AnjingDijual.com
INFO: Sundul Iklan via SMS mengalami gangguan 2 minggu terakhir. Kendala Penerimaan SMS dari dan ke Nomor Tri <=> Telkomsel
Buat Thread Baru Kirim Komentar
03 Oct 2013 09:36:25
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Mau Tahu Alasan Mengapa Anjing Memiliki Satu Mata Berwarna Biru?

foto
Kebanyakan anjing memiliki warna mata yang sama di kedua matanya, tapi mungkin ada beberapa dari Anda yang memiliki anjing dengan warna mata yang berbeda antara yang satu dengan lainnya, satu coklat dan yang lainnya biru. Meskipun terlihat unik dan berbeda, namun dalam kebanyakan kasus warna biru pada satu mata tidak perlu dikhawatirkan. Memiliki dua warna mata yang berbeda malah membuat anjing Anda lebih menarik.

Heterochromia
Ketika seekor anjing memiliki dua warna mata yang berbeda, itu disebut heterochromia yang secara harafiah berarti dua warna yang berbeda. Hal ini bisa juga terjadi pada manusia, namun sangat jarang. Heterochromia lebih umum terjadi pada anjing, kucing dan kuda. Penyebaran melanin dalam iris menentukan warna mata. Lebih banyak melanin berarti warna mata akan lebih gelap, seperti coklat. Kekurangan melanin akan menghasilkan warna mata hijau atau biru. Saat kedua matanya memiliki jumlah melanin yang berbeda, mereka akan menjadi dua warna mata yang berbeda. Kombinasi yang paling umum termasuk coklat, biru dan putih.

foto
Penyebab
Heterochromia adalah kelainan bawaan/turunan. Ini berarti ia mendapat gen dari ayah dan ibunya. Beberapa penyakit atau cedera pada mata anjing juga bisa menyebabkan perubahan warna dan membuatnya memiliki dua warna mata berbeda. Jika ia memiliki dua warna mata berbeda sejak lahir, maka penyebabnya kemungkinan besar adalah genetik.

Jenis ras
Ada beberapa jenis ras yang sering ditemukan memiliki dua warna mata berbeda. Australian sheepdog, siberian husky, american foxhound, alaskan malamute dan shih tzu semua jenis ini cenderung memiliki satu mata biru. Bagi ras dalmatian, memiliki satu atau dua mata berwarna biru berkaitan dengan ketulian.

foto

Heterochromia dalam kebanyakan kasus tidak menjadi indikasi dari suatu penyakit. Namun, kadang heterochromia bisa juga menjadi hasil dari penyakit seperti glaukoma, karena itu jika anjing Anda memiliki kondisi ini disarankan memeriksakan matanya ke dokter hewan untuk mengetahui apakah kondisi ini disebabkan karena indikasi suatu penyakit atau hanya karena bawaan. Heterochromia dikaitkan juga dengan gangguan mata seperti katarak, retinal dysplasia atau saraf optik yang terbelakang. Saat diperiksakan, beritahu dokter hewan Anda apakah anjing Anda memiliki warna mata berbeda dari sejak kecil atau baru muncul. Dokter hewan juga perlu mengetahui apakah anjing Anda memiliki gejala lain, seperti bengkak atau kemerahan di matanya yang bisa mengindikasikan adanya gangguan lain.


Sumber:
dogcare.dailypuppy.com

Last Edited : 03 Oct 2013 09:38:22
25 Jan 2015 18:44:53
#2
Avatar IzzatulFatihahZulkiflee
IzzatulFatihahZulkiflee
Total Post : 2
Oh,saya ingat ke anjing atau kucing yang memiliki dua jenis mata yang berbeza akan mati.Rupanya salah sangka.
25 Jan 2015 18:47:31
#3
Avatar IzzatulFatihahZulkiflee
IzzatulFatihahZulkiflee
Total Post : 2
Kerana saya ternampak seekor kucing yang berbeza warna matanya di sebuah restoran
23 Mar 2015 18:11:38
#4
Avatar 016953
016953
Total Post : 6
Pitbull'ku flip-flop.. sad
Kata'ny gak boleh ya.. Pitbull flip-flop
13 Jul 2015 08:37:23
#5
Avatar gustumahafinger
gustumahafinger
Total Post : 2
Siberian husky saya matanya satu coklat satu biru,menjadi daya tarik sendiri sih dari lahir memang begitu.
13 Jul 2015 08:38:33
#6
Avatar gustumahafinger
gustumahafinger
Total Post : 2
Dan uniknya lagi ketika malam hari matanya terkena sinar akan berubah warna lagi menjadi orange/merah pada mata yang berwarna biru.
15 Jul 2015 21:39:14
#7
Avatar febriinnaa
febriinnaa
Total Post : 1
Anjing saya berubah warna dr hitam menjadi biru baru akhir2 ini it krn bawaan ato krn penyakit?
26 Aug 2015 18:45:46
#8
Avatar anjing-dijual507
anjing-dijual507
Total Post : 1
Kalau mata anjing saya seperti ini gimana? Matanya bawaan dari lahir. Karna kedua mata induknya biru semua

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.