. Sebagai contoh, anjing ras terrier yang dibiakkan untuk mengejar dan menyerang binatang kecil.

foto

Yang kemudian menjadi masalah adalah ketika anjing mengejar sesuatu yang tidak diinginkan, seperti mobil, sepeda, orang lari, kucing atau binatang lainnya. Bayangkan jika anjing Anda mengejar kucing atau hewan peliharaan tetangga, mengejar orang yang sedang berlari dan melukai mereka, atau yang lebih buruknya lagi mengejar mobil yang bisa membuat mereka kehilangan nyawa akibat tertabrak. Anda tentu tidak ingin hal itu terjadi. Karena itu jika anjing Anda memiliki kecenderungan suka mengejar seperti itu, Anda harus dapat menghentikan kebiasaan buruknya sebelum menjadi masalah nantinya.

foto

Cara menghentikan anjing agar tidak mengejar
Sebelum melakukan tips dibawah, sebaiknya anjing sudah menguasai perintah "sit" dan "stay" dan sudah bisa berjalan kaki menggunakan leash dengan baik. Jika sudah, mulai perlahan mencoba menghadapkannya dengan situasi yang dapat memicunya mengejar seperti kucing, mobil dsbnya, dengan mengikuti tips sebagai berikut:
- Pakaikan leash sepanjang 6 kaki (untuk tindakan pencegahan jika sewaktu-waktu anjing akan mengejar), dan berikan perintah sit/stay.

- Selanjutnya, minta teman Anda untuk pelan-pelan naik sepeda, mengendarai mobil atau jogging melewati anjing, sambil Anda berusaha membuat anjing Anda tetap berada pada posisi sit/stay.

- Alihkan perhatian anjing Anda dengan makanan, berikan pujian padanya ketika ia tidak mengejar. Ketika anjing Anda mulai terganggu dan ingin mengejar, secepat mungkin alihkan dengan berjalan ke arah berlawanan dan berikan makanan/treat. Ini dimaksudkan agar anjing mengasosiasikan kehadiran mobil/sepeda/orang jogging dengan makanan. Alihkan anjing Anda dengan cepat saat ia mulai tidak fokus dan memperhatikan godaan, jangan menunggu terlalu lama atau anjing Anda tidak akan lagi bisa Anda cegah untuk mengejar godaan tsb. Lebih cepat lebih baik.

- Secara bertahap tingkatkan kecepatan sepeda/mobil, dan sebentar-sebentar berikan makanan sebagai reward untuknya saat ia duduk diam dan berpaling ke Anda untuk mendapatkan makanan ketika sepeda/mobil tsb dekat. Lama kelamaan suara sepeda/mobil malah akan menjadi isyarat baginya untuk mendapatkan makanan.

Memang hal yang tidak mungkin untuk dapat benar-benar menghilangkan perilaku mengejar pada anjing, namun perilaku ini dapat diarahkan/dialihkan. Cegah perilaku mengejar ini sedini mungkin, ingatlah bahwa ketika kecil mungkin akan terlihat lucu, namun akan menjadi berbahaya saat anjing beranjak dewasa. Selain itu, kurangi kemungkinan anjing untuk mengejar, yaitu dengan membuat batasan seperti halaman berpagar atau lainnya. Berikan kegiatan, permainan atau latihan untuk menyalurkan energi yang terpendam sehingga mengurangi motivasinya untuk mengejar.

Berikut video cara menghentikan perilaku mengejar dengan cara mengalihkan dengan makanan. Disarankan untuk menontonnya sampai selesai agar Anda bisa memahami dengan jelas.




Sumber/diterjemahkan dari:
http://puppies.about.com/od/BehaviorProblems/a/Puppy-Car-Chasing.htm
http://www.aspca.org/pet-care/virtual-pet-behaviorist/dog-behavior/dogs-chasing-cars
foto dari berbagai sumber

Last Edited : 10 Jan 2014 13:57:54
22 Jun 2014 19:40:26
#2
Avatar ApiAir
ApiAir
Total Post : 1
anjing Herder ane drmh umur 16bulan, klo drmh kalem bgt, klo jalan jg anteng, pa lg klo ktemu anjing lain..
tp klo udah ngeliat kucing dmanapun tiba2 langsung extreme bgt..dan ga ada yg bisa mengalihkan dia dr kucing itu..dr makanan, mainan, bahkan klo ane sbg Ownernya marahpun sama skali ga di gubris..
ane udh coba bbrp trik dr bbrp web, artikel, youtube, cesar millan jg tp blm membuahkan hasl..
kira2 agan2 ada yg tau ga gmn solusinya.....???
29 Aug 2016 18:16:48
#3
Avatar 021703
021703
Total Post : 1
cesar milan
23 Nov 2016 15:49:35
#4
Avatar anjing-dijual961
anjing-dijual961
Total Post : 16
Pakai e collar dijamin nurut...GSD ku nurut banget semenjak pakai e collar...duduk manis di depan kucing...he..he...

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.