Gangguan SMS masuk/terima. Komunikasi lbh lancar krm email ke anjingdijual@gmail.com
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
30 Oct 2013 10:45:44
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Apakah Anjing Anda sering Ngompol atau Urin Menetes Sendiri? Bisa jadi itu Urinary Incontinence

foto
Apa itu Urinary Incontinence?

Urinary Incontinence adalah suatu kondisi yang terjadi ketika anjing tidak dapat mengontrol kandung kemihnya sehingga urin bisa keluar tanpa terkendali. Tingkat keparahannya mulai dari urin yang keluar dalam jumlah kecil sesekali sampai keluar urin dalam jumlah besar tanpa disengaja.

Apa yang menyebabkan anjing mengalami Urinary Incontinence?

- Ketidakseimbangan hormon
- Lemahnya otot spinchter pada kandung kemih (otot yang berfungsi untuk mengontrol keluarnya urin dalam kandung kemih melalui uretra)
- Infeksi saluran kemih
- Batu kandung kemih
- Cedera atau degenerasi tulang belakang (seringkali terlihat pada anjing german shepherd)
- Cakram intervertebral yang menonjol
- Gangguan prostat
- Adanya penyakit lain yang menyebabkan konsumsi air berlebihan, seperti diabetes, penyakit ginjal, hyperadrenocorticism
- Cacat bawaan
- Kelainan anatomi
- Obat-obatan tertentu

Apa saja gejala umum yang muncul pada anjing yang mengalami urinary incontinence?

Meneteskan urin/mengompol (biasanya saat anjing sedang beristirahat atau tidur), yang bisa mengiritasi kulit dan menyebabkan kemerahan adalah salah satu gejala yang paling bisa dikenali dari kondisi ini. Dan juga, gejala lainnya adalah anjing menjilati area vulva atau penis secara berlebihan.

foto

Apa yang harus saya lakukan jika anjing saya mengalami incontinence?

Konsultasikan dengan dokter hewan, yang akan memastikan diagnosis dan mencoba untuk menemukan penyebabnya. Dokter akan menanyakan beberapa pertanyaan mengenai anjing Anda, melakukan pemeriksaan fisik dan kemungkinan melakukan urinalysis untuk memverifikasi apakah anjing Anda mengalami infeksi kandung kemih, yang memerlukan pengobatan dengan antibiotik. Tes-tes lain mungkin termasuk urine culture (tes lab untuk mengetahui apakah ada bakteri dalam urin), tes darah, radiografi dan USG.

Apakah anjing tertentu rentan terhadap incontinence?

Meskipun urinary incontinence bisa dialami oleh anjing dari berbagai usia, ras atau jenis kelamin, namun paling sering terlihat pada anjing betina usia paruh baya sampai usia tua yang sudah disteril (spayed) dan ras cocker spaniel, springer spaniel, doberman pinscher dan old english sheepdog adalah ras yang sering rentan terhadap incontinence.

Bagaimana mengobati incontinence?

Pengobatan untuk incontinence tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Pemberian obat (yang diresepkan oleh dokter hewan) sering efektif mengatasi kondisi ini dan mencegah keluarnya urin/mengompol setiap hari. Beberapa pengobatan lain seperti terapi hormon, suntik kolagen. Pembedahan juga dapat menjadi pilihan jika tidak dapat diobati dengan obat.

foto
Apa yang bisa saya lakukan di rumah untuk mengatasi incontinence pada anjing saya?

- Taruh selimut atau handuk bersih di area tempat tidur favorit anjing Anda.
- Ajak anjing Anda jalan lebih sering, seperti saat pagi dan tidak lama setelah ia bangun dari tidur siang.
- Pertimbangkan menggunakan popok anjing
- Sebaiknya konsultasikan dengan dokter hewan Anda sebelum membatasi asupan air minum anjing Anda.
- Menjaga kebersihan untuk mencegah adanya infeksi kulit.
- Selalu memantau kondisi anjing Anda, karena kondisi ini dapat dengan mudah menimbulkan infeksi terutama di area yang konstan terkena urin, terutama pada anjing tua.

