AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
08 Jan 2014 12:23:38
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Air, Nutrisi yang Paling Penting Bagi Anjing Anda dan Seringkali Terlupakan..

Apakah Anda tahu apa nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh anjing Anda? Nutrisi yang sangat penting dimana tidak ada anjing yang bisa bertahan jika kehilangan nutrisi itu selama lebih dari beberapa hari sebelum akhirnya mati karenanya?

Apakah nutrisi itu adalah protein? lemak? atau mungkin vitamin.. atau mineral?

Mungkin terdengar mengejutkan bahwa jawabannya bukan semua nutrisi yang disebutkan tadi. Namun, yang dimaksud adalah AIR.. nutrisi yang sering terlupakan.

foto

Air memiliki peran yang lebih penting dibandingkan protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Setiap hari tubuh anjing secara alami akan kehilangan air. Melalui keringat yang keluar dari bantalan kaki, ketika anjing bernapas terengah-engah, atau ketika ia buang air kecil dan buang air besar. 

Anjing yang kehilangan terlalu banyak air dalam tubuhnya, meskipun hanya kehilangan 10%-15% air dalam tubuhnya, bisa menjadi sakit parah dan bahkan berakhir pada kematian. Karena itu, air yang hilang dalam tubuhnya perlu digantikan.

Berapa banyak jumlah air yang dibutuhkan bagi anjing?
Menurut Webmd.com, aturan dasar yang baik adalah:

1 ounces air untuk per pound berat tubuh anjing.

Itu berarti anjing dengan berat tubuh 20 pound memerlukan setidaknya 20 ounce air setiap hari (lebih dari 2 cup, atau setara dengan beberapa botol atau botol soda).

Untuk membantu Anda memantau berapa banyak air yang anjing Anda minum, isilah air dalam mangkuk minum dengan level atau jumlah yang sama setiap kali mengisi dan perhatikan berapa banyak yang tersisa.

Catatan:
- ounce berbeda dgn ons (coba search di google untuk jelasnya)
- 1 pound = 16 ounce (oz)
- 1 pound = 0.45 kg
- 1 ounce = 29.6 ml

Selalu Sediakan Air Minum
Tinggalkan mangkuk air minum dimana anjing Anda dapat menjangkaunya dengan mudah. Karena anjing dapat menjatuhkan mangkuk saat mereka minum, gunakan mangkuk minum yang tidak mudah jatuh dan tumpah. Bersihkan mangkuk minum setiap hari. Mengisi ulang air dalam mangkuk sesering mungkin agar air tetap fresh.

Setiap kali Anda dan anjing Anda bermain di luar rumah, terutama saat cuaca panas, selalu membawa air dingin untuknya. Jika anjing Anda tinggal diluar rumah pada hari-hari yang panas, tambahkan es pada mangkuk air minumnya.

Beberapa anjing suka minum air dari toilet, namun, itu bukan sumber air yang bersih baginya. Karena itu pastikan toilet tertutup sehingga anjing Anda tidak masuk.

Tanda-Tanda Dehidrasi
Ketika anjing tidak minum cukup air atau ketika mereka kehilangan terlalu banyak air, mereka akan menjadi dehidrasi. Anjing tua dan anjing yang sedang sakit, hamil atau menyusui bisa mudah mengalami dehidrasi. Selain itu, diare juga bisa menyebabkan anjing Anda kehilangan banyak air dalam tubuh dan dehidrasi.

Tanda-tanda dehidrasi meliputi:
- Lemas
- Tidak nafsu makan
- Mata cekung
- Mulut kering

Anda bisa menggunakan dua cara dibawah ini untuk memeriksa apakah anjing Anda mengalami dehidrasi. Jika responnya tidak normal, maka itu pertanda kemungkinan dehidrasi:

foto

1. Angkat kulit di bagian belakang leher atau antara bahu anjing Anda. Normalnya, setelah dilepaskan kulit yang diangkat tadi akan kembali ke tempatnya segera.

foto

2. Pelan-pelan tekan gusi anjing dengan jari sampai gusi yang Anda tekan membentuk spot yang berwarna lebih cerah. Jika Anda lepaskan jari Anda, normalnya akan segera kembali ke warna semula.

Jika Anda curiga anjing Anda mengalami dehidrasi, segera bawa ke drh.

Penyebab Anjing Sering Haus
Ulasan lengkap mengenai Diare pada Anjing
Pertolongan Pertama untuk Anjing Diare

Sumber/diterjemahkan dari:
http://pets.webmd.com/dogs/healthy-dog-tips-13/water-dog-health
http://www.dogfoodadvisor.com/canine-nutrition/water-most-neglected-canine-nutrient/

photos by:
beaufort.marines.mil
blogs.discovermagazine.com

Last Edited : 08 Jan 2014 12:39:02

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.