Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
07 Oct 2013 10:39:09
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Penting! Lakukan Pertolongan Pertama Ini Segera Setelah Digigit Anjing Rabies

"Penting mengenal rabies, jika digigit harus ada tindakan cepat seperti dicuci pakai detergen atau sabun selama 10 sampai 15 menit. Karena kalau sudah ada gejala rabies pada manusia maka akan meninggal," kata dr. Andi Muhardi, Direktur Pengendalian Penyakit Binatang di acara sarasehan SEHATi Bicara, di Hotel JW Marriot, Jalan Lingkar Mega Kuningan Kav. E12 No. 1/2, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (03/10/2013).

Andi juga menambahkan bahwa tindakan pertama ini sangat harus dilakukan untuk menurunkan tingkat kematian. Rabies adalah penyakit menular akut yang menyerang susunan saraf pusat dan dapat mengakibatkan kematian. Rabies disebabkan oleh virus dan dapat mengakibatkan kematian. Rabies disebabkan oleh virus yang menyerang binatang berdarah panas dan manusia.

foto

Virus penyebab rabies adalah virus lyssa dari golongan Rhabdovirus. Virus ini terdapat dalam air liur hewan penular rabies. Rabies ditularkan melalui gigitan, cakaran dan jilatan hewan yang menderita rabies, di mana virus rabies terdapat dalam air liur hewan.

"Virus rabies ini bentuknya seperti peluru tapi sangat kecil, dan dia itu diselimuti lapisan lemak. Jadi perlu sekali untuk dicuci pakai deterjen atau sabun agar lapisan lemak dan virusnya itu hilang," ujar Andi.

Andi juga menjelaskan bagaimana cara untuk membersihkan luka bekas gigitan anjing, pertama adalah dengan mencuci bekas luka dengan air mengalir dan deterjen atau sabun selama 10 sampai 15 menit.

foto

Setelah itu perlu diberikan betadine atau antiseptik lainnya, lalu lakukan penyuntikan vaksin anti rabies, dan jika diperlukan atau jarak luka gigitan dekat dengan otak, bisa diberikan serum anti rabies.

"Perlu diperhatikan juga jangan ditutup lukanya, ataupun dijahit. Kenapa? Karena virus itu hidup di ruang-ruang kosong dan tertutup. Jadi jangan dijahit. Kecuali jika diperlukan bisa diberi jahitan situasi," jelas Andi.

Andi menegaskan langkah pertama serta suntikan anti rabies setelah digigit sangatlah penting dan jangan sampai menunggu hingga timbul gejala. Karena jika sudah timbul gejala, penderita tidak akan selamat.

"Kalau sudah timbul gejala itu justru yang bahaya. Sudah pasti tidak akan selamat alias meninggal," ujar Andi.

Rabies, Penyakit Paling Mematikan Pada Anjing

Sumber:
health.detik.com/

Last Edited : 07 Oct 2013 10:46:01
15 Jan 2014 00:26:08
#2
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
rabies penyakit paling mematikan dari anjing ke manusia
Last Edited : 25 Jun 2014 13:24:45

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.