Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
12 Dec 2013 09:33:43
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Apakah Anjing Dewasa dapat Mengenali Orangtua Mereka?

foto

Anak manusia bisa selalu mengenali orangtua mereka bahkan setelah berpisah bertahun-tahun. Peneliti melakukan penelitian lebih dalam tentang kemampuan anjing dalam mengenali, mereka ingin tahu apakah anjing dewasa bisa mengenali orangtua mereka, bahkan setelah bertahun-tahun kemudian. Dan hasilnya, penelitian menunjukkan bahwa anjing bisa mengenali orangtua dan saudara kandung mereka, tetapi belum diketahui pasti apakah cara pengenalan tsb berdasarkan pada bau atau faktor-faktor lainnya.

Puppies dan periode kritis pertumbuhannya
Walaupun anjing dewasa bisa mengenali keluarga dekatnya, namun kemampuan itu bergantung pada pengalaman masa kecil anjing tsb. Usia 2-16 minggu pertama dikenal sebagai periode kritis perkembangan anak anjing, dimana berbagai hal atau pengalaman yang dialami anak anjing selama periode ini yang akan membentuk pribadinya dan menentukan akan menjadi anjing dewasa seperti apa dia nantinya. Jika anak anjing tumbuh besar dan bisa mengenali orangtuanya di masa depan, maka itu berarti selama periode kritis pertumbuhannya, ia telah membentuk ikatan yang kuat dengan orangtuanya. Dan kemungkinan anjing dewasa lebih mengenali ibu mereka ketimbang ayahnya karena selama periode kritis, mereka lebih banyak bersama ibunya dan ayah sering tidak ada pada periode tsb.

foto

Informasi dari Bau
Indera penciuman adalah alat penting bagi anjing untuk mengumpulkan informasi tentang anjing lain. Dr. David Dilmore menjelaskan bahwa anjing mencium satu sama lain karena kelenjar bau mereka memberikan banyak informasi dan bisa membantu mereka mengenali anjing yang familiar dengannya. Dr. Lore Haug, seorang behavioris hewan, menduga bahwa indera penciuman yang kuat pada anjing membantu anjing tsb mengenali anjing lain yang memiliki hubungan dengan mereka bahkan setelah bertahun-tahun berpisah.

foto

Pengenalan Wajah
Anjing juga mungkin dapat mengenali orangtuanya hanya dengan melihat wajah mereka. Penelitian baru-baru ini menemukan bahwa anjing dapat membedakan wajah pemilik mereka dengan wajah orang tidak dikenal dan dapat menemukan anjing lain diantara hewan-hewan lain. Pada sebuah penelitian tahun 2009, peneliti menunjukkan kepada beberapa anjing dengan foto-foto yang berisi wajah anjing yang familiar dan tidak familiar. Mereka menemukan bahwa anjing-anjing tsb menatap lebih lama pada foto-foto anjing yang mereka kenal, dan hal ini menunjukkan bahwa anjing bisa menggunakan petunjuk wajah untuk membedakan antara anjing yang familiar dan yang tidak dikenal. Penelitian ini mungkin juga memberikan penjelasan lain tentang bagaimana anjing dewasa dapat mengenali orangtua mereka.

Masalah Usia
Meskipun anjing dewasa mungkin mampu mengenali orangtua mereka, namun belum tentu sebaliknya. Dalam penelitian tentang bagaimana anjing mengenali wajah manusia, ada perbedaan jelas yang terlihat antara anjing usia muda dan anjing usia tua. Anjing berusia 7 tahun keatas memiliki rentang perhatian yang lebih singkat sehingga mereka lebih kesulitan untuk fokus pada wajah. Jika temuan ini juga berlaku untuk kemampuan anjing tua dalam mengenali wajah anjing lain, maka orangtua yang berusia tua mungkin tidak mampu membedakan anak dewasa mereka dengan anjing lainnya.

Sumber:
http://dogcare.dailypuppy.com/dogs-recognize-parents-5187.html

Last Edited : 12 Dec 2013 10:20:51

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.