INFO Komunikasi Lebih Lancar & Pasti Sampai via Email ke AnjingDijual@gmail.com (Prioritas, dibalas lebih cepat!)
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
13 Dec 2013 10:07:13
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Breed Of This Week : Boxer

foto

Anjing Boxer adalah kombinasi perpaduan antara elegan, trendy dengan kekuatan dan ketangkasan. Anjing berukuran medium ini memiliki tubuh yang berotot, berbulu pendek dan mengkilap, moncong persegi, dengan langkah yang lincah dan ekspresi yang siaga. Anjing boxer sangat cocok sebagai anjing working dan anjing penjaga.

Boxer adalah anjing yang menyenangkan, riang, penuh rasa ingin tahu, perhatian, demonstratif, setia, outgoing dan sangat cocok menjadi teman peliharaan untuk keluarga yang aktif. Anjing ini bisa keras kepala, tetapi juga sensitif dan responsif terhadap perintah yang diberikan kepadanya. Bisa agresif terhadap anjing lain yang tidak dikenal, tetapi pada umumnya baik dengan anjing dan hewan peliharaan lain di rumah.

foto


Negara asal : Jerman
Jenis Family : livestock dog, mastiff (bulldog)
Tahun Asal : 1800-an
Awalnya berguna sebagai : pengumpan banteng (bull baiting), anjing penjaga
Saat ini berguna sebagai : anjing penjaga
Ukuran rata-rata Jantan : Tinggi 57-63.5 cm. Berat 29.5- 36 kg
Betina : Tinggi 53.3-59.7 cm. Berat 22.7-29.5 kg.
Nama lain: -

foto


Tingkat energi : tinggi
Kebutuhan akan latihan/Exercise : medium
Tingkat keaktifan : sangat aktif
Keramahan terhadap anjing lain : ramah
Keramahan terhadap hewan peliharaan lain : ramah
Keramahan terhadap orang asing : ramah
Kemudahan untuk dilatih : cukup mudah dilatih
Kemampuan Watchdog : medium
Kemampuan Melindungi / Protection : cukup protektif
Kebutuhan Grooming : rendah
Toleransi terhadap dingin : rendah
Toleransi terhadap panas : rendah

foto

Perawatan dan Kesehatan
Boxer memerlukan latihan fisik dan mental setiap hari untuk mengeluarkan energinya. Anjing ini suka berlari, tapi kebutuhan latihan/olahraganya juga dapat dipenuhi dengan joging atau jalan panjang dengan leash. Boxer kurang baik dalam cuaca panas dan umumnya tidak cocok hidup di outdoor. Yang paling baik adalah jika ia bisa berbagi waktu antara di dalam rumah dengan di halaman rumah (dgn kata lain tidak selalu berada di dalam rumah dan tidak selalu berada di luar rumah). Beberapa ada yang bisa mendengkur. Bulunya perlu sesekali disikat untuk menghilangkan bulu mati.

Major concerns untuk masalah kesehatan : cardiomyopathy (gangguan lemahnya dan melebarnya otot jantung), SAS (Subvalvular Aortic Stenosis), CHD (canine hip dysplasia)
Minor concerns untuk masalah kesehatan : gastric torsion, tumors, intervertebral disc degeneration, corneal erosion, colitis
Masalah kesehatan yang jarang terlihat : -
test kesehatan yang disarankan : jantung, pinggul
Lama usia : 8-10 tahun
Catatan: sensitif terhadap panas dan anestesi, boxer putih ada kemungkinan tuli.

Sejarah Asal Mula
Boxer berasal dari dua jenis ras anjing Eropa tengah yang sudah punah, yaitu anjing lebih besar Danziger bullenbaiser dan anjing lebih kecil Brabenter bullenbaiser. Bullenbaiser memiliki arti "penggigit banteng" dan anjing-anjing ini digunakan dalam permainan untuk meraih binatang-binatang besar (babi hutan, rusa dan beruang kecil) dan mencengkeram mangsa dengan rahangnya sampai pemburu tiba untuk membunuh mangsa tsb. Diperlukan anjing yang kuat dan lincah dengan rahang besar yang kuat untuk mampu melakukan tugas ini. Atribut yang sama juga diperlukan untuk anjing yang digunakan permainan bull baiting (mengumpan banteng), yang merupakan olahraga populer di banyak negara Eropa.

foto


Di Inggris, english bulldog merupakan ras yang paling disukai untuk olahraga serupa, sedangkan di Jerman jenis anjing besar mastiff yang digunakan. Sekitar tahun 1830an, para pemburu di Jerman mulai melakukan upaya bersama dalam menciptakan jenis ras baru, dengan menyilangkan bullenbaisers dengan jenis mastiff untuk ukuran, jenis terrier untuk kegigihan dan terakhir, bulldog. Hasilnya adalah anjing tangguh dan lincah dengan tubuh ramping dan cengkraman yang kuat. Saat bull-baiting dilarang, anjing-anjing tsb kebanyakan digunakan sebagai anjing tukang daging di Jerman, yang bertugas mengendalikan sapi di tempat penyembelihan hewan. Tahun 1895, jenis ras baru, boxer, telah dibuat. Meskipun tidak jelas pasti darimana asal nama Boxer (petinju) itu digunakan, tetapi mungkin nama tsb berasal dari sebutan "German boxl", panggilan yang biasa digunakan untuk anjing-anjing ini saat di tempat penyembelihan hewan. Boxer adalah salah satu ras pertama yang dipekerjakan sebagai anjing polisi dan militer di Jerman. Tahun 1900, jenis ras ini telah ditetapkan sebagai anjing utility, hewan peliharaan dan bahkan sebagai anjing show. Tidak lama setelah itu, boxer diakui AKC, namun ras ini baru mulai naik popularitasnya pada tahun 1940, dan akhirnya memuncak sebagai ras anjing paling populer ke-4 di Amerika.



Sumber:
animal.discovery.com

Last Edited : 13 Dec 2013 10:11:18

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.