AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
01 Oct 2013 11:52:12
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

5 Home Treatment Dengan Bahan Alami untuk Perawatan Bulu Anjing Anda

Berikut adalah 5 bahan alami yang dapat digunakan untuk home treatment kesehatan bulu anjing Anda yang tidak membahayakan bagi anjing Anda dan dapat digunakan untuk berbagai usia. Jika anjing Anda alergi terhadap salah satu atau beberapa bahan dibawah, mohon untuk tidak mencobanya.

1. Madu - untuk jenis bulu kering atau rusak karena sinar matahari

foto

Jika bulu anjing Anda terlihat kering, maka madu bisa membantu. Apapun alasannya, entah karena terlalu banyak terkena sinar matahari, terlalu sering kena udara panas hair dryer atau lainnya. 

Caranya: oleskan madu secukupnya ke bulu anjing yang sudah bersih dan sedikit basah, lalu pijat dan diamkan selama 20 menit. Anda juga bisa menambahkan sedikit minyak zaitun (olive oil) untuk mengencerkan madu agar lebih mudah diaplikasikan. Jika anjing Anda menjilat sedikit madu, tidak perlu khawatir. 

2. Air perasan lemon - untuk jenis bulu berketombe dan kulit kering gatal

foto

Untuk melawan kulit kering yang disebabkan oleh berbagai faktor pada anjing Anda, cobalah gunakan campuran air perasan lemon dan minyak zaitun untuk bulu dan kulit mereka. Tingkat keasaman dalam air perasan lemon membantu membersihkan serpihan kulit kering, sementara minyak zaitun membantu melembabkan kulit tubuh anjing Anda.

Caranya: campurkan dengan perbandingan jumlah yang sama air perasan lemon, minyak zaitun dan air. Pijat secara merata ke kulit dan bulu anjing. Diamkan kurang dari 10 menit. Perawatan ini hanya boleh dilakukan di dalam ruangan (jika terkena sinar matahari atau panas lampu, air lemon akan berinteraksi dengan pigmentasi bulu anjing). Jika sudah, bilas sampai bersih dan gunakan shampoo dengan memastikan sisa air lemon telah benar-benar hilang sebelum Anda memperbolehkan anjing Anda keluar ruangan. Sama seperti perawatan dengan madu, tidak menjadi masalah jika anjing Anda sampai menjilat campuran lemon tadi. Lagipula, mereka pasti tidak akan menyukai rasa lemon tsb setelah jilatan pertama atau kedua.

3. Tepung jagung (cornmeal atau cornstarch) - untuk jenis bulu dan telapak kaki berminyak, lembab atau kotor.

foto

Tepung jagung akan mengikat minyak atau kotoran, menempel bersamaan dan kemudian bisa disisir atau disikat keluar dari bulu anjing Anda. Perawatan ini bisa dilakukan sesering mungkin sesuai yang diperlukan dan tidak menimbulkan bahaya bagi anjing (kecuali jika anjing alergi terhadap jagung). 

Caranya: Tuangkan 1 sendok makan tepung jagung ke dalam tempat garam atau lada berbentuk shaker yang sudah kosong dan tidak digunakan, kemudian taburkan tepung jagung yang sudah dimasukkan ke shaker tadi ke bulu anjing (dalam kondisi kering) sampai habis. Setelah 10 menit, gunakan sisir atau sikat untuk menghilangkan tepung jagung dari bulu anjing Anda. 

4. Alpukat - untuk jenis bulu kusut/susah diatur

foto

Banyak dari Anda mungkin pernah mendengar bahwa alpukat merupakan racun bagi anjing. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Kerak lubang biji, biji, kulit serta daun alpukat memang beracun. Sedangkan daging buahnya sendiri tidak beracun dan bisa ditemukan sebagai bahan dalam beberapa dog food. Untuk perawatan ini, Anda hanya akan memakai daging buah dan membuang kerak lubang biji, biji, dan kulitnya dengan benar sehingga tidak ada kemungkinan untuk membahayakan anjing Anda. Kandungan minyak dan proteinnya merupakan kombinasi terbaik untuk menghaluskan dan melembutkan bulu yang kusut.

Caranya: haluskan alpukat dan pijatkan ke bulu yang sudah bersih dan basah. Diamkan 15 menit sebelum dibilas dengan air. Perawatan ini dapat dilakukan setiap 2 minggu sekali. 

5. Plain yogurt - untuk jenis bulu kusam

foto

Ada banyak hal yang dapat membuat bulu anjing menjadi kusam, seperti berenang di kolam renang atau berguling di lumpur. Plain yogurt bisa membantu menghilangkan kerusakan ini. Asam laktat didalam yogurt akan melepaskan kotoran sementara lemak susu melembabkan.

Caranya: Pijatkan plain yogurt ke bulu anjing yang basah dan diamkan selama 20 menit. Jika anjing Anda menjilat sedikit tidak akan berbahaya namun yogurt full fat dalam jumlah besar bisa menyebabkan gangguan perut karena cegah sebisa mungkin agar anjing Anda tidak menjilat. Bilas dengan air hangat, kemudian bersihkan dengan shampoo.


Sumber:
twolittlecavaliers.com

Last Edited : 01 Oct 2013 11:54:59
01 Oct 2013 12:09:32
#2
Avatar Regina-D'-Sweet
Regina-D'-Sweet
Total Post : 72
enak dibikin jus avocado aja...hehehe
mending pake shampoo yg ada aja...ga usa ribeeet

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.