INFO Komunikasi Lebih Lancar & Pasti Sampai via Email ke AnjingDijual@gmail.com (Prioritas, dibalas lebih cepat!)
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
14 Dec 2013 13:06:30
#1
Avatar lucya_Deusa
lucya_Deusa
Total Post : 6

melatih labrador kecil yang susah di bilangin , tolong !

hay para member forum andi, aku punya anjing labrador kecil yang aktif banget dan susah di ajarin. nggak mau di kandangin nggak mau di tinggalin dan suka gigit tanganku sampe sakit suka pee/poop sembarang tempat . parahnya kalo dia di kandangin dia suka gonggong mengganggu tetangga sekitar sedangkan rumahku nggak punya pekarangan yang lebar dan nggak berpagar besi sedangkan kalo pagi akunya suka sibuk kuliah dan pulang dengan tugas seambrek. gimana ngatasinnya?? cwy
sedangkan kalo malem nggak mau bobok sendiri musti ikut bobo di kamarku dan kalo tengah malam suka gigit-gigit ngajakin main sampe pagi aku ngga bisa bobo...cwy.
buat temen" yang punya solusi mohon bantuannya ya !

14 Dec 2013 22:22:29
#2
Avatar Otto2013
Otto2013
Total Post : 43
Hmm, ini kira2 'kecil'nya seberapa ya? Waktu beli gtu ada petunjuk khusus dari penjualnya apa nggak?

Kalo secara umum sih anjing kecil itu emang aktif. Jadi kita harus bener2 tegas u/ membentuk kepribadiannya, apalagi kalo kamu beli labradornya itu waktu dia bener2 bayi.
Cara paling ampuh kalo menurut saya sih, kamu siapin deh, gulungan kertas ato koran gtu. Setiap puppy nya nakal, langsung deh 'dipukul' pake gulungan kertas tadi. Ga akan menyakiti puppy tapi ampuh untuk memberikan efek jera.

Kalo untuk urusan menggonggong bila masuk kandang, coba dibiasakan aja. Jangan sedikit2 karena kasihan lalu kamu keluarin. Kalo perlu dikasih mainan juga dikandangnya, biar dia selalu ada kerjaan. Berdasarkan pengalaman, nnti dia akan terbiasa kok dikandang.

Semoga membantu! smile
15 Dec 2013 22:48:34
#3
Avatar Bulgobon
Bulgobon
Total Post : 40
Kalau boleh aku kasih saran, cara komunikasi anjing dengan manusia tentu berbeda. Jujur aku tidak setuju dengan cara Otto2013. Aku juga tidak setuju kalau anjing harus di kandang terus karena tentu akan stress. Kandang dapat dipakai untuk sarana latihan, tetapi bukan untuk terus-terusan anjing berada dalam kandang. Kalau usia masih kecil, aku sarankan kamu beli seperti kandang berbentuk pagar di sekeliling anjing. Bisa kamu beli di Ace Hardware, misalnya. Kamu kasih mainan yang kualitasnya baik, misalnya merek Kong, agar tidak cepat rusak dan anjing tidak lekas bosan.

Jika dibaca dari cerita kamu, menurutku ketika kamu memutuskan memelihara anjing, yang lebih dominan adalah sifat impulsif kamu, misalnya karena ketika kecil anjing tersebut lucu atau imut sekali. Jelas terlihat kalau pengetahuan atau komitmen kamu terhadap anjing kurang karena bila anjing merepotkan lantas kamu jadi tidak sabar dan seterusnya. Ini harus kamu perbaiki kalau tidak kasihan nasib anjingnya, akan telantar dan kalau sudah bosan hanya akan terus berada di kandang tanpa dapat perhatian lagi. Saranku, kamu lebih baik beli buku pelatiahn anjing dan tonton acara-acara berkaitan dengan ini, misalnya Dog Whisperer. Beli juga buku mengenai Labrador Retriever karena setiap trah ada sifat khasnya.

Harus juga kamu ingat bahwa ketika kamu memelihara anjing, komitmen kamu harus konsisten sampai kira-kira belasan tahun sampai anjing tersebut tiada. Juga harus didukung oleh anggota keluarga lain, sehingga kalau kamu repot atau sedang banyak kegiatan, ada anggota keluarga lain yang membantu.

