Gangguan SMS masuk/terima. Komunikasi lbh lancar krm email ke anjingdijual@gmail.com
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
19 Oct 2013 09:34:10
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Tips Menaikkan Berat Badan Anjing Anda yang Kurus

foto
Ada sebagian anjing yang meskipun tampaknya makan terus tetapi tidak pernah naik berat badannya. Jika Anda memiliki anjing yang kurus, Anda mungkin khawatir apakah ada masalah kesehatan yang membuatnya tidak bisa gemuk-gemuk. Tetapi jangan panik, Anda bisa membantu anjing Anda yang kurus untuk menaikkan berat badannya.

Menentukan berat badan yang sehat
Untuk menentukan apakah anjing Anda perlu untuk menaikkan berat badannya, coba lakukan tes sederhana dengan meraba/merasakan tulang rusuk anjing Anda. Pada anjing yang sehat, Anda harus bisa merasakan tulang rusuknya tepat dibawah kulit. Jika tulang rusuk anjing Anda terlihat menonjol, maka berarti anjing Anda benar-benar sangat kurus. Tugas Anda selanjutnya adalah menentukan berat badan yang diinginkan. Jika Anda tidak tahu kisaran berat badan yang sehat untuk jenis ras anjing Anda, konsultasikan dengan dokter hewan atau breeder. Dokter hewanjuga bisa menjalankan tes untuk memeriksa apakah anjing Anda mengalami kondisi medis yang membuatnya sulit untuk mendapatkan berat badan yang sehat.

foto

Jenis makanan
Jenis makanan yang Anda berikan kepada anjing Anda memiliki dampak yang signifikan terhadap kenaikan berat badannya. Dogfood berkualitas tinggi mengandung persentase bahan berkualitas yang lebih tinggi untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh anjing Anda. Dogfood dengan kualitas rendah mengandung banyak filler, yang menggunakan sebagian kalori dalam tubuh anjing sebagai bahan bakar untuk sistem pencernaan yang harus bekerja ekstra mencerna filler tsb. Dibandingkan dogfood basah, dogfood kering seringkali lebih dianjurkan untuk anjing yang ingin menambah berat badannya karena mengandung lebih banyak karbohidrat, yang bisa merangsang penambahan berat badan.

Jumlah makanan yang diberikan
Untuk menaikkan berat badan anjing, ia memerlukan lebih banyak kalori dibandingkan kalori yang biasa didapatkannya. Untuk menentukan berapa banyak jumlah makanan yang harus Anda berikan untuk membantu anjing Anda menambah berat badannya, bacalah petunjuk pada bungkusan dogfood Anda dan berikan lebih daripada jumlah yang direkomendasikan. Anda mungkin perlu sedikit bereksprimen untuk menemukan berapa jumlah yang diperlukan untuk diberikan kepada anjing Anda. Mulailah dengan menambah jatah makan anjing Anda sehari-hari sebesar 50 persen dan perhatikan timbangannya. Jika anjing Anda tetap tidak bertambah beratnya, tambahkan dua kali lipat dari jatah normalnya. Jika anjing Anda hanya bisa makan banyak pada satu waktu, cobalah dengan memberikan beberapa kali porsi kecil dalam sehari atau lengkapi dengan treat/cemilan yang sehat.

Tips tambahan
Sangat penting juga untuk memastikan anjing Anda mendapatkan sejumlah latihan yang sehat setiap hari. Latihan dengan jalan kaki selama 30 menit setiap hari akan membantu menjaga kesehatan fungsi jantung dan paru-paru. Jika anjing Anda tidak mendapatkan latihan yang cukup, ia mungkin akan mendapatkan berat badan yang tidak proporsional, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan baginya. Dengan memberi latihan bersamaan dengan peningkatan pola makannya, Anda juga dapat membantu anjing Anda membangun massa ototnya.

Anjing yang kondisinya kelaparan dan sangat kurus
foto

Jika Anda sedang merawat anjing yang kelaparan atau sangat kurus, misalnya anjing yang diselamatkan dari jalanan (rescue dog), Anda perlu melakukan prosedur yang sedikit berbeda. Jangan memberi makan anjing dalam jumlah banyak sekaligus, karena ini bisa membuatnya sakit. Lebih baik, mulai dengan memberi makan dengan jumlah kecil setiap 20 sampai 30 menit. Berikan makanan yang berkualitas tinggi yang memberikan kalori yang dibutuhkan anjing tanpa membebani sistem pencernaannya. Seiring kesehatannya meningkat, lanjutkan untuk terus memberinya porsi kecil makanan 3 sampai 4 kali sehari sampai ia mendapat berat tubuh yang sehat untuk jenisnya.


