INFO Komunikasi Lebih Lancar & Pasti Sampai via Email ke AnjingDijual@gmail.com (Prioritas, dibalas lebih cepat!)
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
07 Jan 2014 12:32:54
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Katarak pada Anjing

foto

Apa itu Katarak?
Katarak adalah kondisi kerusakan mata dimana terjadi kekeruhan pada lensa mata yang menyebabkan penglihatan menjadi buram/rabun. Jika katarak masih berukuran kecil, tidak akan terlalu mengganggu penglihatan, namun harus terus dipantau karena jika menjadi semakin tebal, kemungkinan akan menyebabkan kebutaan.

Apa Penyebab Katarak?
Katarak dapat muncul karena penyakit, usia tua dan trauma pada mata, tetapi faktor keturunan merupakan penyebab paling umum. Katarak bisa muncul sejak lahir atau muncul ketika anjing berusia sangat muda antara 1 dan 3 tahun. Diabetes juga merupakan faktor yang sering dikaitkan menjadi penyebab katarak.

Bagaimana cara mengetahui apakah anjing saya mengalami Katarak?
Jika mata anjing Anda terlihat keruh atau berwarna abu-abu kebiruan, Anda harus membawanya ke drh untuk diperiksa. Namun, perlu diketahui kadang anjing saat berusia tua lensa matanya juga bisa menjadi keruh atau abu-abu. Kondisi ini disebut nuclear sclerosis, tidak terlalu bahaya bagi penglihatan anjing dibandingkan katarak, dan pengobatan tidak selalu dianjurkan. Namun, jika Anda menemukan keruh pada mata anjing Anda, maka itu adalah tanda untuk membawanya ke drh.

Apa yang terjadi jika Katarak tidak diobati?
Katarak yang tidak diobati mungkin akan keluar dari jaringan yang menahannya, dan dengan bebas mengapung di sekitar mata yang kemudian bisa berhenti di suatu tempat dan menyumbat saluran cairan pada mata. Kondisi ini bisa menyebabkan glaukoma, dimana bisa menyebabkan kebutaan permanen. Katarak juga bisa menyebabkan peradangan mata yang menyakitkan.

foto

Anjing apa yang rentan terhadap Katarak?
Meskipun anjing dari segala usia dan ras bisa mengalami Katarak, namun paling sering ditemukan pada anjing cocker spaniel, poodle, miniature schnauzer, terrier dan golden retriever. Anjing dengan diabetes juga rentan.

Bagaimana Katarak didiagnosis?
Pemeriksaan mata oleh drh bisa memberitahu Anda apakah anjing Anda mengalami katarak atau kondisi lain yang menyebabkan keruh pada matanya. Jika hasilnya adalah katarak, Anda harus memeriksa lebih lanjut untuk menentukan tingkat keparahan katarak dan langkah apa yang harus diambil untuk mengobatinya.

Bagaimana saya membantu mempertahankan penglihatan anjing saya?
Pada kebanyakan kasus, katarak tidak dapat dicegah, tetapi ada langkah yang dapat dilakukan untuk mempertahankan penglihatan anjing Anda, terutama jika katarak yang disebabkan oleh kondisi medis seperti diabetes.
- Periksakan mata anjing Anda secara teratur.
- Bawa anjing Anda ke drh jika matanya keruh atau berwarna abu kebiruan.
- Bawa anjing Anda ke drh jika Anda curiga anjing Anda memiliki gangguan penglihatan.
- Jika memungkinkan, cari tahu tentang riwayat medis orangtua anjing Anda, karena katarak seringkali karena keturunan.
- Waspada terhadap kondisi yang dapat menyebabkan katarak, seperti diabetes atau trauma mata.

Bagaimana Katarak diobati?
Penglihatan hilang karena katarak seringkali dapat disembuhkan melalui operasi. Saat operasi, lensa akan dibuang dan diganti dengan lensa plastik atau lensa akrilik. Operasi katarak umumnya memiliki tingkat keberhasilan yang baik, namun drh perlu memastikan apakah anjing Anda dapat merupakan kandidat operasi yang baik. Pasca operasi juga membutuhkan perawatan yang ekstensif.

