INFO Komunikasi Lebih Lancar & Pasti Sampai via Email ke AnjingDijual@gmail.com (Prioritas, dibalas lebih cepat!)
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
09 Jan 2014 12:06:07
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Breed Of This Week : Belgian Malinois

foto

Belgian Malinois adalah anjing berukuran medium dengan proporsi persegi, memiliki tulang yang cukup berat, berbentuk oval dan sangat kuat meskipun tidak memiliki tubuh yang besar. Mereka memiliki penampilan elegan dan gaya berjalan yang lincah, serta memperlihatkan kesan yang tidak kenal lelah. Malinois memiliki kecenderungan untuk berlari berputar dalam lingkaran yang besar ketimbang berlari lurus karena jiwa menggiring/mengembala yang dimilikinya. Berbulu pendek, lurus dan kasar, dengan bulu lapisan dalam yang padat. Memiliki ekspresi wajah yang pintar.

"Kuat" merupakan deskripsi yang paling tepat untuk menggambarkan Belgian Malinois. Ini adalah jenis anjing berenergi tinggi yang membutuhkan stimulasi mental dan fisik setiap hari. Anjing Belgian merupakan anjing penjaga dan anjing pengawas ideal yang siaga, cerdas, dan serius. Mereka memiliki naluri menggiring dan naluri melindungi yang kuat. Anjing Malinois baik dengan anak kecil jika mereka sudah disosialisasikan dengan baik, namun mereka memiliki kecenderungan untuk menggigit tumit dan mencoba untuk menggiring saat bermain. Malinois bisa agresif terhadap anjing dan binatang lain kecuali sudah disosialisasikan sejak kecil. Beberapa bisa mendominasi. Ketika berada di kandang, anjing ini sering lari berputar dalam upaya untuk tetap bergerak. Karena kecerdasan, energi tinggi dan karakteristik lainnya, Malinois kurang direkomandasikan untuk pemilik yang kurang berpengalaman. Belgian sangat melindungi rumah dan keluarganya.

foto


Negara asal : Belgia
Jenis Family : livestock, herding
Tahun Asal : 1800-an
Awalnya berguna sebagai : penggembala ternak
Saat ini berguna sebagai : anjing keamanan, anjing polisi, pendeteksi narkoba, assistance dog, herding trial, schutzhund
Ukuran rata-rata Jantan : Tinggi 61-66 cm. Berat 27-29.5 kg.
Betina : Tinggi 55.9-61 cm. Berat 27-29.5 kg.
Nama : Malinois, chien de berger Belge

foto

Tingkat energi : tinggi
Kebutuhan akan latihan/Exercise : tinggi
Tingkat keaktifan : sangat aktif
Keramahan terhadap anjing lain : pemalu
Keramahan terhadap hewan peliharaan lain : pemalu
Keramahan terhadap orang asing : pemalu
Kemudahan untuk dilatih : mudah dilatih
Kemampuan Watchdog : Tinggi
Kemampuan Melindungi / Protection : sangat protektif
Kebutuhan Grooming : rendah
Toleransi terhadap dingin : medium
Toleransi terhadap panas : medium

foto

Perawatan dan Kesehatan
Belgian malinois adalah anjing berenergi tinggi yang membutuhkan banyak latihan. Kebutuhannya tidak dapat dipenuhi hanya dengan berjalan-jalan santai memakai tali. Mereka membutuhkan joging panjang atau sesi bermain yang sangat aktif. Mereka sangat menyukai kegiatan menggiring. Jenis ras ini bisa hidup di luar rumah dalam cuaca yang sedang atau dingin, tetapi akan lebih baik jika bisa membagi waktu antara berada dalam rumah dan halaman. Bulunya perlu disikat setiap minggu, dan lebih sering ketika masa rontok/shedding.

Major concerns untuk masalah kesehatan : tidak ada
Minor concerns untuk masalah kesehatan : CHD, epilepsi, alergi kulit
Masalah kesehatan yang jarang terlihat : tidak ada
test kesehatan yang disarankan : pinggul
Lama usia : 10-12 tahun

Sejarah asal mula
Ras-ras anjing Belgian penggiring domba, secara bersama dikenal sebagai chiens de berger Belge, memiliki awal sejarah sebagai anjing penggembala dan anjing penjaga di Belgia. Sebagai anjing pekerja (working dog), mereka lebih dibiakkan untuk kemampuannya dibandingkan penampilannya. Karena itu, saat dog show mulai populer di akhir tahun 1800-an, Belgia tidak memiliki ras yang dapat dikenali untuk membawa kebanggaan negara mereka. Tahun 1891, profesor Adolphe Reul meminta untuk mempelajari anjing-anjing pribumi untuk melihat apakah mereka bisa diurutkan ke dalam jenis yang berbeda. Ia menemukan sekelompok anjing sama yang hanya berbeda dari segi jenis bulu dan warna bulu, yang semuanya dikelompokkan sebagai Belgian Shepherd. Beragam jenis anjing berbulu pendek dikembangkan di area sekitar Malines, dan karena itu dikenal sebagai Belgian Malinois. Jenis ras ini masih menjadi yang paling populer diantara jenis ras Belgian Shepherd di daerah asalnya.

foto

Antara tahun 1911 dan perang dunia 2, Malinois sangat populer di Amerika. Setelah perang, pendaftaran malinois menurun drastis, dan sulit untuk menemukan Malinois yang masuk dalam kompetisi anjing. Ketika jenis ras ini dibedakan pada tahun 1959, pendaftaran malinois mulai naik kembali, namun tetap tertinggal jauh di belakang ras Belgian lainnya.
Sekarang ini, anjing Malinois menjadi populer di Amerika karena reputasinya sebagai salah satu anjing polisi unggulan di dunia, bahkan melebih jumlah permintaan anjing German Shepherd. Karenanya, meskipun jarang terlihat sebagai anjing peliharaan rumah atau anjing show, kehadirannya dikenal sebagai anjing penjaga perdamaian di seluruh dunia.




Sumber:
http://animal.discovery.com
http://dogtime.com/dog-breeds/belgian-malinois
http://mausergirl.deviantart.com

Last Edited : 13 May 2014 12:33:00
11 Jan 2014 09:01:17
#2
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 443
Malinois.. heart Ras favorit aku. Pengen punya, tapi takut saya belum layak handle seekor Malinois.
Last Edited : 11 Jan 2014 09:37:18
04 Feb 2015 12:43:40
#3
Avatar Monang.Padmi
Monang.Padmi
Total Post : 3
saya punya 1, jantan.. aktif nya minta ampun, anjing terbaik yang pernah saya miliki sejauh ini.
mungkin memang benar bahwa anjing ini bukan untuk pemula yg belum berpengalaman memelihara anjing, bisa jadi krn tingkat keaktifannya sangat tinggi, energi nya seperti tidak ada habis nya.
sebagai watch dog, anjing ini recomended bgt, sensitif dan teritorial
sebagai anjing penjaga dan proteksi saya bisa katakan anjing ini protektif terhadap tuannya.

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.