Gangguan SMS masuk/terima. Komunikasi lbh lancar krm email ke anjingdijual@gmail.com
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
26 Dec 2013 10:35:35
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Tracheal Collapse, Penyebab Suara Bengek pada Anjing

foto

Tracheal collapse merupakan kondisi dimana terjadinya penyempitan lubang saluran pernafasan dan menyebabkan penyumbatan pernapasan pada anjing. Trakea, atau tenggorokan merupakan saluran dimana udara ditransportasikan ke dan dari paru-paru. Trakea memiliki bentuk yang mirip seperti selang vacuum cleaner yang berisi cincin-cincin tulang rawan. Cincin-cincin tsb berbentuk seperti huruf C, dengan bagian terbuka "C" menghadap ke atas.

foto


Bagaimana Tracheal collapse terjadi
Kondisi Tracheal Collapse bisa dari kelainan sejak lahir (bawaan lahir) atau bisa juga kondisi yang muncul disebabkan oleh suatu hal. Bila kondisi ini bawaan lahir, maka bisa jadi disebabkan karena adanya kekurangan komponen tertentu pada cincin tulang rawan, seperti kalsium, kondroitin, glikoprotein, dan glikosaminoglikan.

Untuk kondisi tracheal collapse yang disebabkan karena suatu hal, biasanya seringkali disebabkan oleh penyakit pernapasan kronis, penyakit Cushing dan penyakit jantung. Kondisi ini bisa mengakibatkan penyumbatan saluran nafas yang serius pada anjing.

foto

Gejala-gejala Tracheal collapse
Tracheal collapse paling sering terjadi pada anjing ras kecil seperti Chihuahua, Lhasa Apso, Maltese, Pomeranian, Pug, Shih Tzu, Toy Poodle dan Yorkshire. Salah satu tanda dari tracheal collapse adalah batuk kering yang terdengar seperti suara klakson angsa atau suara bengek. Tanda-tanda lainnya meliputi nafas tersengal-sengal, warna kebiruan pada gusi, lemas atau tidak bersemangat saat latihan (exercise intolerance), dan tersedak saat makan atau minum. Batuk dan tanda-tanda lainnya bisa dipicu oleh obesitas, latihan, cuaca panas dan lembab atau ketika anjing makan, minum, terlalu bersemangat dan stres.

Diagnosis Tracheal collapse
Tracheal collapse bisa didiagnosis dengan beberapa cara:
- X-ray
- Fluoroscopy, memungkinkan dokter hewan untuk dapat melihat kondisi trakea anjing saat bernapas ke dalam dan keluar.
- Endoskopi, memungkinkan untuk melihat kondisi dalam trakea dengan kamera kecil.
- Kadang-kadang echocardiogram direkomendasikan untuk mengevaluasi fungsi jantung.

Penyakit-penyakit saluran pernapasan lain kadang bisa salah dianggap sebagai tracheal collapse, yaitu termasuk ada benda asing di saluran pernapasan, laryngeal paralysis, elongated soft palate, infeksi trakea, paru-paru, atau gagal jantung, serta tumor atau polip. Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mendapat diagnosa yang pasti dan bukan hanya menebak-nebak.

Pilihan pengobatan tracheal collapse
Pengobatan untuk kasus ringan sampai menengah meliputi obat penghilang batuk, antispasmodic, bronchodilator, dan obat penenang untuk membantu mengurangi batuk sesak dan kecemasan yang berkaitan. Sangat penting untuk menyembuhkan batuk karena batuk bisa menyebabkan iritasi saluran udara dan menyebabkan batuk yang lebih parah. Pengobatan dengan obat-obatan bisa bekerja sekitar 70 persen untuk anjing dengan kasus ringan.

Untuk anjing yang tidak merespon setelah diberikan obat-obatan, atau untuk kasus yang sudah parah, maka operasi direkomendasikan. Untuk anjing usia 6 tahun ke atas, keberhasilan operasi lebih kecil.

foto

Yang perlu diperhatikan oleh pemilik yang memiliki anjing dengan tracheal collapse
Jika anjing Anda memiliki kelebihan berat badan/obesitas, sangat penting untuk menurunkan berat badannya. Selain itu, lingkungan anjing juga harus bebas dari polusi lingkungan dan bebas asap. Mengganti collar dengan harness. Tidak direkomendasikan untuk menggunakan apapun di sekitar leher, karena sangat penting untuk mengurangi berbagai tekanan pada tenggorokan.