Coba kamu pelajari dulu cara-cara melatih anjing. Banyak sumber yang bisa kamu cari, misalnya di internet.
15 Dec 2013 22:50:45
#4
Avatar Bulgobon
Bulgobon
Total Post : 40
Ketika dia masih kecil, akan terus berlangsung pertumuhan gigi, sehingga akan sering menggigit-gigit barang. Kamu harus beritahu keluarga juga karena pasti akan menggigit-gigit barang lain. Hal ini normal. Karenanya, baik kamu berikan snak atau pun mainan gigitan untuk melampiaskan rasa gatalnya
16 Dec 2013 01:13:27
#5
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
Aku setuju kamu nonton dog whisperer atau leopard son, bagaimana ibu leopard mendiamkan anaknya, dengan mendorong, gak kasar atau bikit sakit, ini dilakukan ibu leopard ke kittennya, untuk canine berlaku juga. Tunjukan siapa pack leader, sebenarnya malah bisa di latih daripada bermain2 terus sampe pagi smile. dari penjelasannya, kesannya si lab kecil yang pack leader smile coba deh nonton ceasar milan di dog whisperer atau baca buku2 yang berhubungan, ajak anjing bersosialisasi juga sejak kecil dengan sesama anjing dan dengan manusia. anjing harus dilatih sejak dia lahir sama mamanya, dan instint dan manusia, jadi seumur itu justru udah mesti dilatih. Am i invisible? can anyone see my post?
Last Edited : 28 Dec 2013 10:35:54
16 Dec 2013 22:22:54
#6
Avatar ottorind.5
ottorind.5
Total Post : 10
anda2 benar @bulgobon & @012410...bait ke 3 dri atas betuul sekali,,, tahun lalu saya pelihara labrador dri mulai umur 10minggu sampai 13bulan,betina,warna hitam pitchblack,noktah putih didada dan kauskaki putih ke4 kakinya.. run over by a speeding car at nighttime, hiikss,,,,bigbone body,sangat aktif & cerdas,dilatih sabar dan dengan carrot&stick kadang2,tunjukkan siapa pack-leader sama dia & affection sebagai reward setiap usai morning train session,,,ikuti dog whisperer caesar milan,,,sabar & firm,,,sepatu sandal & mud-flap mobilku di car port korban gigi tumbuh,,10-11 bulan mulai tenang,smart & patuh,,tapi dengan exercise pagi sore berlari 20-30 menit disamping sepeda with lease,,, klu tidak di leash,liat kucing diterjang kejar,aku 3x terjungkir dri sepeda,,,lots of fun dengan frisbee,suka sekali berenang kepantai & situ/waduk,,, dengan semua kesabaran anda mulai menikmati setelah umurnya11bln-setahun ,,, labradores semper fi /selalu setia !!!
17 Dec 2013 14:08:51
#7
Avatar lucya_Deusa
lucya_Deusa
Total Post : 6
@otto : sudah pernah lucy coba dan sepertinya kurang efektif setiap tau gulungan kertas tersebut dia malah menggonggong haha emang dasarnya mylo (nama anjingku) masih aktif"nya mungkin.. aku juga ragu kalo pake hukuman fisik gitu smile
@bulgobon : iya trimakasih sudah turut memberi solusi lucy juga sering nonton dan memang mungkin perlu sampe beberapa bulan dalam melatih, lucy di sini bukan bosen atau sekedar ingin memelihara saja.. lucy justru kasian kalo sedang sibuk dan dia harus di tinggal karena kewajiban,, lucy hanya ingin bagaimana baiknya untul mylo (nama anjing saya) ketika lucy harus meninggalkannya sementara dan ketika nggak bisa jaga dia karena terbentur kegiatan smile
@012410 : iya , atau mungkin teman" sekalian ada file yang bisa di share saya sangat trimakasih smile
@ottorind.5 : ok, saya akan terus mencoba dan menyayanginya smile
"Terimakasih untuk semua , kalo mungkin ada hal yg bisa di share jangan lupa lucy di beri info juga ya. senang bisa berbagi cerita dengan kalian smile"
19 Dec 2013 18:03:44
#8
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 443
Kadang Labs masih bertingkah puppy sampai umur 2 tahun lho haha.. Sebelum 6 bulan tidak diberi koreksi fisik, hanya bentakan tegas no, boleh diiringi dengan suara keras seperti gulungan koran yg dipukul ke lantai atau goncangan botol aqua yg diisi uang receh. Koreksi keras/fisik boleh diberikan setelah umur 6 bulan, kerasnya koreksi tergantung level temperament anjing (soft ke hard). Koreksi fisik bukan dengan dipukul lho ya, tp dengan sentakan leash (dr sentakan pelan sampai sentakan dengan prong collar) atau dengan electric collar (dr getaran saja sampai ke electric shock). Koreksi hanya efektif pas terjadi accident, kl sudah lewat, koreksi tidak berguna lagi.

