AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
04 Dec 2013 14:10:12
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Apa itu Cherry Eye pada anjing? dan Bagaimana Mengobatinya?

foto

Tidak seperti manusia, anjing memiliki bagian mata yang disebut third eyelid (atau nictitating membrane) yang menampung kelenjar air mata dan terletak di sudut dalam bawah mata (dekat hidung atau moncong). Saat normal, kelenjar third eyelid ini tidak akan terlihat saat Anda melihat anjing Anda. Namun, ketika kelenjar ini keluar dari posisi normalnya atau menonjol keluar (prolaps), maka kondisi ini disebut "cherry eye". Biasanya diikuti dengan pembengkakan atau benjolan merah di sudut dalam mata (seperti cherry). Cherry eye bisa muncul dalam ukuran besar dan menutupi sebagian besar kornea atau bisa juga muncul dalam ukuran kecil. Bisa terjadi pada salah satu mata atau kedua mata.

Penyebab pastinya belum diketahui, namun diduga kuat berkaitan dengan lemahnya jaringan ikat yang menghubungkan kelenjar dengan struktur di sekitar mata. Cherry eye bisa terjadi pada setiap anjing pada usia berapa pun, namun ada beberapa jenis ras tertentu yang lebih rentan terhadap kondisi ini, yaitu Beagle, Bloodhound, Bulldog, Cocker Spaniels, Lhasa Apso, Shih Tzu, Sharpei, Bull Terrier, Boston Terrier dan Saint Bernard.

foto

Pengobatan Cherry eye
Kondisi ini harus diobati secepat mungkin. Kondisi ini sendiri tidak terlalu berbahaya bagi anjing, namun perlu diobati untuk kenyamanan anjing dan mengurangi resiko dari munculnya masalah sekunder yang lebih serius. Semakin lama kelenjar ini keluar dan terekspos dengan lingkungan, maka akan membuatnya semakin meradang, iritasi dan infeksi.

Cherry eye bisa diobati dengan antibiotik topikal, obat anti-inflamasi dan operasi. Terapi topikal bisa membantu mengurangi peradangan dan mencegah atau mengatasi infeksi sekunder yang umumnya berkaitan dengan kondisi ini. Namun, pengobatan topikal sendiri jarang berhasil dalam mengobati Cherry eye.

Untuk pengobatan dengan operasi ada 2 cara, yaitu
1. Reposisi atau mengembalikan ke posisi semula dan mencoba menyelamatkan kelenjar
2. Mengangkat atau membuang kelenjar

Beberapa tahun lalu, banyak dokter hewan yang melakukan operasi pengangkatan kelenjar (cara kedua) untuk mengobati Cherry eye. Ini memang operasi yang relatif lebih sederhana dan cepat. Namun, pengangkatan kelenjar bisa menyebabkan anjing menderita mata kering yang parah dan permanen atau disebut dengan istilah keratoconjunctivitis sicca (KJS). Hal itu disebabkan kelenjar tsb berkaitan besar dengan produksi air mata dan jika dihilangkan, maka selama hidupnya anjing harus diberikan obat tetes mata beberapa kali sehari untuk melembabkan matanya. Karena itu, operasi reposisi selalu menjadi pilihan utama untuk menjaga agar kelenjar tetap ada dan produksi air mata tidak terganggu. Beberapa metode operasi yang berbeda telah digunakan untuk menempatkan kembali kelenjar dan mencegah prolapsus.

Prognosis
Dalam kebanyakan kasus, kelenjar akan kembali normal dalam waktu beberapa minggu setelah operasi reposisi. Sekitar 5-20 persen kasus yang mengalami kembali prolaps dan memerlukan operasi tambahan. Banyak anjing yang awalnya mengalami prolaps pada satu mata, pada akhirnya akan mengalami prolaps pada mata lainnya. Pada kasus cherry eye sudah tingkat parah atau kronis, mungkin tidak ada pilihan lain selain mengangkat kelenjar.

Prolaps: kondisi kelenjar yang bergeser atau keluar dari posisi normalnya.