Sumber:
pets.thenest.com

09 Aug 2014 00:57:16
#2
Avatar 013960
013960
Total Post : 1
anjing tekelku makannya banyak, tapi gak gemuk-gemuk.
Makannya dogfood regal lamb, umurnya setahun pas.
tulang rusuk sampingnya sih nggak nampak walau kalau dipegang berasa, tapi tulang punggungnya loh! berasa kaya iguana. kasian aku liatnya.
kesannya juga kya aku telantarin. padahal aku kasih vitamin segala.
ada tips gak buat naikin berat badan anjingku? trims
activate javascript
22 Sep 2015 17:46:20
#3
Avatar daberto90
daberto90
Total Post : 1
Sis atau Gan,, anjing golden saya 2 bulan itu diare dan ga nafsu makan tapi uda di kasih suplemen,, kalau habis di kasih suplemen di campur dogfood bisa ga??
25 Nov 2015 08:57:26
#4
Avatar theresyalova
theresyalova
Total Post : 1
kalau sudah diare lekas dibawa ke dokter hewan supaya cepat ditangani dokter.. dulu anjing saya diare trus lama2 jadi muntah2 trus malah jd pup berdarah. Alhasil terdeteksi virus parvo dan telat dibawa ke drH setelah dibawa drH sampai rumah mati anjing saya sad
30 Dec 2015 11:37:29
#5
Avatar anjing-dijual961
anjing-dijual961
Total Post : 16
Yorkie ku juga sama, kurang ada nafsu makan.... Mau makan kalo dog food nya ( regal lamb) dicampur dengan daging sapi... Makan nya nafsu banget - tapi kalo dog food kering makannya dikit banget....berasa banget tulang punggung dan tulang rusuknya...Apa mesti dicampur terus dengan daging sapi ya?
Last Edited : 30 Dec 2015 11:38:15
30 Mar 2016 17:33:39
#6
Avatar anjing-dijual776448
anjing-dijual776448
Auto Banned
Total Post : 2
German Shepherd saya nafsu makannya tinggi banget kalau di kasih 3 kali juga ku rasa habis dia umur 7 bulan lagi masa pertumbuhan sih kata kawan" IGSC. nah itu tadi nafsu makannya tinggi saya kasih dog food Maxi Dog + Otz amilase supaya pupnya gak banyak kata abang petshopnya. saya kasih dia makan 2 kali Dog Food + daging Pedigree + Wortel iris + Susu/air. Dia kemarin saya rasa Thin ya tpi sekarang saya rasa dia Ideal tetapi setiap selesai makan saya ajak jalan eh..... pulangnya udh Thin lagi. Mohon infonya ya smile
16 May 2016 11:48:34
#7
Avatar Obetputra.Garus
Obetputra.Garus
Total Post : 1
anjingku sering beliur nafsu makan berkurang
10 Jul 2016 20:16:34
#8
Avatar pandusantoso19
pandusantoso19
Total Post : 1
Anjing saya . Kurus . Kasihan lihatnya .. dibelikan daging tidak dimakan . Dog food tidak dimakan . Leher ayam dan hati aayam juga .tidak dimakan .
Ngatasinyya gimana
13 Jul 2016 15:37:54
#9
Avatar anjing-dijual842
anjing-dijual842
Total Post : 1
Kalo anjing dikasih makan daging mentah,apa bikin nanti dia jdi ga doyan dog food lgi?
09 Sep 2016 21:22:05
#10
Avatar bayukelan
bayukelan
Total Post : 1
German shapered saya. Kalau mau makan ga pala repot... Kasih uang 10rb dia pergi sendiri beli nasi bungkus di warung...
11 Sep 2016 11:58:45
#11
Avatar anjing-dijual244
anjing-dijual244
Total Post : 1
anjing pom saya tidak mau makan, dikasih ayam gamau, dogfood gamau, padahal dia biasa mau makan itu smua yg disebutkan, minum juga gamau,
gimana cara mengatasi nya ya? tq
21 Dec 2016 15:18:13
#12
Avatar anjing-dijual531355
anjing-dijual531355
Total Post : 1

  • Biar anjing nafsu makan gimana caranya bang ????


18 Dec 2017 08:44:50
#13
Avatar fselav142
fselav142
Total Post : 1
Bagi info dong shih tzu ku 1,5 bulan pisah induk pisah saudara pindah rumah.. Udah seminggu tp blm mau makan banyak, gmna yaa caranya?
27 Feb 2018 08:29:54
#14
Avatar sarah.qc13
sarah.qc13
Total Post : 1
Bisa dicoba kasih virbac nutri plus gel, itu semacam suplemen buat meningkatkan nafsu makan dan daya tahan tubuh
07 Mar 2018 22:57:30
#15
Avatar yurotahe
yurotahe
Total Post : 31
Kalau anjing sebenarnya menurut saya dikasih dog food aj cukup!
U kualitas baik harga pasti lebih mahal tapi jika dihitung2 tdk beda jauh krn dog food mahal lebih padat kandungan nutrisinya dan otomatis anjing makan lbh sedikit!
Krn dog food yg baik otomatis lbh mengembang (padat berbobot) dan lbh cepat dicerna jg diserap nutrisinya oleh anjing!

