Gangguan SMS masuk/terima. Komunikasi lbh lancar krm email ke anjingdijual@gmail.com
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
10 Oct 2013 07:54:05
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Kenapa Anjing Suka Memiringkan Kepalanya? Cari tahu yuk..

foto

Kebanyakan dari Anda mungkin pernah atau sering melihat tingkah anjing Anda yang memiringkan kepalanya ke samping. Dan tingkahnya itu tentu terlihat lucu dan bahkan terlalu cute untuk dilewatkan. Anda pasti penasaran kira-kira apa yah alasan anjing melakukannya? Meskipun tidak semua anjing melakukannya, tetapi anjing yang melakukan ini memiliki alasannya sendiri:

Keseimbangan yang buruk
Sorry to say, tapi ada salah satu alasan kesehatan yang mendasarinya. Anjing yang memiringkan kepalanya seringkali bisa juga disebabkan karena memiliki keseimbangan yang buruk dan ia sedang berusaha untuk menyeimbangkannya. Sistem vestibular anjing Anda yang terletak di dalam telinga berfungsi penting dalam mengontrol keseimbangan dan menyesuaikan posisi postur tubuh. Penyakit vestibular, yang dapat disebabkan oleh kondisi seperti cedera, kekurangan gizi, parasit atau lainnya, dapat menganggu sistem vestibular. Anjing yang mengalami masalah keseimbangan akan memiringkan kepalanya untuk mencoba menyeimbangkan. Gejala lain yang muncul termasuk sering jatuh, mual dan koordinasi yang buruk. Jika anjing Anda terlihat seperti ini, segera hubungi dokter hewan.

Mencoba untuk mendengar lebih baik
Anjing Anda mungkin memiringkan kepalanya ketika Anda berbicara kepadanya atau mendengar suara yang menarik baginya, sebagai cara untuk mencoba mendengar suara lebih jelas. Anda mungkin akan menyadari bahwa anjing Anda akan memiringkan kepalanya lebih sering saat Anda berbicara di depannya dibandingkan saat Anda berbicara disampingnya, hal itu karena suara tidak langsung masuk ke telinganya sehingga ia harus memiringkan dan memutar kepalanya sebagai cara untuk menyalurkan suara ke telinganya (mungkin terdengar konyol, namun memang itu yang terjadi).

foto
Bentuk dan posisi telinga anjing akan mempengaruhi bagaimana anjing menerima suara dan seberapa sering ia memiringkan kepalanya. Anjing Herder dengan telinga terbuka mungkin mendengar suara lebih baik dari depan dibandingkan cocker spaniel yang mungkin mendengar lebih baik dari samping. Anjing dengan telinga panjang menjulai ke bawah akan terlihat lebih sering memiringkan kepalanya dibandingkan anjing dengan telinga terbuka.

Untuk membalas komunikasi
Anjing tidak hanya berkomunikasi dengan mendengarkan saja, tetapi mereka juga adalah visual komunikator yang mengandalkan bahasa tubuh. Bahkan, mereka banyak berkomunikasi dengan menggunakan bahasa tubuhnya. Otak yang mengontrol mendengarkan suara juga mengontrol gerakan kepala dan wajah. Ini berarti, saat anjing Anda mendengarkan sesuatu, seperti saat Anda bertanya atau berbicara kepadanya, ia akan menggerakkan otot wajah dan kepalanya untuk "menjawab/membalas berbicara" dan menunjukkan kepada Anda reaksinya.

Perilaku yang dipelajari
Banyak anjing yang belajar bahwa memiringkan kepalanya ke samping akan membuatnya mendapatkan reward/hadiah. Apa reward itu?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa tingkah mereka memiringkan kepala tentu membuat kebanyakan pemilik merasa tingkahnya sangat lucu dan disukai. Tanggapan langsung Anda seperti "ih lucu bgt!" disertai dengan banyak belain dan suara yang menyenangkan. Ini adalah reward bagi anjing Anda, dan mereka belajar bahwa memiringkan kepalanya akan membuat mereka mendapatkan banyak perhatian dari Anda.

Jadi, jika Anda pernah memberikan perhatian semacam ini setelah ia memiringkan kepalanya maka Anda baru saja memperkuat perilaku tersebut dengan positif reinforcement. And, you know what? anjing akan mengingat ini dan mungkin akan lebih sering melakukannya, bukan untuk bisa mendengarkan lebih baik tapi untuk mendapatkan perhatian Anda.



Untuk melihat anjing jenis pug, bisa klik disini : http://anjingdijual.com/jual-anjing/pug

Sumber:
k9magazine.com
pets.thenest.com

Last Edited : 10 Oct 2013 10:19:15

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.