Sumber:
http://www.petwave.com/Dogs/Health/Cherry-Eye/Treatment.aspx
http://healthypets.mercola.com/sites/healthypets/archive/2011/01/04/how-to-recognize-and-treat-cherry-eye-in-your-dog.aspx
http://www.vcahospitals.com/main/pet-health-information/article/animal-health/cherry-eye-in-dogs/495
http://vetmedicine.about.com/od/diseasesconditionsfaqs/f/cherry-eye.htm

Last Edited : 04 Dec 2013 14:20:00
04 Dec 2013 21:21:45
#2
Avatar Otto2013
Otto2013
Total Post : 43
Thanks banget infonya! grin
Semoga anjing saya tidak pernah kena ini, hhe..
05 Dec 2013 06:34:17
#3
Avatar Zasky
Zasky
Total Post : 294
Yang jadi masalah ketika kasus ini muncul di daerah/kota kecil dimana tidak ada dokter hewan yang sanggup melaksanakan operasi, terutama yang operasi reposisi. Untuk operasi pengangkatan kelenjar sama saja menyelesaikan masalah dengan masalah, karena setiap saat si pemilik harus meneteskan air mata buatan, jika tidak si doggy akan mengalami kebutaan juga akibat mata kering kemudian terjadi infeksi dan akhirnya terjadi kebutaan.
05 Dec 2013 19:19:11
#4
Avatar 006737
006737
Total Post : 245
ya setuju,,,smile
08 Dec 2013 20:23:39
#5
Avatar Ricky.Adrian.Gunawan
Ricky.Adrian.Gunawan
Total Post : 2
anjing saya kena cherry eye.. dulu mma saya coba2 kasih daun \"binahong\" kalo ga slah.. ktanya sih obat buat kanker sama tumor.. mma saya potong kcil2 daunny trus d campur ke makananny.. pas saya cek, cherry eyeny udh ga ada.. tapi stelah beberapa hari ga konsumsi, timbul lg. jadiny saya kasi setiap hari.. smpe skarang blom muncul2 lagi
30 Apr 2014 01:35:34
#6
Avatar Lia.Nara
Lia.Nara
Total Post : 4
mas ricky, daun binahongnya di cuci dulu atau gimana?
tlg dijelaskan mas, puppy saya ada yg kena cherry eye..
klo boleh, tlg kasih penjelasan lengkap ke [email protected]
makasih mas...
13 May 2014 23:01:06
#7
Avatar meyliyaamey
meyliyaamey
Total Post : 9
saya punya puppy teckel 6bln
dia ada cherry eye juga, udh ke dokter hewan tp gak ilang2 juga cuma mengecil sedikit, solusinya apa yaa, kesian puppy saya kaya gak nyaman gitu suka di gosok2 matanya sm tangan dia sad
21 Feb 2017 22:23:53
#8
Avatar anjing-dijual675696
anjing-dijual675696
Total Post : 1
Anjing jantan milik saya di tahun 2016 kena sakit ini. Sudah saya bawa ke klinik hewan diberi obat dan bila blm sembuh diminta berobat lagi tetapi dokter bilang kemungkinannya sembuh kecil kecuali dihilangkan dg operasi! Tapi itu sama saja menyelesaikan masalah timbul masalah lain lagi. Lalu mama saya memberikan saran diobati pakai daun BINAHONG. Daun binahong diperas akan keluar cairannya dan saya oleskan ke mata si doggy setiap hari. Pengobatan berjalan hampir 1 bulan ada perubahan membaik tapi nggak kunjung sembuh soalnya si doggy sukanya menggaruk matanya shg luka yg sdh mengering terbuka lagi. Lalu si doggy tak pakaikan tudung di kepalanya agar si doggy nggak bisa nggaruk matanya lagi. Tudung kepala saya beli di klinik hewan. Lalu pengobatan saya ganti, daun binahong dipotong kecil-kecil dicampurkan ke makanan si doggy setiap hari dan cherry eyenya berangsur mengering dan lepas sendiri... syukurlah nggak lama si doggy sembuh seperti sedia kala dan nggak sakit lagi sampai skrg wink
05 Aug 2017 14:31:53
#9
Avatar frisev96
frisev96
Total Post : 1
Doggy aku baru kmrin habis mandi tingkahnya aneh, matanya diusap terus dan keluar air mata kaya orang nangis, diujung matanya pun keliatan putih2nya, dan matanya memerah. Apa itu trmasuk cherry eye ya? Soalnya anjingku udh 5-6th dan blm pernah sakit mata.
Last Edited : 05 Aug 2017 14:32:33

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.