Gangguan SMS masuk/terima. Komunikasi lbh lancar krm email ke anjingdijual@gmail.com
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
05 Dec 2013 14:07:37
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Penyebab Anjing Sering Haus

foto

Banyak hal yang bisa mempengaruhi seberapa banyak anjing Anda minum, mulai dari cuaca, tingkat aktifitas, sampai makanannya. Namun, jika Anda melihat perubahan minum anjing Anda yang terus menerus minum atau sering sekali haus tidak seperti biasanya, maka sebaiknya Anda membawanya ke dokter hewan untuk mencari tahu penyebabnya.

Ada beberapa alasan yang bisa menjadi penyebab mengapa anjing Anda selalu kehausan tidak seperti biasanya, yaitu:

Dehidrasi
Cuaca panas, bermain, olahraga, infeksi -> ini semua bisa menyebabkan dehidrasi pada anjing dan memicu mereka untuk terus mencari minum. Selain rasa haus yang terus meningkat, tanda-tanda anjing mengalami dehidrasi adalah lemas, gusi dan lidah kering dan banyak mengeluarkan liur.

Jika tidak diatasi segera dehidrasi bisa mengancam hidup anjing dengan cepat, jadi jika Anda mencurigai anjing Anda mengalami dehidrasi berat, segera cari bantuan dokter hewan. Jika anjing Anda tampak dehidrasi ringan dan tidak muntah, berikan sedikit air kepada anjing Anda, yaitu 1 sdt untuk anjing kecil, 1-2 sdm untuk anjing lebih besar, setiap 10 menit selama beberapa jam.

Jangan biarkan anjing Anda memiliki akses bebas untuk bisa minum air banyak saat ia sedang dehidrasi, karena minum air terlalu banyak dan terlalu cepat bisa menyebabkan muntah.

Penyakit
Banyak kondisi yang dapat menyebabkan rasa haus berlebihan atau dehidrasi pada anjing Anda, termasuk penyakit hati, diabetes, penyakit Cushing, kanker, diare, demam, infeksi dan penyakit ginjal.

Kadang bisa juga malah bukan kondisi penyakit itu sendiri yang menyebabkan rasa haus berlebihan pada anjing, namun obat-obatan yang digunakan untuk mengobatinya. Bicarakan dengan dokter hewan tentang obat anjing Anda dan efek sampingnya, jika memang obat yang mendasari rasa haus anjing anda, dokter hewan mungkin akan menurunkan dosisnya.

foto

Obat-obatan
Sama seperti manusia, beberapa obat bisa menyebabkan haus berlebihan pada anjing Anda, yaitu:
- Obat anti-inflamasi seperti prednisone, yang digunakan untuk mengobati berbagai kondisi pada anjing seperti asma, alergi, dan penyakit inflamasi usus.
- Obat gagal jantung, seperti furosemide, menyebabkan meningkatnya produksi urin dan meningkatnya rasa haus.
- Obat kejang seperti fenobarbital memiliki efek samping yang meliputi rasa haus dan buang air berlebihan, serta nafsu makan berlebihan.

Makanan
Dogfood kering yang hanya mengandung sedikit air 5-10 persen, juga bisa menyebabkan rasa haus pada anjing Anda. Makanan yang kadar sodium tinggi juga dapat menyebabkan anjing Anda minum lebih banyak.

Sejumlah besar garam bisa meracuni anjing Anda, karena itu hindari memberikan anjing Anda berbagai makanan manusia yang sangat asin. Tanda-tanda anjing Anda telah memakan terlalu banyak sodium adalah gemetar, diare, depresi dan muntah.

foto

Perhatikan konsumsi air minum anjing Anda
Dengan memperhatikan rutinitas minum anjing Anda, akan lebih memudahkan Anda jika ada perubahan perilaku minum anjing Anda.
- Isi mangkuk air minum anjing Anda pada kisaran waktu yang sama setiap hari.
- Isi air ke dalam mangkuk dengan level atau jumlah yang sama setiap kali mengisi.
- Perhatikan berapa banyak yang Anda masukkan dan berapa banyak yang tersisa.

Air sangat penting bagi kesehatan anjing. Jika Anda khawatir anjing Anda minum terlalu banyak (minum tanpa pernah cukup atau cepat haus), jangan menunggu, segera periksakan ke dokter hewan.


Sumber:
http://pets.webmd.com/dogs/my-dog-always-thirsty

Last Edited : 05 Dec 2013 14:09:44
12 Dec 2013 19:48:02
#2
Avatar IntanAnanda
IntanAnanda
Total Post : 1
Blehkah anjing minum air langsung dari keran tampa perlu dimasak terlebih dahulu ?
14 Dec 2013 13:28:17
#3
Avatar 012660
012660
Total Post : 5
Kalo anjing ku, malah gak mau minum sama sekali, tapi kencingny terus menerus. Anehh.
31 Dec 2013 10:04:46
#4
Avatar Pravita.Sari
Pravita.Sari
Total Post : 1
anjingku ada seidikit benjolan di bagian tenggorakannya dan nampaknya dia lebih cepat haus dari biasanya? kenapa ya? ada yang tau gak?
20 Feb 2014 13:18:46
#5
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
@IntanAnanda pake aer pam atau keran gak sehat, kecuali di luar negri. dimasak aja belum tentu semua kuman mati, dan pam udah nambihin lebih dr kaporit 10 tahun lalu. aku bukan ahli aer lho, tanya pam aja angel
19 May 2014 18:39:38
#6
Avatar toto
toto
Total Post : 38
Dari keran kalo air berasal dari sumur sih menurutku oke aja ya, krna bagus juga buat antibody dia, jd gak gmpg sakit, tapi perhatikan dulu daerah sktr anda, yang tau pasti air didaerah tersebut masih aman atau gak.. Hehe, soalnya aku di lereng merapi, di daerah pegunungan, jadi air masih oke..
25 Jun 2014 12:15:56
#7
Avatar Tika.Zalianti
Tika.Zalianti
Total Post : 1
anjing ku sering minum air..dan sering juga minum air kencingnya sendiri...aneh....
25 Aug 2014 09:59:04
#8
Avatar Linda.Suganda
Linda.Suganda
Total Post : 1
Anjingku sering sekali haus dan kita sudah siapkan minum yang banyak dan kadang diajak main suka banyak ludah dan menempel di bibir kiri kanannya kadang dia menggelengkan kepalanya utk mengeluarkan ludah yang berlebihan .. ada yang tau kenapa ga ya
19 Feb 2018 20:45:12
#9
Avatar napitupulujunafry
napitupulujunafry
Total Post : 1
Anjing saya tdk mau mkn sama sekali..sudah 4 hari dia cuman minum air saja..dia sesekali mengorok..
Mohon bantuan ny..
Terima kasih

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.