Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
28 Oct 2013 14:16:12
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Mengapa Anjing Sering Sekali Tidur?

foto
Tidak diragukan lagi anjing suka sekali tidur. Jumlah waktu tidur siang yang dihabiskan bervariasi pada setiap anjing dan tergantung pada usia dan kepribadian anjing. Sebagian besar anjing menghabiskan sekitar 14 jam sehari.

Tidak ada yang tahu pasti mengapa anjing tidur begitu lama. Jumlah waktu tidur yang dibutuhkan setiap hewan tergantung pada spesiesnya. Misalnya, kuda dan sapi hanya tidur 3 atau 4 jam sehari, karena mereka membutuhkan waktu yang lama untuk memakan rumput untuk memasok tubuh mereka dengan makanan yang cukup. Kelelawar dan tupai tidur hampir 20 jam lamanya.

Berbagai jenis ras anjing juga tampaknya memiliki kebutuhan tidur yang berbeda. Beberapa ras besar seperti Newfoundland, Saint Bernard, dan mastiff, banyak menghabiskan waktu mereka dengan tidur, mungkin lebih dari 16 atau bahkan 18 jam sehari.

Anjing tidur lebih banyak dari kita, tetapi mereka juga lebih sering terbangun daripada kita. Berapa banyak dan kapan mereka tidur tergantung dari tingkat aktifitas di lingkungan mereka. Seekor anjing yang hidup sebagai hewan peliharaan di rumah cenderung tidur lebih banyak daripada anjing yang hidup dengan bekerja seperti anjing search and rescue atau anjing yang bekerja di peternakan. Anjing juga dapat menyesuaikan pola tidur mereka sehingga mereka bisa terjaga ketika ada sesuatu yang harus dilakukan dan tidur pada sisa waktu yang ada.

Tentu saja, dalam kehidupan modern saat ini, terkadang anjing tidur karena bosan. Anda bisa membantu menghilangkan kebosanannya dengan memberikan banyak stimulasi sepanjang hari, bisa dengan cara memberikan mainan, diajak berjalan-jalan dan bermain dengan Anda. Jika ia memiliki aktifitas yang cukup untuk dilakukan sepanjang hari, ia mungkin akan tetap terjaga saat siang hari, dan tidur di malam hari.

foto

Pola Tidur

Anjing memiliki pola tidur yang sama seperti manusia. Ketika anjing Anda mulai tertidur, ia memasuki gelombang lambat atau fase tidur tenang. Ia sudah pada tahap tidak sadar dengan sekitarnya, napas melambat, tekanan darah dan suhu tubuh menurun dan denyut jantung menurun.

Setelah sekitar 10 menit, anjing akan masuk ke tahap tidur REM (rapid eye movement) atau tahap aktif tidur. Ia akan memutar matanya ke dalam kelopak mata yang tertutup, ia mungkin bisa menggonggong atau melolong atau menekuk kakinya. Selama tahap ini, aktifitas otak mirip dengan yang terlihat pada manusia saat tidur bermimpi, dan ini merupakan bukti bahwa anjing juga memiliki mimpi.

foto
Anjing dewasa menghabiskan sekitar 10 sampai 12 persen waktu tidur mereka dalam tahap tidur REM. Anak anjing menghabiskan proporsi waktu tidur yang lebih banyak untuk tahap REM ini.

Meskipun banyak tidur siang/napping adalah hal yang umum, namun bukan berarti tidur terus menerus sepanjang waktu. Di antara tidur siang tsb, ia seharusnya aktif dan bergerak. Jika Anda berpikir anjing Anda tidur terus menerus secara berlebihan, maka ia mungkin menderita depresi atau masalah medis. Obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan kantuk. Anjing tua juga tidur lebih banyak, sama seperti anak anjing yang baru lahir.

Sumber:
petplace.com
dogcare.dailypuppy.com

Last Edited : 28 Oct 2013 14:25:49
24 Jan 2018 11:14:43
#2
Avatar elizabethbonara
elizabethbonara
Total Post : 1
Kalau anjing yang tidur tapi matanya ga ketutup rapat itu gmn ya?

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.