Note: Sebelum Anda membuat kesimpulan, pertama pastikan bahwa anjing memang menderita incontinence. Incontinence kadang suka dikelirukan dengan penyakit yang menyebabkan anjing sering buang air kecil. Dan yang dibahas diartikel ini tentang incontinence/mengompol/urin yang keluar tanpa bisa dikontrol BERBEDA dengan sering buang air kecil. Incontinence juga kadang suka dikelirukan dengan perilaku Submissive Urination, dimana saat anjing merasa ketakutan atau terancam juga dapat mengompol. Dan, jangan juga keliru dengan perilaku anjing yang biasa menandai wilayahnya dengan urin (Territory marking).

Baca artikel lainnya perihal masalah buang air kecil pada anjing:
http://anjingdijual.com/thread/292/gejala-gejala-masalah-pee-buang-air-kecil-pada-anjing-yang-mungkin-bisa-membahayakan


Sumber:
ASPCA.org
dogtime.com
vetmed.wsu.edu

Last Edited : 30 Oct 2013 11:10:18
30 Oct 2013 11:36:48
#2
Avatar LHackerz
LHackerz
Total Post : 1
Kalo ketemu orang tiba-tiba kencing itu gimana?
30 Oct 2013 11:58:42
#3
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842
itu artinya submissive urinary, penjelasan lengkapnya bisa klik disini:
http://anjingdijual.com/thread/198/tips-bagaimana-mengatasi-anjing-yang-terlalu-tunduk-submissive
31 Jan 2016 12:12:26
#4
Avatar bububobby1
bububobby1
Total Post : 1
Kalau anjing kencing darah terus menerus iTunes penyakit apa?
28 Mar 2016 00:38:16
#5
Avatar Retna.Yanti
Retna.Yanti
Total Post : 2
Anjing chihuahuaku juga suka pipis yang nga terkontrol, dan saat pipis itu keluar langsung dijilati, kadang menetes saat jalan, hal itu terjadi setelah anjingku mengalami loop-nya yang pertama, ini udah beberapa bulan terjadi terus menerus, kadang ada jeda nga terjadi, pernah saya periksa ke dokter katanya hanya kurang minum/dehidrasi, tapi sudah 3 bulan rasanya kok kasihan, seolah pipis nga tuntas, saya belum berani ke dokter lagi untuk mastikannya lagi, yang jelas karena biayanya. Mohon sarannya. Terima kasih.
01 Oct 2017 05:24:06
#6
Avatar mrsachi06
mrsachi06
Total Post : 1
Puppy say diajak naik mtr sekitar 1jam lebih, dia duduk di dashboard motor (di bawah) . Setelah dia balik dr jalan2nya itu , dia keliatan murung . Dan sempet di dashboard dia pup. Gak biasanya dia pup di kendaraan (maaf) dan agak bau. Habis itu, saya langsung kasih susu. Dia main spt biasa lagi. Tapi pas dia tidur (dia tidur 1 kasur dgn saya), tiba2 dia ngompol. Saya pikir itu ngompol biasa aja. Tapi beberapa menit kemudian, saya liat lagi. Kok basah lagi kemaluannya. Akhirnya saya pakein popok , trs saya pindahin dia tidur sebelah saya ditambah pake alas selimut yang suka dia pake, supaya pee nya menyerap di selimutnya itu klo sampe tembus dr popok. Kira2 itu kenapa pee nya gak ke kontrol kaya GT? Soalnya saya tkt dia kenapa2. Biasanya dia ceria, tp sehabis jalan2 itu dia lsg murung. (Jalan2 gak sama saya dan papi nya,tapi sama adik saya)....
17 Dec 2017 19:01:05
#7
Avatar azaelisabeth88
azaelisabeth88
Total Post : 1
Saya mempunyai anjing yg sy temukan dijalan tapi sa rasa umurnya sudah tua dan dia hanya mau pipis pada kasur dan sofa saya telah membawanya keluar tapi di tdk mau kencing sa telah memakaikannya popok tapi tetap saja tdk mau kencing jadi saranya apa?.

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.