Jika anjing susah makan bisa disuapin pelan2 oleh owner! Krn anjing mogok makan bisa saja krn stress! Bkn krn dia sakit!

Masalahnya timbul kalau sering dikasih makanan yg lain2 sejak kecil! Mis. Nasi sup, daging olahan yg biasa dimakan manusia, dll....
Yg perlu diperhatikan adalah makanan ap yg dia makan sejak msh puppy!

Krn anjing jg mengerti rasa kalau dog food setahu sy rasanya agk hambar tdk spt makanan manusia yg cenderung gurih!

Anjing berbeda dgn manusia. Anjing makan krn membutuhkan nutrisi spt jg karbohidrat!
Dan yg mrk butuhkan adalah menyerap kandugan mineralnya bkn semata mata brp banyak porsi makanan saja krn sistem metabolisme tubuh anjing sangat peka untuk itu! Anjing otomatis akn berhenti makan jika dirasa sdh cukup! (Untuk beberapa ras memang ada yg rakus hingga bisa menyebabkan obesitas biasanya ras. Labrador. Dll...)

Jadi kualitas dog food yg lbh mahal biasanya memiliki kandungan yg lbh baik (walau tdk selalu) dan anjing makan lbh sedikit krn dog food yg lbh baik biasanya lbh padat! Jg lbh lengkap kandungan nutrisinya! Dan tdk perlu ditambah dgn vitamin lainya!

Jika dilihat dari warna pup (BAB) nya dan tingkat kepadatan pup nya kita bisa menentukan tolak ukur kualitas dog food tsb dan jg bgm dog food tsb dicerna oleh anjing kita!

Anjing jg rawan cacingan. Berikan obat cacing bisa combantrin sesuai dosis (dilihat dari berat badan anjing biasanya 1 tablet / 15 kg) secara teratur (3-6 bln 1x)

U kalsium bisa diberikan kalex murah dan ekonomis! tp pemberian kpd anjing memiliki dosis yg harus di konsultasikan ke DR. Hewan. Krn faktor usia jg sangat perlu diperhatikan!

Anjing jg punya kebiasaan mengorek tanah atau mencium hal2 asing bisa saja bangkai tikus / dll. U masalah ini sebaiknya kebersihan tempat tinggal anjing jg perlu diperhatikan ataupun jika anjing diajak jalan perlu diawasi apalagi ketika usia anjing msh dibawah 8 bln adalah masa paling rawan!

Vaksinasasi anjing jg menjadi tahap penting u Anjig Ras! Krn masalah gen beberapa anjing rawan terkena infeksi virus spt. Herder parvo dll...

U anjing ras tertentu spt Herder dll... termasuk tipe anjing aktif (tipe pekerja) jd sangat disarankan u diajak jalan keliling kompleks atau aktifitas bergerak bebas sedikitnya 1 jam selama 2 sesi 1 hari (+- 2 jam)

Jika anjing dirantai atau dikurung dlm kandang sempit jg mempengaruhi kesehatanya! Jd aktifitas anjing adalah hal yg sangat2 penting! Agr anjing tdk stress dan bisa menyalurkan energinya!

Dan lantai yg di ijak anjing jenis herder as baiknya kasar krn jika licin spt granit / keramik bisa jd akn timbul masalah lain spt. HIP .D (masalah sendi) dan anjing yg terlampau obesitas jg rawan terkena HIP .D krn berat bobot tubuhnya terlampau berat u ditopang kaki bag. Belakang!

u masalah ini bisa search di google atau konsultasi dgn ahlinya!

Anjing biasa hidup berkelompok! Jika owner sibuk hingga waktu kebersamaan dgn anjignya sangat minim disarankan mencari anjing lain sbg kwn anjing tsb (tp diperhatikan dari karakter anjing yg bersangkutan tsb)

U menentukan ras anjing yg akn dipilih sebaiknya dikonsultsikan sesuai kebutuhan! Tipe anjing besar tentunya harus di sesuaikan dgn halaman tmpt anjing beraktifitas!

Walaupun anjing secara naluri cepat menyesuaikan diri nya dgn kondisi dan situasi yg ada jg masalah karakter bisa dibentuk sesuai ownernya!
tapi u Ukuran dan Struktur tulang! tingkat ke aktifan adalah warisan gen yg sulit dipastikan!
Last Edited : 07 Mar 2018 23:26:30

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.