INFO Komunikasi Lebih Lancar & Pasti Sampai via Email ke AnjingDijual@gmail.com (Prioritas, dibalas lebih cepat!)
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
24 Nov 2013 01:26:35
#1
Avatar Choco
Choco
Total Post : 10

memilih anjing yang tepat untuk keluarga dan penjaga

Dear All,

Gw butuh pencerahan nich untuk memilih ras yang benar dan mudah2an gak akan gw sesali di kemudian hari..
Gw mau adopt dogy dan gw masih bingung mau adopt ras apa sampai saat ini..gw udah bekeluarga dengan anak perempuan usia 3thn setengah..rumah gw cluster kecil tanpa pagar depan dan halaman belakang..posisi rumah gw di kelilingi perkampungan, dan terus terang agak rusuh..gw baru pindah 2bln dan sudah di jebol maling dengan keadaan orang semua ada dirumah dan tertidur pulas, katanya sih pake magic ilmu sirep jd penghuni tidak akan sadarkan diri..karena pas kejadian malam itu sekaligus 2 rumah..gw gak mau anjing yg tlalu galak dan tlalu manja juga..gw kerja pagi pulang malam..dan hanya ada anak dengan baby sitter dirumah..sempat terlintas antara AGJ dengan Labrador..tapi agak ngeri kalo ditinggal sama anak dirumah..
Mohon pencerahannya bro and sist..gw gak mau terulang lagi kejadian yg sudah buat keluarga gw trauma..sekarang istri gw jadi agak paranoid..rumah udah kaya kandang burung jeruji semua..hehehe

Thanks before

24 Nov 2013 07:55:19
#2
Avatar Zasky
Zasky
Total Post : 294
Dari hasil keterangan ente, gue menyimpulkan bahwa rumah ente ada di lingkungan yang rawan ( kurang aman/meleng dikit udah kemalingan dan di perkampungan, yang kemungkinan bisa nolak kalau tetangganya piara anjing ). sebaiknya bikin pengamanan yang berlapis mulai dari pagar sekeliling rumah ( pagar juga berfungsi agar anjing ente tidak berkeliaran di kampung serta supaya anjing tidak hilang ), kalo perlu pasang alarm dan CCTV serta benteng yang paling akhir adalah anjing yang akan melindungi dan sekaligus teman ente sekeluarga. Ente sempat berpikir mau piara AGJ ( maksudnya anjing jenis apa ya ? ) atau labrador, kalau labrador untuk anjing penjaga kurang ada gunanya. Anjing penjaga yang umum dipiara di Indonesia adalah Herder, Rottweiler, American Pittbull, Doberman dan Boxer. Nah yang cocok dengan kondisi rumah ente menurut gue adalah Rottweiler atau Pittbull. Keduanya bisa cukup nyaman tinggal di rumah yang halamannya nggak luas, asal sehari - harinya diberi latihan yang cukup ( tiap pagi diajak jalan - jalan/jogging, malamnya bisa dilatih kepatuhan/obidiance ). Ke 2 jenis anjing ini tidak agresif terhadap ente dan kelurga bahkan akan mengorbankan nyawanya untuk melindungi ente dan keluarga asalkan dari kecil disosialisasi kepada keluarga ente plus baby sitter ente dan ente harus bertindak sebagai Pack leader yang tegas dan disiplin terhadap anjing ente supaya anjing ente sebagai anjing yang menurut dan setia kepada ente dan keluarga. Anjing ini jarang menggonggong, jadi cocok untuk lingkungan perkampungan seperti rumah ente, berdasarkan pengalaman tetangga merasa terganggu manakala anjing kita sering menggongong. Semoga ini menjadi pertimbangan ente.
24 Nov 2013 09:01:56
#3
Avatar Choco
Choco
Total Post : 10
Dear Zasky,

thanks for your feed back bro, AGJ itu Anjing Gembala Jerman alias Herder..rottweiler dan pitbull ? apakah yakin aman untuk anak2 kedua jenis itu ? karena saya dengar banyak kasus dengan kedua jenis anjing tersebut terutama dengan anak2..nah kalo masalah baby sitter nya kita lumayan productive nich untuk gonta ganti hehehe..
menurut teman-teman yang lain bagaimana ya ?

thanks guys..
24 Nov 2013 13:09:03
#4
Avatar Josie.Dewata
Josie.Dewata
Total Post : 5
coba belajar piara anjing kampung dulu aj om..selain murah meriah, biaya costnya rendah, anjingnya hilang / mati diracun kita kagak bgitu galau..masalah galak, menyalak atau kepatuhan anjing kampung jg bisa kok diajarkan dari kecil.. anjing ras lbh rawan diracun (byk yg sirik sih hihi), biaya rawatnya jg rada mahal khan mendingan buat beli susu anaknya panjenengan tp ya monggo aj tinggal pilih hidup dibikin santai mas bro..
nb : kalo malingnya ketangkep bilang ane ya om biar tak santet anyang2an kagak isa kencing tuh orang haha...peaceman.silly
24 Nov 2013 16:42:48
#5
Avatar Zasky
Zasky
Total Post : 294
Untuk anjing Pittbull, ente bisa baca artikel " Mitos dan fakta tentang anjing Pittbull ". Gue sendiri piara Rottweiler, ternyata sama sekali tidak aggresif, dia tenang dan santai. Tapi semua itu perlu pengkajian lagi, pertimbangkan apakah bisa melatih mereka agar menjadi anjing yang manis, bukan anjing yang tidak bisa dikendalikan.
Last Edited : 24 Nov 2013 16:51:30
24 Nov 2013 23:08:14
#6
Avatar Choco
Choco
Total Post : 10
Dear Josie,

