INFO Komunikasi Lebih Lancar & Pasti Sampai via Email ke AnjingDijual@gmail.com (Prioritas, dibalas lebih cepat!)
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
29 Nov 2013 12:04:42
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Breed Of This Week : Basset Hound

foto

Basset hound bertubuh panjang, berat dan berkaki pendek, membuatnya mudah untuk diikuti. Basset hound memiliki tulang yang lebih berat secara proporsi ukuran tubuhnya, dibandingkan jenis ras lainnya. Bulu yang tebal, padat melindunginya dari semak berduri tanpa terperangkap di dalamnya. Moncong besarnya memberikan banyak ruang untuk alat penciumannya. Gerakan anjing basset halus dan bertenaga, cenderung bergerak dengan hidung ke arah tanah.

foto


Basset hound atau yang biasa dikenal anjing Hush Puppies adalah salah satu jenis ras yang paling baik hati dan easygoing. Ramah terhadap anjing lain, hewan peliharaan lain dan anak-anak, namun anak-anak harus diperingatkan agar tidak menekan punggungnya saat bermain. Meskipun kalem, tetapi basset tetap membutuhkan olahraga teratur untuk menjaganya tetap fit. Olahraga yang disukainya: menginvestigasi, mengendus dan mencari jejak. Ini adalah anjing pelacak yang berbakat dan bertekad, tidak mudah untuk mencegah atau menghentikannya saat jiwa pelacaknya sudah muncul. Karena itu, anjing ini suka mencari jejak, mengikutinya dan baru berhenti sampai ia kehilangan jejak. Anjing Basset cenderung keras kepala dan bergerak lamban. Ia memiliki lolongan keras yang digunakan saat bersemangat dalam mencari jejak.

foto


Negara asal : Perancis
Jenis Family : scenthound
Tahun Asal : 1500-an
Awalnya berguna sebagai : Melacak atau berburu kelinci dan terwelu/hare (sejenis kelinci)
Saat ini berguna sebagai : Melacak atau berburu kelinci dan terwelu, field trials, basset field trials
Ukuran rata-rata Jantan : Tinggi 35.5 cm. Berat 18–27 kg .
Betina : Tinggi 35.5 cm. Berat 18–27 kg.
Nama lain : -

foto


Tingkat energi : rendah
Kebutuhan akan latihan/Exercise : rendah
Tingkat keaktifan : tidak terlalu aktif
Keramahan terhadap anjing lain : ramah
Keramahan terhadap hewan peliharaan lain : ramah
Keramahan terhadap orang asing : ramah
Kemudahan untuk dilatih : tidak mudah dilatih
Kemampuan Watchdog : Tinggi
Kemampuan Melindungi / Protection : tidak terlalu protektif
Kebutuhan Grooming : rendah
Toleransi terhadap dingin : medium
Toleransi terhadap panas : medium

foto


Perawatan dan Kesehatan
Anjing Basset membutuhkan olahraga sehari-hari yang ringan, yang bisa dipenuhi dengan berjalan kaki menggunakan leash atau bermain di halaman. Sangat baik jika anjing ini tinggal di rumah yang memiliki akses ke halaman. Bulunya tidak membutuhkan grooming yang sulit, namun wajahnya perlu dibersihkan secara teratur di sekitar mulut dan kerutan. Basset cenderung berliur.


Major concerns untuk masalah kesehatan : foreleg lameness, OCD, entropion, ectropion, otitis
externa, intervertebral disc disease, glaucoma, vWD, CTP, gastric
torsion
Minor concerns untuk masalah kesehatan : kista dan infeksi kaki
Masalah kesehatan yang jarang terlihat : patellar luxation
test kesehatan yang disarankan : mata, darah
Lama usia : 8-12 tahun
Catatan: Obesitas menjadi masalah pada ras ini, terutama karena menyebabkan penyakit sendi intervertebralis.

Sejarah asal mula
Basset hound pertama kali disebutkan dalam sebuah catatan abad ke-16 tentang berburu musang. Spesimen berkaki pendek kerdil muncul pada banyak jenis ras dan sudah dikenal sejak jaman kuno, tetapi sulit untuk mengetahui pada saat apa jenis-jenis anjing tersebut sengaja dibiakkan dan yang mana yang mempelopori munculnya ras basset hound.


foto


Kata 'basset' berasal dari bahasa Perancis 'bas' yang artinya "rendah atau kerdil". Anjing berkaki pendek ini digunakan oleh masyarakat Perancis untuk berburu dengan kecepatan yang lebih lambat. Namun, selama Revolusi Perancis sebagian besar anjing ini menyebar dan nasib mereka tidak terdokumentasikan. Sejarah menjadi lebih jelas setelah revolusi, ketika sejumlah besar rakyat biasa menggunakan anjing untuk berburu, sering dibantu oleh senjata. Mereka membutuhkan anjing yang bisa mereka ikuti dengan berjalan kaki, tetapi memiliki kemampuan penciuman yang tajam dan kuat. Versi anjing pemburu (hound) berkaki pendek populer dalam kalangan bangsawan. Karena anjing basset tidak bisa mengejar atau menyamai kecepatan mangsanya, sehingga membuat si mangsa menjadi lebih berkurang kecepatannya atau tidak terlalu cepat berlari dan hal itu membuat mangsa menjadi target yang mudah bagi para pemburu. Anjing-anjing ini memburu semua mamalia tetapi terutama sangat cocok untuk kelinci dan terwelu. Empat versi berbeda dari anjing pemburu (hound) berkaki pendek diciptakan, dengan jenis basset Artesien Normand yang paling dekat menyerupai basset hound modern ini.

foto

bloodhound & Artesien Normand


Pada akhir 1800-an (dan lagi pada tahun 1930), persilangan dengan bloodhound dilakukan untuk memperbesar ukuran, hasilnya kemudian disilangkan lagi dengan Artesien Normand. Basset pertama dibawa ke Inggris dan Amerika pada tahun 1800-an dan minat masyarakat terhadap ras ini tumbuh secara bertahap. Pada pertengahan 1900an, ekspresi lucu anjing basset membuatnya disukai dan digunakan dalam iklan serta dunia entertainment, dan juga banyak diminati oleh para pemilik anjing.




Sumber:
animal.discovery.com

Last Edited : 13 May 2014 12:44:45

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.