Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
03 Jan 2014 09:53:42
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Tips Menghentikan Perilaku Anjing Mengunyah (Chewing) Barang Kesayangan Anda

foto

Apakah perilaku mengunyah (chewing) pada anjing termasuk perilaku desktruktif? Jawabannya: Hanya jika ia mengunyah pada sesuatu yang salah.

Perilaku mengunyah (chewing) adalah hal yang alami bagi anjing. Anak anjing suka mengeksplor segala sesuatu dengan mulutnya dan mengunyah juga dapat menghilangkan rasa sakit yang timbul saat pertumbuhan giginya. Untuk anjing dewasa, biasanya mereka mengunyah untuk mencari sesuatu yang dapat menenangkannya, menghilangkan bosan atau sebagai cara untuk melepaskan energi yang terpendam atau stres. Meskipun perilaku mengunyah ini bisa membuat kesal Anda terutama saat menyangkut barang kesayangan Anda, tapi ketahuilah bahwa anjing melakukannya karena tidak tahu bahwa itu salah dan tugas Andalah untuk mengajarkan kepadanya.

Dan yang terpenting: Ingatlah jika Anda tidak memberikan kegiatan untuk dilakukan, maka anjing Anda akan mencari sendiri kegiatan untuk dilakukannya.

Tips Mengalihkan Perilaku Mengunyah Agar Tidak Menjadi Destruktif
  • Jauhkan atau simpan barang-barang berharga Anda ditempat yang tidak dapat diakses oleh anjing Anda.
  • Awasi anjing Anda. Anda tidak boleh mengijinkannya bebas berada di dalam rumah tanpa pengawasan Anda, kecuali Anda sudah yakin benar bahwa ia sudah bertobat alias tidak akan lagi mengunyah. Membebaskannya tanpa pengawasan Anda, hanya akan membuatnya melakukan hal yang sama lagi karena begitu banyak barang atau benda yang menarik di dalam rumah untuk dijelajahi dan dikunyahnya. Awasi anjing Anda saat berada dalam rumah, dan saat Anda sedang tidak bisa mengawasinya, masukkan anjing ke dalam kandangnya atau di dalam ruangan yang tidak ada benda yang dapat dikunyahnya.
  • Sediakan banyak mainan sebagai gantinya. Jika Anda melihat anjing Anda sedang mencoba mengunyah barang-barang di rumah, alihkan dengan memberikan mainan kunyah (chew toy).

    foto

    Pastikan mainan favorit atau mainan yang membuatnya tertarik. Untuk anak anjing yang sedang dalam masa pertumbuhan gigi, biasanya akan mencoba mengurangi rasa tidak nyamannya dengan mengunyah. Untuk menghindarinya, coba berikan es batu kepadanya karena rasa dinginnya bisa membantu mengurangi rasa nyeri pada gusinya. Atau bisa juga dengan mainan seperti Kong yang diisi dengan makanan dan dibungkus dengan kantong kedap udara yang ditaruh dalam freezer.
  • Semprotkan produk khusus untuk mengoreksi perilaku chewing/mengunyah agar anjing tidak tertarik untuk mengunyah benda-benda yang telah disemprotkan dan mungkin tidak akan mengulang perbuatannya.
  • Berikan latihan yang cukup. Kurangnya latihan menjadi salah satu alasan mengapa anjing berperilaku destruktif seperti mengunyah.

    foto

    Latihan dapat menghasilkan endorfin yang memiliki efek menenangkan bagi anjing. Bahkan, Endorfin ini juga dapat dirangsang ketika anjing mengunyah, sehingga jika anjing Anda tidak mendapatkan latihan yang cukup, ia mungkin secara tidak sadar akan mencari cara untuk menggantikan endorfin yang dibutuhkan dengan melepaskan energi yang terpendam melalui perilaku mengunyah.
  • Pastikan perilaku ini bukan separation anxiety (kecemasan berpisah). Kadang-kadang perilaku mengunyah atau mencabik-cabik adalah gejala dari masalah yang lebih serius seperti separation anxiety. Untuk mengetahui lebih jelas tentang separation anxiety, klik disini: Separation Anxiety
  • Jangan menghukum anjing Anda. Tidak peduli seberapa kesalnya Anda ketika menemukan anjing Anda baru saja merusak benda kesayangan Anda, jangan menghukum anjing Anda. Menghukum anjing Anda hanya akan menambah tingkat stres dan kecemasannya yang akan meningkatkan kebutuhannya untuk mengunyah. Menghukum = menambah masalah.


Sumber:
http://dogtime.com/chewing-and-destructive-behavior-aspca.html
http://dogs.about.com/od/dogbehaviorproblems/a/Stop-Destructive-Chewing-Dogs-Puppies.htm

Last Edited : 03 Jan 2014 10:30:21

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.