Catatan: Jika anjing Anda memiliki kondisi yang mendasari katarak seperti diabetes, maka dengan mengobati kondisi yang mendasarinya dapat mengurangi kemungkinan berkembangnya katarak.

foto
Elizabethan dog collar

Bagaimana saya merawat anjing saya pasca operasi?
Setelah operasi, anjing Anda harus memakai Elizabethan collar atau Cone of shame collar sampai matanya sembuh. Anda harus membuatnya tetap santai dalam lingkungan yang tenang dan ia juga membutuhkan tetes mata beberapa kali sehari selama beberapa minggu.


Sumber/diterjemahkan dari:
http://pets.webmd.com/dogs/cataracts-dogs

Last Edited : 07 Jan 2014 12:41:23
06 Apr 2014 07:10:41
#2
Avatar Zasky
Zasky
Total Post : 294
He he he .....! sama seperti penanganan katarak pada manusia, cuma bedanya paska operasi pada manusia tidak dikenakan Elizabethan collar, cuma ditutup dengan perban matanya. Kalau manusia dipakaikan Elizabethan collar....wah lucu dong....he he he !
Yang jadi masalah kalau di daerah/kota kecil belum tentu ada RS hewan atau dokter hewan yang bisa operasi katarak.
07 Aug 2014 13:12:36
#3
Avatar anthony.tangkriwangkwan
anthony.tangkriwangkwan
Total Post : 9
shitzhu saya lensa matanya agak putihh ..kena katarak ,,dokter ksh obat tetes ...apa bs sembuh??
foto
Last Edited : 07 Aug 2014 13:14:46
10 Oct 2014 19:12:40
#4
Avatar Ardin.Lauhatta
Ardin.Lauhatta
Total Post : 1
Saya butuh informasi drh di Jakarta yang bisa operasi katarak anjing saya jenis Beagle. Saya sudah coba ke Drh Tjuju sunter, tetapi belum bisa disana. Terima kasih
11 Oct 2014 12:22:10
#5
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
sebenarnya kalo doggy minum air dengan jumlah cukup banyak, katarak bisa dihindari,kecuali genetik atau lingkungan kotor atau penyakit yang berpengaruh pada mata
11 Oct 2014 12:26:13
#6
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
@anthony.tangkriwangkwan aku rasa bisa. ada orang nenek2 yang tetesin matanya yg bermasalah mulai katarak ringan make obat tetes yg lengket kayak syrup benadril di tetes, lama kelamaan hilang. saya lupa nama obatnya. udah 10 tahun lebih sih itu. Kalo rutin di tetes sesuai dengan saran dokter batasnya, biasa aja kataraknya berkurang, kalo mungkin sembuh total. cheers
09 Mar 2017 08:01:29
#7
Avatar agnestikalovebill
agnestikalovebill
Total Post : 2
Dulu indukan chihuahua saya juga ada selaput abu abu dimatanya.tp stlh melahirkan jadi normal kembali..
09 Mar 2017 08:03:04
#8
Avatar agnestikalovebill
agnestikalovebill
Total Post : 2
Dok..kl anakan chihuahua saya luka mata nya akibat berantem...lalu jadi ada selaputnya.apa bs diobati?
14 Mar 2017 21:01:07
#9
Avatar 023621
023621
Total Post : 3
Hii, saya mau nanya urgent bgt. Anjing saya tipe minipom laki-laki, baru saja terjatuh dari meja belajar ke lantai. Setelah terjatuh, dia langsung merengek2 kesakitan, tapi hanya berlangsung sebentar. Hanya 10detik saja kira2. Tapi setelah itu, saya baru sadar skrg ternyata mata dia yg sebelah kanan itu ketutup. Dan mata dia yg kiri sayup2. Apa yg harus kulakukan yaa? Treatment apa yg perlu? Urgentttt saya takut anjngku kenapa2 sad
06 Jul 2017 16:49:50
#10
Avatar ver4nata14
ver4nata14
Total Post : 1
Hi, saya mw nanya kalau mata anjing saya berwarna abu tapi dia berlendir apakah itu katarak?
24 Oct 2017 00:47:28
#11
Avatar meilda23906
meilda23906
Total Post : 3
.
Last Edited : 24 Oct 2017 00:49:41
16 Mar 2018 16:42:56
#12
Avatar rockhell87
rockhell87
Total Post : 1
saya Ganis.baru ini saya menemukan anjing tersesat k kontrakn saya di denpasar,saya lhat ckup bagus jnis anjing ini,sya ingin melihara hewan tersebut,cman pgelihatx agak msalh atau d bilng katarak,saya mau bertnya biaya/ongkos oprasi mata katarak.makasih

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.