siaaap komandan, nanti klo udah ketangkap tak kabari sampean..

Dear Zasky,

wah tadi sore gw coba diskusi sama bokin ane gan utk adopt rott, dia agak ngeri hehehe..soalnya ya bener sih byk mitos jelek tentang ras ini..tp gw yakin klo dia liat rott yang manis kaya dogy lo mungkin dia akan berubah pikiran..hehehe..
btw, rott itu harus sering diajak jalan gak ya ? dan klo taro didalam rumah tanpa kandang gmn ya bro ?

thanks guys..
25 Nov 2013 19:34:57
#7
Avatar Zasky
Zasky
Total Post : 294
Rottie tak begitu perlu jalan jauh, mungkin jalan2 1- 2 Km sdh cukup. Sekali lagi itu tergantung didikan kita, kalau sejak kecil sdh disosialisasi dengan keluarga, di dalam rumahpun dia cukup nyaman dan aman, tapi jangan lama2 ditinggal sendirian di dalam rumah, kalau dia bosan akhirnya bisa bikin isi rumah berantakan. Punya gue jarang dikandangin, gue lepas di halaman campur dengan 3 goggy lainnya, mereka akur tuh, kadang - kadang guyon. Masuk kandang kalo dia mau makan agar jatah Rottie nggak dimakan temannya, kalau malam gue masukkan ke dalam rumah untuk dilatih Obidiance ( Gue juga kerja berangkat pagi, pulang sore, lalu kerja tambahan, malam jam 10 baru gue ketemu Rottie, tapi ngasih makan pagi dan malam gue yang lakonin ).
26 Nov 2013 16:41:35
#8
Avatar Tommy_tomtom
Tommy_tomtom
Total Post : 3
Bro klo kt gw ... istri anda bener, lebih baik di teralis besi untuk akses masuk dan keluar untuk pengamanan nya apalagi bro punya anak kecil .. itu lebih safety .. bisa tambah CCTV dan Alarm system .. yg menurut saya lebih murah daripada seekor anjing jaga yang terlatih ..

klo soal anjing klo bro mau peliara ada baiknya saran bro Zasky untuk membuat pagar atau teralis tambahan di halaman / car port , fungsinya agar tidak meresahkan warga sekitar juga yang anti anjing..

kebetulan saya sdh pernah peliara Bull terrier, boxer, herder, husky, mini pincher, mix / kampung dan APBT juga ..

klo untuk anjing jaga / proteksi sepengalaman saya.. realisasi nyatanya ga ada anjing yang bisa proteksi kecuali di latih / training .. klo galak beda dgn proteksi ..klo mau galak sering di goda saja ntar juga galak , tapi membahayakan .. klo mau asal gonggong saja cari kampung atau anjing alarm's dog ( mini pincher, datschung/ tekel misalnya ) tp ya ga bisa jaga / melindungi cuma gonggong doank ...

saran saya klo mau bener2 anjing yang bisa proteksi ... beli saja yg sudah jadi / terlatih ..pahami karakter nya dari trainer nya ..cocok apa engga dan sanggup untuk menghandlenya tidak bagi anda dan sekeluarga dan lingkungan..
26 Nov 2013 16:45:34
#9
Avatar Andri.Tao
Andri.Tao
Total Post : 134
ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memelihara rotty sob,
1. sudah pernah memelihara anjing sebelumnya? karena rotty itu umur 1 bln s/d 3 bln saja yg lucu (gemesin), lewat dari situ mereka telah menjadi anjing peliharaan dengan bobot dan tenaga yang besar.. (mainnya kasar).
2. napsu makannya gila-gilaan.. bukan sekedar memelihara dengan memberi makan seadanya sob.. biaya nya (dogfood & suplemennya) akan besar apalagi dalam masa pertumbuhan (s/d umur 1 thn).
secara logika, yg makan nasi/dog food saja dengan daging tentu jauh bedanya sob..
3. gonggongannya besar sekali (tidak cocok dengan perumahan anda).
4. kalau untuk menangkal ilmu2 seperti itu, tanam saja kepala B2 dihalaman rumah anda, dan jangan lupa berdoa tentunya..
5. mereka akan menjadi bagian dari keluarga anda yang akan menjaga tanpa pamrih (jadi tdk bisa angot2an.. sayang uang anda dan terlebih lagi kasihan sama rotty nya kalau sampai terlantar)
sekedar kasih masukan saja yah sob, semoga bermanfaat.. smile
26 Nov 2013 18:10:42
#10
Avatar Zasky
Zasky
Total Post : 294
Mas Andri tinggal di Malang ? Salam kenal, saya juga menetap di Malang, untuk kenal lebih lanjut, ini Nomor HP saya 03412877059.
27 Nov 2013 12:14:50
#11
Avatar Ari.Karim
Ari.Karim
Total Post : 1
Salam kenal Aremania, sepakat dengan Mas Josi, dicoba anjing kampung dulu saja, saya pernah piara AGJ terus mati keracunan pas kita sekeluarga pulang berlebaran...(saya sempat membawa ke DrH, tapi kata Dokternya sudah telat).....dicoba anjing kampung yang agak "cerewet" kalo ada orang asing (bisa jenis yang kecil, ga perlu yang besar/galak)...ditempat sekitar saya, para peternak Bebek (peternak ayam) biasanya punya anjing Kampung buat jagain ternaknya...

