Gangguan SMS masuk/terima khusus dr XL/Axis/Indosat, bs krm ke 0857-1718-1790
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
30 Sep 2013 12:43:50
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Jangan Anggap Remeh Kesehatan Gigi Anjing Anda! Mulailah dari Sekarang!

Menyikat gigi anjing Anda bukan hanya sekedar untuk mendapatkan nafas segar. Ini merupakan bagian penting dari perawatan mulut yang baik dan perawatan mulut yang baik sangat penting bagi keseluruhan kesehatan anjing Anda.

Meskipun sebagian besar orang tidak menyadarinya, periodontal atau penyakit gusi adalah masalah yang umum terjadi dan serius pada anjing. Pada titik tersebut, anjing Anda dapat mengalami sakit parah, kehilangan gigi, mengembangkan infeksi bakteri yang dapat menyebar melalui aliran darah ke ginjal, hati, jantung atau otak, dan membentuk abses gigi di mulut (Abses gigi adalah keadaan dimana terjadinya pengumpulan nanah dari sebuah gigi ke jaringan sekitarnya, biasanya berasal dari suatu infeksi). Penyakit periodontal adalah ireversibel, jadi sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulai perawatan oral secara rutin untuk anjing Anda. Pencegahan adalah kunci untuk membuatnya tetap sehat dan bahagia.

Berikut langkah-langkah bagi Anda yang baru memulai menyikat gigi anjing Anda:

Langkah 1: Cari waktu yang tepat

foto

Sikat gigi anjing Anda saat ia sedang tenang dan santai. Goal Anda: Menjadikannya sebagai rutinitas. Idealnya menyikat gigi setiap hari sama seperti Anda menyikat gigi Anda, namun jika jadwal Anda tidak memungkinkan dan gigi anjing tidak bermasalah, setidaknya lakukan 2-3 kali seminggu. Tanpa menyikat gigi akan menyebabkan terbentuk plak, dan membuat anjing Anda beresiko terhadap bau mulut, penyakit gusi dan kerusakan gigi. Hal ini juga bisa menyebabkan infeksi yang menyakitkan. Infeksi parah bisa menyebar dan menyebabkan kondisi yang mengancam jiwa.

Langkah 2: Menyiapkan perlengkapan sikat gigi

foto

Anda sebaiknya menggunakan sikat gigi yang dibuat khusus untuk anjing. Bulu sikatnya lebih lembut dan sudut khusus dibuat untuk mulut anjing. Finger toothbrush bisa bekerja dengan baik untuk anjing dibawah 13 kg. Untuk anjing lebih besar, pegangan sikat gigi yang lebih panjang bisa membuat Anda lebih mudah menjangkau. Pastikan juga menggunakan pasta gigi/odol khusus anjing. Odol ini memiliki rasa yang disukai anjing seperti rasa ayam atau selai kacang. Jangan pernah gunakan pasta gigi manusia karena mengandung bahan-bahan yang mungkin bisa melukai perut anjing.

Langkah 3: Cari posisi yang tepat

foto

Pastikan Anda berada pada spot dimana anjing Anda merasa nyaman. Jangan berdiri diatas anjing Anda, menahannya dibawah, atau mengambil posisi yang membuatnya takut. Sebaliknya, cobalah berlutut atau duduk di depannya atau disampingnya. Lihat apakah ia tampak cemas, takut atau marah saat Anda mencoba menyikat giginya, jika iya maka berhenti, dan coba lagi nanti. Anda mungkin perlu belajar dari waktu ke waktu untuk menguasai setiap sela bagaimana sampai akhirnya anjing Anda merasa nyaman dan mau disikat giginya.

Langkah 4: Buat anjing terbiasa disentuh mulutnya

foto

Tes kesediaan anjing untuk Anda sentuh mulutnya dengan menggosokkan jari Anda di sepanjang gusi dan gigi atas. Ini akan membantunya terbiasa dengan sentuhan tersebut. Gunakan tekanan yang ringan. Anda mungkin harus membuatnya terbiasa dan nyaman dahulu dengan ini selama beberapa sesi sebelum melangkah ke tahap berikutnya.

Langkah 5: Tes pasta gigi

foto

Taruh sedikit pasta gigi di ujung jari Anda. Biarkan anjing Anda menjilat pasta gigi dari jari Anda sehingga ia bisa terbiasa dengan tekstur dan rasanya. Jika selama beberapa hari, ia menolak untuk menjilat pasta gigi tsb setelah jilatan pertamanya, maka coba rasa lain. Semoga Anda menemukan pasta gigi yang disukainya dan dianggapnya sebagai treat.