Kalau emang harus dikandangi, usahakan dikandang yg cukup luas, 4m2 kalau bisa, pengalaman aku better bentuk memanjang 1,3x3m dr pd persegi 2x2m. Cukup dikeluarkan kandang 2x sehari @1sd2jam, untuk diajak jalan dan dilatih mana yg boleh dan mana yg gak boleh, usahakan selalu diwaktu yg sama. Labs sangat suka dengan keteraturan. Mereka nda akan protes jika emang belum waktunya makan atau keluar kandang (asal selalu dilakukan dengan teratur). Selalu beri makan di kandang untuk memudahkan menggiring kekandang nantinya. Soal minum cukup diberi 4x sehari, setiap makan, siang, dan malam. Percuma dikasi tempat minum dikandangnya, aku jamin pasti ditumpahin atau airnya dibuat mainan, dikais2 sampai habis. Usia 12 sd 14 bulan, mulai taruh tempat minum dikandang, pertama2 pasti dibuat mainan, tp setelah beberapa hari mereka tau, kl itu jatah minum, nda akan ditumpahin lagi. Setelah mereka dewasa, mereka cenderung slow down, sudah mengerti mana yg boleh dan yg tidak, boleh dilepas meskipun hanya ada area kecil untuk mereka hidup. Tp kl masih bersifat kanak2, dilepas bebas dalam rumah, dan Labs bosen, mereka akan memporak porandakan rumah, mengunyah bahkan menelan apa saja yg bisa dimakan, busa sofa, kanebo, ember plastik, jepitan baju. Kadang karena kecerdasannya, Labs tidak melakukan apa yg tidak boleh ketika kita dirumah, tp ketika kita tidak ada dirumah Labs cenderung melakukannya lagi, apalagi kalau ada barang baru yg ditemui, tp kalalu sudah dewasa ya tidak begitu lagi. Repotnya Labs kadang baru dewasa setelah mencapai umur 2tahun.

Soal teriak2 dikandang, biarin aja, jangan ditolong. Kl perlu simpan kandangnya ditempat dimana suara lolongan dan gonggongannya nda terlalu mengganggu, digarasi misalnya. Tp selalu keluarkan dijam yg sama setiap hari. Sekitar 3 sd 4 hari, nanti Labs tau, percuma mau teriak2 juga. Teriaknya dijam keluar dan dijam makan aja paling.

Itu semua yg aku lakukan sama Labs aku. Meski aku ada halaman belakang yg luas (350m2). Sampai usia hampir 2 tahun, baru aku lepas bebas berkeliaran di halaman belakang. Itu aja masih korban beberapa sofa dan beberapa pakaian yg lagi dijemur. Tp setelah beberapa koreksi, tidak lagi. Kl tidur atau hujan atau jam-makan mereka selalu kembali di kandang masing2, kayanya sudah menjadi tempat mereka yg paling nyaman.

O ya.. Lab yg sendirian lebih cepat dewasa dan mudah dilatih, dari pada 2 atau lebih puppies Labs yg tumbuh bersama2. Kalau ingin tambah, usahakan jadikan seekor Lab bersifat dewasa, baru menambah puppy baru. Tp kl emang pengen raising two Labs at the same time, perlu pengetahuan yg lebih. Salah satunya bisa dibaca di

http://the-sunshinegirl.blogspot.com/2006/10/raising-dogs-2-1-time-few-things-we.html
Last Edited : 19 Dec 2013 18:48:39
27 Dec 2013 15:45:23
#9
Avatar lucya_Deusa
lucya_Deusa
Total Post : 6
@LabsLover : makasih ya, infonya membantu banget. boleh add FBku nggak di lusideusa@gmail.com, dari saran yang sudah di berikan labsnya sekarang udah bisa sedikit-sedikit di kasi pengertian. dan gonggongnya uda nggak sehisteris dulu lagi,boleh minta saran lagi? labsnya lucy suka main di halaman dan suka garukin tanah parahnya lagi di jilatin di kira coklat mungkin hehe tapi kok poopnya jadi ada cacingnya cwy gimana ya? bisa pake obat cacing ga? dan bahaya nggak? di tunggu ya jawabannya sebelumnya makasih smile
29 Dec 2013 08:28:10
#10
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 443
Segera diberi obat cacing ya Lucy. Puppy diberi obat cacing pyrantel pamoate (merk Combatr*n) usia 2, 4, 6, 8 minggu (terakhir 2 minggu setelah menyusu). Setelah itu kl nda mau ke lab periksa feces ya minimum 3 bulan sekali kudu dikasi obat cacing spektrum luas, yg paling umum ya merek Dront*l, aku lebih suka merk Ploz*n.

