INFO Komunikasi Lebih Lancar & Pasti Sampai via Email ke AnjingDijual@gmail.com (Prioritas, dibalas lebih cepat!)
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
29 Dec 2013 08:27:13
#1
Avatar 010600
010600
Total Post : 1

Anjing Pom mulutnya bau

Saya punya anjing pom umur 2 tahun,saya rawat sejak umur 1 thn dan mulutnya bau,sudah saya kasi stik dentis gigi,sikatkan giginya juga tidak ada perubahan..Ada yg bisa bantu?

29 Dec 2013 21:52:10
#2
Avatar Otto2013
Otto2013
Total Post : 43
Halo, saya juga punya anjing pom dan dulu juga dia mulutnya bau terus saya kasih dental stix-nya Pedigree sudah sangat berkurang tu sekarang. Pom Anda tidak ya?
Coba dikasih mainan tulang2an yg bisa bersihin gigi, mungkin bisa membantu.
Ngomong2 Pom Anda dari umur 1 tahun udah bau gtu apa baru2 ini aja ya baunya?
30 Dec 2013 09:36:15
#3
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 443
Yok diperiksa grin

Gigi rusak/ lobang
Gigi berlobang menyebabkan bau. Ada gak ya vet yg bisa tambal gigi dogie?

Plak dan Tartar pada Gigi
Plak dan tartar adalah tempat bakteri berkoloni yg menyebabkan bau. Saya biasa membersihkan tartar dengan koin receh dengan gerakan mencungkil (tidak menggosok). Menggosoknya dengan benda keras bisa mengikis lapisan terluar yg menjadi pelindung gigi. Bisa juga dibersihkan di vet, untuk anjing besar ongkosnya sekitar 500rb sd 1,5juta, tergantung obat bius yg dibutuhkan.

Gangguan ginjal
Kegagalan fungsi ginjal menyebabkan kadar ureum darah meningkat, menyebabkan bau mulut seperti bau pipis. Kadang anjing juga minum berlebihan yg dikompensasi dengan meningkatnya frekuensi pipis.

Diabetes
Tingginya kadar gula darah, menyebabkan bau mulut manis fruity tp seperti manis2 buah busuk gitu. Kadang anjing juga minum berlebihan yg dikompensasi dengan meningkatnya frekuensi pipis.

Gangguan liver
Kegagalan fungsi liver juga menyebabkan bau mulut, biasanya diiringi dengan perubahan warna di putih mata dan gusi menjadi kekuning kuningan. Anjing pasti minum berlebihan yg dikompensasi dengan meningkatnya frekuensi pipis.

Tumor, kanker, radang/infeksi organ juga menyebabkan nafas bau terutama bila terjadi di mulut, sistem pernafasan dan sistem pencernaan.

Kebiasaan makan makanan lain selain makanan utamanya seperti mengais2 sampah, coprophagia (makan poo), mengunyah2 tanah juga menyebabkan bau mulut.

Itu aja sih yg aku tau, mungkin ada teman yg mau nambahin?

Eh, Agan Nikita pernah posting tentang bau mulut

http://anjingdijual.com/thread/7/bau-mulut-anjing-penyebab-pengobatan-dan-pencegahannya
Last Edited : 30 Dec 2013 09:42:29
31 Dec 2013 13:47:38
#4
Avatar Lil.Moe
Lil.Moe
Total Post : 14
Selain cek n recek kondisi doginya spt yang sdh diutarakan diatas boleh ditambah dgn diet rendah dogi dengan obat yang mengandung vitamin ad3 dan e dgn dosis yg tepat.
04 Jan 2014 09:27:57
#5
Avatar thrivena
thrivena
Total Post : 78
kalo yorkie saya juga bau mulutnya...saya priksa ke dokter....ternyata, gigi susunya tidak coplok(tanggal) semua...sehingga giginya dobel2 sama gigi dewasanya....krn itu terjadi banyak karang gigi...bau deh....
kata dokter kesian klo dcopot paksa gigi susunya, gpp dobel2 numpuk (gingsul) begitu, klo mao kurangin karang giginya, dsikatin gigi aja atau dksi tulang2an dental,tp jgn dksi biskuit2/tulang2an/ disikat pake pasta gigi yg mengandung xylitol, bs bahaya buat doggy...
jadi coba deh kamu cek, giginya dobel2 ga....biasa terjadi pd anjing kecil krn dr kecil ga biasa makan atau gigit yg keras2, sehingga gigi susunya ga coplok....
semoga membantu

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.