AnjingDijual.com
INFO: Sundul Iklan via SMS mengalami gangguan 2 minggu terakhir. Kendala Penerimaan SMS dari dan ke Nomor Tri <=> Telkomsel
Buat Thread Baru Kirim Komentar
04 Oct 2013 10:41:24
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Bagaimana Memilih Ukuran Collar yang Tepat Untuk Anjing Anda

foto

Ketika Anda hendak membeli collar baru untuk anjing kesayangan Anda tentu Anda harus tahu apa yang harus dicari. Kebanyakan orang fokus pada tipe collar atau warnanya, tetapi pertimbangan yang paling penting adalah memilih ukuran yang tepat. Anjing Anda harus memakai collar untuk identitas dan sangat berguna ketika dibawa jalan.

Kadang tidak mudah dalam memilih ukuran yang tepat. Jika terlalu besar bisa mudah copot, tetapi jika terlalu kecil bisa menyakiti anjing. Berikut adalah langkah yang paling penting dalam memilih ukuran yang tepat untuk collar anjing Anda.

Pertimbangkan Jenis Ras
Langkah pertama adalah mempertimbangkan jenis ras anjing Anda. Anda mungkin akan menemukan beberapa collar yang memiliki label yang merekomendasikan untuk jenis ras tertentu dan ini biasanya hanya ditentukan dalam variasi ukuran.

Ingatlah bahwa memilih collar berdasarkan jenis rasnya saja tidak cukup karena setiap anjing berbeda. Namun, Anda bisa menggunakan jenis collar tadi sebagai pedoman untuk mengetahui kisaran ukuran yang cocok dengan anjing Anda.

Mengukur Leher anjing
Jika Anda tidak bisa hanya mengandalkan dari jenis rasnya, lalu bagaimana untuk menemukan collar yang pas untuk anjing Anda? jawabannya sederhana yaitu dengan mengukurnya. Anda akan membutuhkan pita ukur kain untuk mengetahui lingkar leher mereka.

foto

Secara umum, untuk mendapatkan ukuran collar dari pengukuran ini, tambahkan 1 inci/2,5 cm untuk ras kecil (yang beratnya kurang dari 10 pound/4,5 kg), 2 inci/5 cm untuk ras medium-sized dan 3 inci/7,6 cm untuk ras besar (yang beratnya lebih dari 80 pound/36 kg). Penambahan ukuran ini untuk memastikan agar collar tidak akan terlalu ketat bagi anjing Anda, yang dapat menyebabkan rasa sakit atau cedera.

Video berikut ini dari San Fransisco SPCA menunjukkan tentang berbagai jenis collar dan bagaimana memakaikannya pada anjing:



Saat mengukur perhitungkan juga bulu pada anjing
Dengan hanya mengukur leher anjing Anda tidak cukup untuk mendapatkan collar yang pas, Anda juga perlu memperhitungkan panjang bulu saat mengukur.

Jika anjing Anda memiliki bulu panjang dan selalu rutin dipangkas bulunya, maka Anda harus mengukur anjing setelah dipangkas. Lalu bandingkan ukuran ini dengan ukuran saat anjing belum dipangkas (ingat tambahkan ekstra 1-3 inci/2,5-7,6cm)

lalu, ketika Anda mencari collar, cari model collar yang ukurannya bisa disesuaikan (adjustable collar) dan cocok dengan kedua ukuran tadi sehingga anjing Anda akan merasa nyaman entah sebelum atau sesudah dipangkas bulunya.

Apakah lebar collar juga penting?
Saat mencari collar, Anda akan melihat bahwa selain tersedia ukuran panjang yang berbeda, ada juga ukuran lebar yang berbeda. Pada umumnya, collar yang lebih lebar lebih menopang, membuatnya ideal untuk anjing kuat. Collar yang lebih lebar juga lebih nyaman karena mengurangi tekanan pada leher.

foto

Perlu diingat, bagaimanapun, collar yang lebih tebal akan lebih berat sehingga kurang cocok untuk ras kecil. Jika Anda tidak yakin tentang seberapa kuat anjing Anda, pilihan yang terbaik adalah collar dengan lebar standar 1,5 inchi/ 3,8 cm.

Anjing yang masih pertumbuhan
Jika Anda mencari collar untuk anak anjing yang masih pertumbuhan, sangat disarankan memilih adjustable collar. Pastikan memilih adjustable collar yang setelan ukuran paling kecilnya pas dengan lingkar leher anjing saat itu sehingga masih banyak sisa panjang untuk pertumbuhannya nanti. Dengan ini Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk collar dalam jangka panjang.

foto

Setelah Anda membeli collar tentunya Anda akan mencoba memakaikannya ke anjing Anda untuk memastikan apakah nyaman dan pas bagi anjing, tidak terlalu kendor atau terlalu ketat.

Aturan umumnya adalah saat memakaikan collar pada anjing, untuk ras kecil masih bisa dimasukan dengan satu jari Anda, untuk ras medium dua jari Anda, dan untuk ras besar tiga jari Anda. Yang terpenting adalah memastikan anjing Anda nyaman.


Sumber:
petsadviser.com

06 Oct 2013 16:27:36
#2
Avatar Olivia.Samsudin
Olivia.Samsudin
Total Post : 31
Aku punya anjing chow-chow, dah dikasih tali punggung sama collar tapi masih aja lepas, gimana ya caranya biar collar/ tali punggungnya gak gampang lepas?

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.