Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
21 Oct 2013 14:49:41
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Tahukah Anda Bahwa Memotong Kumis Anjing Anda Memiliki Dampak Bagi Mereka

foto

Kumis (Whiskers), yang juga dikenal dengan "vibrissae" adalah bulu panjang dan tebal yang terletak di sisi hidung dan moncong, di dagu, dan di kening bagian atas mata yang terdapat pada banyak spesies hewan, termasuk anjing. Kumis adalah salah satu bulu pertama yang tumbuh pada puppies.

Apakah mereka memiliki fungsi bagi anjing? Ya. Berikut fungsinya:

Navigasi
Kumis sangat membantu anjing menavigasi sekitar mereka. Bulu ini sensitif terhadap getaran udara. Karena itu, saat udara bergerak, kumis akan bergetar dan membantu anjing mengetahui keberadaan objek di dekat mereka, serta ukuran dan bentuk objek-objek tersebut, dan menjaga anjing tidak berbenturan dengan objek tsb.

Perlindungan
Kumis yang terletak di atas mata anjing melindungi mata, sama seperti bulu mata melindungi mata Anda. Karena kumis bergetar ketika sebuah objek berada sangat dekat dengan anjing, maka membantu anjing menghindari objek yang mungkin dapat melukai wajah dan matanya.

Sebagai Antena atau Tongkat
Fungsi kumis sama seperti fungsi antena pada serangga. Mereka membantu anjing merasakan lingkungan sekitarnya, terutama saat cahaya redup atau dalam kegelapan. Mereka juga berfungsi seperti tongkat bagi orang buta. Kumis sangat membantu bagi anjing yang memiliki gangguan penglihatan.

Refleks
Ketika Anda menyentuh halus kumis anjing, maka mata anjing di sisi yang sama dengan sisi kumis yang Anda sentuh akan mengedip secara refleks. Anjing akan segera memalingkan kepalanya menjauh dari sisi yang Anda sentuh.

Kumis memiliki bulu yang lebih tebal daripada bulu biasa dan akarnya 3x lebih dalam. Alasan mengapa kumis bergetar dan sangat sensitif untuk disentuh karena kumis berakar pada folikel rambut yang berisi pembuluh darah dan saraf.

Apa yang terjadi jika Anda memotong kumis anjing Anda?
Hilangnya kumis pada anjing tidak sama seperti kehilangan bulu lainnya, ini lebih traumatik. Saat Anda memotong atau memangkas kumis anjing Anda, ini akan membuatnya menjadi seperti tidak tahu arah. Dengan kurangnya informasi sensorik (akibat kumis yang dihilangkan), anjing akan menjadi pemalu, penakut, tidak yakin/ragu-ragu dengan gerakannya dan lingkungan sekitarnya.

foto

Anjing Anda bahkan mungkin menjadi takut, yang bisa memicu agresif atau mudah marah. Melolong atau menggigit mungkin juga terjadi, terutama jika kumis dipotong pendek dekat dengan wajahnya, dimana meskipun tetap ada sensitifitasnya, namun karena berkurang kumis yang ada mengurangi intensitas rangsangannya.

Jadi, sebaiknya dipangkas atau tidak?
Cara yang paling mudah untuk menghindari agar anjing Anda tidak bertingkah aneh setelah kumisnya dipotong adalah dengan tidak memotongnya sama sekali. Karena memotong kumis anjing Anda yang kebanyakan dilakukan hanya untuk tujuan penampilan, benar-benar membuat hidup anjing Anda menjadi tidak nyaman.


Sumber:
dogcare.dailypuppy.com

Last Edited : 21 Oct 2013 14:57:00
21 Oct 2013 15:29:56
#2
Avatar merry.yohana.3
merry.yohana.3
Total Post : 14
thx buat infonya, gak lagi2 deh motong kumis guguk saya
21 Oct 2013 17:39:58
#3
Avatar Mr-Bun
Mr-Bun
Total Post : 94
hahahahaha baru tau sya ad yg motong kumis anjing.....
22 Oct 2013 20:00:46
#4
Avatar Schonberg13_
Schonberg13_
Total Post : 10
puupy saya di ptg kumis nya waktu di grooming pas mau di bawa pulang tp ttp llasak di rumah ga takut ama yg gede2
24 Oct 2013 14:09:07
#5
Avatar Dini.Putri
Dini.Putri
Total Post : 54
tu yang buat kontes anjing kasian...kukunya jg di potong,,,,huffthhhh.... sad
27 Oct 2013 10:03:50
#6
Avatar Christin.Charlotte
Christin.Charlotte
Total Post : 17
Kadang bukan sengaja mau motong tuhh kumis, tapi terpotong ketika mau motong bulu2 sekitar muka / mulut..
17 Apr 2014 14:48:48
#7
Avatar Anie.Hombings
Anie.Hombings
Total Post : 91
kurang kerjaan lah org yg gunting2 kumis anjing....
23 May 2014 22:29:19
#8
Avatar 472
472
Total Post : 1
Oh gk boleh ya.. o.o
Ak potong soalx udh pnjg banget mpe mlingkar masuk ke mulutx ato ky ikan lele gt..
Tp stlh aku potong pun y anjgku tetep aja spt biasanya.. tdk ada prubahan..
24 May 2014 02:35:34
#9
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
Kalo kumis dipotong bs tumbuh lg gak?
28 Jul 2016 15:30:25
#10
Avatar anjing-dijual278
anjing-dijual278
Total Post : 4
Ada yang bisa bantu? Saya barusan aja mencukur bulu ekor anjing toy poodle saya dibagian dekat duburnya (maaf) , saya mencukur disekitar bagian anusnya saja dan tidak menyisakan bulu(kira kira bentuk ligkaran 2cm ) kenapa setelah dicukur anjing saya bertingkah aneh dia berlari kepojok rumah menjilati bagian ekormya dan tidak mau disentuh yah? Biasa dia nurutt sekali kalo dipanggil. ;( apa karena dia shock? Apa seharusnya saya memcukur menyisakan sekitar 1 cm bulu? Mohon petunjuknya bagi yang tau sad
02 May 2017 08:00:47
#11
Avatar sonyacakra
sonyacakra
Total Post : 1
Baru baca artikel ini, anjingku poodle jg abis dicukur jd berubah tingkahny,, gmn ya caranya supaya bulu dan kumisnya bs cepet tumbuh, apakah ada shampo khusus? Dan apakah jika sdh tumbuh normal, tingkahnya jg menjadi normal? Tqs mohon bantuannya

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.