Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
10 Dec 2013 10:00:31
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Cara Menyimpan dan Menjaga Dogfood agar Tetap Fresh dan Tidak Rusak

foto

Sama seperti makanan manusia, dog food kering juga rawan terhadap jamur saat terkena panas dan lembab. Meskipun memiliki tanggal expired yang lama, tidak menjamin bahwa dog food itu tidak akan rusak. Menaruh dog food di wadah kedap udara (kontainer/tupperware) bisa membantu mengurangi kemungkinan jamur. Meski kedap udara, sayangnya ketika Anda membuka untuk mengambil makanan ada kemungkinan udara dan kelembaban bisa masuk dan akhirnya menyebabkan jamur. Karena itu penting sekali bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara yang benar menyimpan dog food anjing Anda agar tetap fresh dan tidak rusak.

Langkah 1
Cuci bersih kontainer kedap udara yang akan digunakan untuk menyimpan dog food, saat pertama kali dan setiap kali Anda mengisi dog food baru. Anda sendiri pasti tidak mau menaruh makanan Anda di tempat kotor, dan perlakukan hal yang sama untuk anjing Anda. Dogfood biasanya berada di kontainer setidaknya selama beberapa minggu, karenanya penting untuk mencucinya kembali saat akan diisi dengan dogfood baru. Bersihkan semua sisa dogfood yang ada dan cuci bagian dalam dan luar dengan air panas dan sabun cuci piring. Pastikan benar-benar kering sebelum mengisinya kembali dengan dogfood.

foto

Langkah 2
Akan lebih baik jika dogfood dimasukkan ke dalam kontainer kedap udara beserta dengan kantong aslinya dan hanya dibuka bagian atas kantongnya (dogfood tidak dikeluarkan atau tetap ada di kantong aslinya). Kantong asli dogfood dirancang untuk menjaga dari udara dan kelembaban, karena itu dengan memasukkan beserta kantongnya maka akan semakin memperkecil kemungkinan udara dan kelembaban masuk. Dan juga, Anda mungkin memerlukan kantong asli untuk mengingatkan tanggal expirednya.

foto

Langkah 3
Cuci sendok (scoop) atau cup yang digunakan untuk mengambil dogfood dari kontainer sesering mungkin. Cuci dengan air panas dan sabun cuci piring. Sendok/cup menyentuh atau terkena hal-hal yang tidak tersentuh oleh kontainer seperti mangkuk air atau bahkan mulut anjing ketika ia sedang bersemangat dan tidak sabar menunggu makanannya. Hal ini bisa menyebabkan bakteri dan kelembaban masuk ke dalam makanan saat sendok/cup tsb di taruh kembali dalam kontainer. Karena itu, sering mencuci sendok/cup dan biarkan kering sepenuhnya sebelum memasukkan kembali dalam kontainer.

Langkah 4
Simpan kontainer dogfood di tempat yang jauh dari panas, cahaya matahari dan lembab. Untuk Anda yang memberi makan anjing Anda di dapur, jangan menyimpan makanan anjing yang dekat dengan oven, kulkas atau tempat cuci piring. Karena hal ini bisa menghasilkan panas atau kelembaban, yang bisa meningkatkan kelembaban dan suhu di dalam kontainer dogfood. Simpan di tempat dimana jamur tidak bisa hidup, yaitu tempat yang kering dan sejuk.

foto
contoh dogfood berjamur

Langkah 5
Buang dogfood yang masih tersisa setelah 45 hari (sejak kantong dogfood dibuka) jika anjing Anda belum memakannya. Semakin lama makanan berada dalam kontainer, semakin besar kemungkinannya untuk membusuk dan menjadi berjamur. Buang sisa dogfood lama dan cuci bersih kontainer, kemudian isi dengan dogfood baru setelah kontainernya benar-benar kering.

Tips
Jika Anda membeli dogfood dalam jumlah besar tetapi tidak muat dimasukkan dalam kontainer Anda, maka tuangkan kelebihannya dalam plastik kedap udara dan dibekukan dalam freezer. Jika ingin memberikannya untuk anjing Anda, keluarkan dan biarkan dogfood beku ini mencair semalaman sebelum memberinya kepada anjing Anda.

Peringatan
Jangan menuangkan dogfood baru diatas dogfood lama di dalam kontainer. Dogfood yang berada dibawah akan semakin lama dan bisa menjadi berjamur. Selalu kosongkan dulu kontainer sebelum mengisi kembali dengan dogfood baru.


Sumber:
http://pets.thenest.com/keep-mold-out-airtight-dog-food-container-7360.html
http://www.dogs4dogs.com/blog4dogs/2009/07/29/dry-dog-food-safely-handling-and-storing-kibble/

Last Edited : 10 Dec 2013 10:33:57
10 Dec 2013 20:27:57
#2
Avatar Zasky
Zasky
Total Post : 294
Dog food supaya tidak rusak selain disimpan di dalam kontainer, untuk mengatasi kelembaban bisa ditambahkan Silica Gel kedalamnya.
10 Dec 2013 22:52:06
#3
Avatar Otto2013
Otto2013
Total Post : 43
Oh, silica gel itu dijual dipasaran ya? Selama ini saya taunya cuma ada didalam makanan yg kita eli gitu :o
10 Dec 2013 23:25:54
#4
Avatar Zasky
Zasky
Total Post : 294
Coba tanya di apotik atau toko penjual bahan kimia.
13 Dec 2013 10:06:36
#5
Avatar ChOcCoLaTTe
ChOcCoLaTTe
Total Post : 21
anjing saya pincher dan chihuahua, tapi kl saya beli makanan langsung 18kg,karena saya tidak punya plastik kedap udara atau tong kdap udara lalu saya pack sndiri dbagi2 kdalam kantong yg lebih kcil, lalu saya masukan silica gel, saya biasa beli silica gel d toko bahan kue atau bahan maknan, murah dan praktiss kl ngga salah saya beli harga silica gel itu cuma 10rb iisii 50... grin
21 Feb 2014 14:51:06
#6
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
sangat2 bermanfaat smile. Ini mslh penyimpanan df, tp mau nanya, kalo anjing udah biasa df biasa caranya gimana yah di kasih df kering, lama2 sih pasti ketemu ada artikelnya di andi, maklum pemula smile

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.