Ari Pepen-Kepanjen
27 Nov 2013 13:30:43
#12
Avatar Andri.Tao
Andri.Tao
Total Post : 134
Salam kenal juga.. grin Maaf mas Zasky, saya di Jakarta, tapi saya pernah ambil puppy rottweiler dari VDB Malang (Om Yudi ) smile : # anak dari Xultan, cucu Gaston " smile
27 Nov 2013 17:12:29
#13
Avatar Zasky
Zasky
Total Post : 294
Oh, saya kira Mas Andri domisili di Malang, kok jauh sekali ambil puppy sampai ke Malang ? Saya juga punya puppy Rottie umur 5 bulan, bapakya Niko von Kalaberg, juga punya Mas Yudi, tapi ibunya punya temannya Mas Yudi. Kalau boleh saya dikirimi nomor tilpun Mas Andri ke nomor HP saya yang saya ketik di forum ini. Thanks sebelumnya.
27 Nov 2013 23:15:55
#14
Avatar Choco
Choco
Total Post : 10
Wow, lama gak ditengok in udh banyak nich yg jawab...mantab...
OK sebelumnya gw mau berterima kasih dulu buat agan2 atas masukannya, gw terima dengan baik..
@bro Tommy : Alhamdulillah rumah udah kaya sangkar burung saat ini..hehehe
@bro Andri : Thanks for the advices bro
@bro Ari : anjing kampung ya ? Hmmmm..
@bro zasky : Thanks ya bro atas semua masukannya...

Iya gw baru hibahkan husky kesayangan gw, kasihan dia butuh rumah yg lebih baik..dan lebih kasihan lagi klo dengar tetangga sini dan orang kampung yg jelek in husky gw..katanya percuma punya anjing klo masih kemalingan, percuma punya anjing tapi gak ada suaranya..percuma punya anjing klo berisik pas majikannya pergi aja pas ada maling masuk idem aja...terus terang gw dengar omongan2 kaya bgtu agak sakit hati..agak emosi gw...makanya langsung gw hibahkan ke temen gw yg gw tau dia akan sayang bgt sama husky gw...walaupun sedih bgt harus ngelepas dia...

Gw tipikal orang yg gak bisa dengar omongan yg kaya bgtu, gw dalam hati cuma bisa bilang..."tar lo liat, apa yg akan gw pelihara selanjutnya...!!!!"

Maka dari itu gw skrg mau cari anjing proteksi tapi yg gak bahaya juga untuk anak gw..

Btw, Thanks ya agan-agan semua untuk masukannya..really appreciated...gw sadar memang harus belajar banyak mengenai anjing yg berikutnya akan gw pelihara..dan mungkin gw bisa belajar dari pengalaman2 kalian...

Salam kenal semuanya, nama gw Indra Choco Prasetyo Indy kalian bisa add PIN bb gw di 284F3277 mungkin yg di Jakarta atau Tangerang kita bisa kopi darat untuk berbagi pengalaman...

One again Thanks guys,
I.C.P.I
09 May 2014 11:06:36
#15
Avatar Gustra
Gustra
Total Post : 1
Iseng2 Googling, eh saya ketemu thread ini, saya juga punya masalah yang benar2 bisa dibilang mirip banget sama Bro Choco, tidur 30 menit.. semua isi rumah amblas!!!
nah saya juga kepikiran buat melihara anjing, cuman saya kepengen banget dengan Labrador, saya juga punya anak sekitar 3.8 thn.
Menurut agan2 sekalian apa bisa anjing labrador ini dilatih sebagai alarm dog, karena kebetulan mertua dokter dan sering ada pasien dateng.

thank you before.. buat saran2nya agan.
salam kenal dari Bali

PS : ilmu sirep, nasihat dari org pintar - sapu lidi yang dipakai nyapu di halaman, ditaruh terbalik di belakang pintu / pagar. katanya penangkal untuk ilmu tsb.

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.