Berikut 2 contoh kasus tracheal collapse:





Sumber:
http://healthypets.mercola.com/sites/healthypets/archive/2012/05/21/tracheal-collapse-dog-treatment.aspx
http://pets.webmd.com/dogs/tracheal-collapse-dogs

Last Edited : 26 Dec 2013 11:18:43
26 Dec 2013 20:16:16
#2
Avatar 006737
006737
Total Post : 245
tanya ya, di ind drh mana yg telah berhasil melakukan operasi trakea collaps?
28 Dec 2013 18:40:11
#3
Avatar andre.nagh
andre.nagh
Total Post : 1
Anjing toy poodle sy seperti itu,anjingnya dah di kasih antibiotik n obat harsen.. Tpi tetap tdk hilang, tp sy tdk tau apa anjing sy terkena trakea collaps/tidak karna batuknya tidak sesering itu hnya sesekali dimalam hari.. Apa ini menular ke anjing lain krna sblumnya shih tzu sy tdk apa2 tp skrg ikut sperti itu dan frekuensi batuknya tdk sering spt di video.. Sy harus bgaimna ya ? Apa ini trakea collaps? Atau hnya pilek biasa krna cuaca dingin.. Krna batuknya tidak sering.. Cuma tdk kunjung hilang toy poodle sy sudah sebulan bgitu cuma pd malam hari saja batuknya dan dia tdk lemas,atau kurang nafsu makan melainkan dia sangat ceria,lincah gak mau diam dan makannya pun banyak..
29 Dec 2013 22:09:39
#4
Avatar linda.daniati1
linda.daniati1
Total Post : 15
toy poodle ku juga begitu.. disaat hyper.. menarik tali colar, cuaca panas.. bisa batuk2 bentar. nanti hyper lagi.. takut nya disaat tua ntar ada apa2 ngak ya.. tapi sekarang sudah mendinggan sih.. nga terlalu parah. ada makanan yg harus di kasih nga ya untuk setidak nya mengurangi begitu.. atau bisa sembuh nga ya... sekarang doggy ku 2,5thun. dia bawaan dari kecil duu kecil sering banget. sekaran udh gede, udah berkurang... di saat tarik collar aja dia batuk nya.. pemberian calsium masih bisa????? kasihan temen kecil kalo batuk2..
29 Dec 2013 22:19:24
#5
Avatar linda.daniati1
linda.daniati1
Total Post : 15
kondroitin, glikoprotein, dan glikosaminoglikan iu apa??
29 Dec 2013 23:34:11
#6
Avatar sundul.khan.73
sundul.khan.73
Total Post : 1
Biasanya kalo sama dkter cemen, ditidurin, mereka ga mau ambil pusink.
30 Dec 2013 11:30:17
#7
Avatar 006737
006737
Total Post : 245
setau saya trakea collaps tidak menular. pom sy ada yg mengalami trakea collaps. drh yg biasa saya pakai tidak pernah melakukan operasi trakea collaps...sy tinggal di sby. dr hewan sy menganjurkan untuk memberikan streroid apabila sedang parah. kasihan anak saya jadi cepet capai, k abis gonggong lgs batuk batuk dan kecapaian... apa di indonesia ada drh yang telah berhasil melakukan operasi trakea collaps?
Last Edited : 30 Dec 2013 11:33:33
09 Jul 2014 11:21:47
#8
Avatar Selviana.Andreas
Selviana.Andreas
Total Post : 1
mau tanya gan , jdi dkasi obat apa ya kalo pomeranian terkena penyakit tracheal collapse? thanks
Tracheal collapse
28 Jan 2018 06:21:17
#9
Avatar bellalidya99
bellalidya99
Total Post : 1
Anjing saya juga sperti ini beberpa jam saat subuh tib2 bngek trz saat di bawa keluar kamar baikan dan aktif anjing ny semangat tpi pas masuk kamar dan mau tidur lg balik bngek lg..apa kondsi kamar saya yg kurang baik??

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.