Dosis pyrantel pamoate kira2 11mg/kg, Dosis Dront*l/Ploz*n 1tablet/10kg.

Soal garuk tanah harus dikoreksi sejak kecil, biar ga jd kebiasaan. Kl telat koreksi seperti yg aku alami, salah satu Labs ku sudah nda bisa dibenerin, kl lapar dia makan rumput dan akar2nya sampai kenyang. Tidak berani kalau diberi collar atau ada orang liat. Tp kalau sendiri ya begitu lagi.

Kl mau agak jorok ditempat biasa dia garuk2 tanah dikasi poo nya haha.. tapi dia tetep makan tu tanah, langsung dihentikan, jgn dicoba lagi.
05 Jan 2014 09:15:40
#11
Avatar lucya_Deusa
lucya_Deusa
Total Post : 6
iya masalah cacingnya udah berkurang di kasi obat yg di sarankan tadi grin
udah di coba poonya beneran di makan loh cwy
ini si mylo hiperaktif banget, sekarang masalahnya ganti lagi dia suka gigitin barang itu sih wajar asal ga tambah jadi nah ini si mylo uda di ajakin lucy main sampe capek begitu pulang biasanya suka gigit adiknya lucy sampe berdarah. dia kenapa ya? stres kah? kelebihan energi kah? padahal uda ga pernah di tinggalin lg kmna" selain kuliah pagi 3 jam doang dia masih aja lolong dengan volum maximal grin
gimana ya? maaf y bawel minta saran trus cwy
08 Jan 2014 16:48:01
#12
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 443
Sebelum 6 bulan jgn diberi koreksi fisik, kl gigit tangan bentak aja "no" yg tegas diikuti suara keras seperto koran gulung yg dipukul ketanah tau yg lain, kemudian tinggalin. Soal melolong jm 3 pagi ya terpaksa biarin aja. Jgn dijenguk, jgn sekali2 ditolong dengan dikeluarin.

Leerb*rg Kennel, sebuah kennel terkenal di Jerman (kennel herder dan malinois) yg banyak menelorkan sport/ working dogs kualitas dunia, dan beberapa juara dunia, memberikan suatu pengertian "rule of 30". Seekor anjing yg cerdas baru benar2 mengerti perintah yg diberikan minimum 30x setelah menerima perintah itu. Itupun kl anjingnya masuk golongan sangat cerdas. So.. semua nda bisa instant. Kl udah 6 bulan nanti bisa dibelikan e-collar yg punya fungsi getar dan electric shock, sangat membantu dalam memberi koreksi jarak jauh, bahkan bisa dipakai untuk positive training.. Jd bersabarlah dgn anjing high drive macam Labrador.
Last Edited : 08 Jan 2014 16:49:35
16 Jan 2014 15:31:12
#13
Avatar Supri.Yono
Supri.Yono
Total Post : 21
Info pelatihan dogy,081382850492/29fea1e3
16 Jan 2014 19:44:58
#14
Avatar Minzy
Minzy
Total Post : 1
Hai Lucy... Puppy Lab ku juga sama aktifnya dengan Mylo... Her name is Minzy ( DOB 21 sept 2013 )... Minzy sangat suka menggigit tangan dan kaki jika sedang bermain, dilatih ataupun sedang duduk2 santai.... Gigitannya bukan seperti bercanda tapi bisa membuat tangan kita terluka walaupun jarang sampe berdarah... Saat duduk bersama dan dielus2pun slalu tangan kita jd sasaran gigitannya. Saat bermain bola pun jika sudah cape, bolanya ditinggalkan dan tidak digubris melainkan tangan kita yang jadi sasarannya. Minzy slalu dikeluarkan dari kandang utk bermain dan dilatih sehari 2x kecuali cuaca hujan seperti saat ini, paling hanya 1x. Untuk kepatuhan makan dan minum sudah oke. Untuk kepatuhan sit dan stay juga sudah cukup baik. Tapi untuk kepatuhan kata NO setiap Minzy menggigit selalu tidak pernah berhasil.... sad Aku juga sudah menerapkan hal2 yg diajarkan dari berbagai sumber utk mengatasi gigitannya yg smakin lama smakin menakutkan.
Apa yang harus aku lakukan yah ??? Please help....
20 Aug 2014 18:22:54
#15
Avatar Oir.Mboh
Oir.Mboh
Total Post : 1
gan mau tanya, gimana cara melatih labrador umur 1 tahun'an supaya menurut Lebih Cepat?
07 Jul 2015 11:47:42
#16
Avatar anjing-dijual431
anjing-dijual431
Total Post : 3
Saya punya puppy jalan 3 bulan, hobinya makan muluk, kalau telat jam makannya langsung nangis, ngais2 tempat makannya dibawa kemana2. Nah terus perutnya gede bgt skrng, gendut. Aku baca2 artikel katanya labrador gak boleh gendut karena kasian kaki belakangnya apakah benar?
Lalu dia sukanya gigit2. Apapun digigit dan yang paling suka itu gigit jempol kakiku. Huh sad Gimana ya cara atasinya?
lalu ada lagi si puppy ini gak suka dikasi kalung atau kolar dan sejenisnya lah. Jadi kadang was2 kalau ajak dia jalan. Takut lari kemana2 ga kearah.. Gimana ya cara akalinnya? sudah aku pake pancingan segala cara tapi ttp aja malah ky anjing stress gitu garuk2 leher sama nangis.. kan kasian malahan akhirnya aku lepas aja kalungnya..

