Gangguan SMS masuk/terima. Komunikasi lbh lancar krm email ke anjingdijual@gmail.com
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
18 Dec 2013 09:32:29
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Unik! Alasan Anjing Menjilati Bibirnya (dengan Video)

Alasan Anjing Menjilati Bibirnya

Perilaku anjing menjilati bibirnya (lip licking) adalah salah satu bentuk komunikasi anjing. Anjing yang menjilat bibirnya, menggunakan bahasa tubuhnya untuk memberitahu Anda tentang apa yang sedang dirasakannya. Jika Anda melihat anjing Anda menjilat bibirnya padahal tidak ada makanan, maka itu berarti ia sedang mengirimkan pesan kepada Anda.

foto

Lalu apa artinya?

Pelatih dan behavioris anjing, Turid Rugaas menciptakan istilah "sinyal menenangkan" (calming signal) untuk mengartikan perilaku ini. Perilaku menjilat bibir seringkali mengarah sebagai sinyal atau gesture untuk menenangkan atau meredakan. Perilaku ini dimaksudkan untuk mencegah situasi yang membuat stres atau tidak nyaman sehingga tidak meningkat menjadi permusuhan. Anjing melakukan perilaku ini tidak hanya antara sesama anjing, tetapi mereka juga melakukannya terhadap kita manusia. Mungkin Anda masih kurang mengerti sampai Anda melihat contoh video di bawah.

Jadi, bisa dikatakan bahwa anjing menjilat bibirnya saat mereka merasa stres atau tidak nyaman terhadap sesuatu yang terjadi di sekitarnya dan menganggapnya sebagai ancaman. Dan, dengan menjilat bibirnya mereka memberikan tanda atau sinyal meredakan/menenangkan untuk menciptakan suasana damai ke manusia atau hewan lain yang mereka anggap sebagai ancaman.

foto

Contoh ini dapat dilihat saat anjing yang dimarahi oleh pemiliknya yang baru pulang kerumah dan menemukan anjingnya buang air sembarangan di dalam rumah. Anjing tersebut mungkin tidak tahu mengapa ia dimarahi, namun saat dimarahi ia menganggap pemilik sebagai ancaman. Pemilik mungkin meneriaki dan tampak menyeramkan bagi mereka, karena itu anjing memberikan isyarat perdamaian atau sinyal menenangkan dengan cara menjilat bibirnya dan menghindari tatapan. Ini adalah cara anjing untuk mengatakan bahwa ia bukan ancaman kepada manusia atau hewan lain yang sedang berprilaku agresif. Atau penjelasan sederhananya adalah mereka ingin mengatakan "saya sedikit tidak nyaman dengan keberadaan Anda disini, tetapi saya tidak akan membahayakan Anda."

Perlu diperhatikan bahwa gesture atau gerakan menenangkan ini mungkin adalah upaya pertama anjing untuk menghentikan situasi agresi (misalnya untuk menghentikan pemilik meneriakinya), tetapi ini bukan berarti anjing tidak akan menjadi defensif atau membela diri jika situasi agresi terus berlanjut.

Jadi jika Anda melihat anjing menjilat bibirnya, sebaiknya mundur. Ini akan memberikan ruang baginya untuk merasa lebih nyaman dan pada waktu yang sama, ini bisa menyelamatkan Anda dari potensi digigit oleh seekor anjing yang merasa perlu membela dirinya.



Sumber:
dogs.about.com/od/dogtraining/a/lip-licking-in-dogs.htm
http://unleashedunlimited.com/lip-licking-dog/
http://www.pawsitivefeedback.com/

Last Edited : 18 Dec 2013 09:47:59
21 Mar 2014 13:02:40
#2
Avatar Anie.Hombings
Anie.Hombings
Total Post : 91
tapi kenapa anjingku setiap kali mw nyiapin makanannya selalu saja menjilat seperti pengen cepat makan...

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.