share ya teman smile
13 Nov 2015 16:48:20
#17
Avatar evalukita0912
evalukita0912
Total Post : 1
Hello, aku juga baru adopt labs puppy, namanya Nachos umurnya 4 bulan.. Karena dari pertama kali adopt udah langsung nyaman sama aku, dia selalu ngikutin aku kemanapun, atau lagi ngapain dia selalu kepo. Kalau ditinggal suka nangis gitu.. sad Dan dia pinter banget 2 minggu ini dia udah ngerti kata NO dan SIT. Tapi kalau kita meleng sedikit dia suka gigit2 kayaknya semua labs puppy gini yahh aku beliin dia tulang-tulangan dan bola untuk dia main lumayan ngurangi prilaku gigit2 sofa.. Nah, yang aku mau tanya gimana caranya poo dan pee training, karena Nachos selalu pee dan poo di mana-mana sad aku browsing cari tahu katanya tunggu 30menit - 1 jam setelah makan, tapi dia ga pup, dia pup dan pee kalau kita ga ada.. tiba-tiba udah ada poo dan pee dimana-mana hiksss
mohon bantuannya yahhh
26 Nov 2015 20:18:53
#18
Avatar dimas.coy321
dimas.coy321
Total Post : 1
Bang kalo anjing saya baru sekitar 1 thn..dia kalo dikasi makan sering saya diloncatin...kdang" dia ngonggong..trus kalo ada barang seperti kain atau sandal pasti dia ngigit..Jadi Tolong Gan Yy Gimana Solusinya Biar Anjing Saya Gak Kayak Gitu Lagi..
19 Mar 2016 19:24:16
#19
Avatar anjing-dijual420
anjing-dijual420
Total Post : 1
Ak mau tanya gimana cara ngelatih anjing labrador yg umur 4 bln. Ak udh nyoba ngelatih dia tpi gak bisa terus. Klo dia nakal ak udh marahin dia klo ak mau mukul dia,dianya malah pingin nggigit ak,gimana cara ngelatihnya anjing ku ini. Minta solusinya..
04 Oct 2016 14:07:57
#20
Avatar marbellaanis
marbellaanis
Total Post : 1
Hi , aku juga sekarang memelihara anjing jenis labrador .Lahir pada 05 Febuary 2016 . sekarang dia sangat pintar & terlebih aktif sad tak berhenti2 membawa aku bermain dan asyik memanjat tubuh ku . arahan yang didengari cuma bila ku berkata NO & SEAT DOWN . hahaha , tapi masih ngak bisa dibawa keluar dari rumah sebab nya dia seperti culture shock , kalau blh satu kawasan perumahan itu dia berlari. dia cuma keluar dari rumah apabila pergi ke klinik sahaja . maaf ya bahasa ku bcampur . but i love to write in Indonesia .

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.