Langkah 6: Mulai menggunakan sikat gigi

foto

Setelah anjing sudah terbiasa dengan Anda membuka dan menyentuh mulutnya, mulai gunakan pasta gigi dan sikat gigi bersamaan. Angkat bibir atasnya. Saat Anda mendekatkan sikat giginya, posisikan sudut bulu sikatnya sehingga dapat menggapai garis gusinya. Menempatkannya dengan sudut 45 derajat di gigi akan membantu bulu sikat memijat garis gusi dan membersihkan plak.

Langkah 7: Gunakan gerakan melingkar

foto

Menyikat dengan gerakan melingkar kecil, mengenai setiap sisi gigi bagian atas dan bawah. Ketika Anda menggerakan bulu sikat di sepanjang garis gusi, sedikit pendarahan ringan mungkin terjadi. Jika terjadi pendarahan ringan masih OK. Namun jika pendarahan terus berlangsung atau banyak maka berarti Anda menyikat terlalu kasar atau mungkin tanda adanya penyakit gusi. Konsultasikan dengan dokter hewan untuk hal ini.


Langkah 8: Fokus pada plak

foto

Awal-awal cukup sikat beberapa gigi, kemudian secara bertahap mulai menambah jumlah gigi yang disikat sampai akhirnya bisa menyikat semua bagian giginya. Waktu menyikat gigi total 2 menit. Jika anjing Anda menolak pada awalnya, coba untuk menyikat bagian luar gigi taring dan gigi bagian belakang, karena plak cenderung mengumpul di bagian tsb. Jika Anda bisa meraih bagian dalam, Bagus!. Namun jika Anda belum bisa meraihnya, tidak usah stres. Lidah bagian kasarnya membantu menjaga area tersebut bersih.

Langkah 9: Jaga mood anjing

foto

Jaga mood anjing tetap baik selama Anda sedang menyikat gigi anjing Anda. Berikan pujian dan belaian.


Langkah 10: Selalu akhiri dengan pengalaman positif

foto

Saat Anda selesai menyikat gigi anjing Anda, berikan reward dengan treat kesukaannya atau perhatian ekstra. Selalu selesaikan saat dalam suasana mood yang baik. Juga ingat bahwa perawatan gigi yang baik tidak hanya dengan menyikat gigi, namun disertai dengan memberikan snack kunyah tertentu juga dapat membantu melawan penumpukan plak.


Sumber:
pets.webmd.com

Last Edited : 30 Sep 2013 13:06:40
30 Sep 2013 19:46:34
#2
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 443
Buat tambahan, tulang juga ampuh dan sangat efektif untuk membersihkan gigi anjing. Ada juga mainan yg emang untuk digigit2 yg fungsinya untuk membersihkan gigi.
01 Oct 2013 11:55:15
#3
Avatar Liany.Hermawaty
Liany.Hermawaty
Total Post : 46
apakah anjing ras kecil juga perlu di sikat gigi nya ?
01 Oct 2013 12:08:35
#4
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842
ya, tentu saja..
01 Oct 2013 14:32:36
#5
Avatar Liany.Hermawaty
Liany.Hermawaty
Total Post : 46
trus kalo si dogi selalu kita berikan mainan kunyah dan tulang, apakah itu sudah cukup untuk membersihkan giginya ? atau masih perlu di sikat juga ?
si dogi sebal kalo kita pegang2 mulutnya, hehe.... (mungkin dia kesal krn saya selalu memaksa membuka mulutnya untuk mengeluarkan tisu / kertas yg lagi dikunyah) x_x
01 Oct 2013 15:54:42
#6
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842
Tetap akan lebih baik jika bisa disikat karena mainan kunyah dan tulang tentu tidak membersihkan secara menyeluruh. Dan, plak yang menumpuk atau karang gigi tidak mudah untuk dihilangkan. Contohnya saja spt kita setiap hari sikat gigi juga tidak bisa bersih sepenuhnya dari karang gigi sehingga hrs ke dokter gigi utk membersihkannya (bayangkan kalo ga disikat sama sekali smile).

Faktanya memang ada sebagian anjing yang membutuhkan perawatan lebih daripada yang lain. Entah itu karena gen mereka, diet, kebiasaan mengunyah, dan / atau komposisi kimia dari air liur mereka , sebagian anjing mungkin memiliki gigi putih bersih dan gusi yang sehat padahal mungkin tidak pernah dibersihkan oleh pemiliknya. Sedangkan sebagian lainnya memiliki gigi yang mudah terbentuk karang gigi.

Nah, Jika gigi anjing kamu bebas dari plak atau karang gigi, dan gusi yang sehat bebas dari tanda-tanda peradangan, maka kamu termasuk salah satu pemilik yang beruntung. Namun jika sebaliknya, kamu harus teratur membersihkannya dan periksakan ke vet jika diperlukan.

Untuk kasus kamu, coba dulu usahakan untuk membujuk anjing kamu dengan trik2 artikel diatas. Pasti tidak mudah memang apalagi dogi kamu sudah mengaitkan saat disentuh mulutnya= pengalaman tidak enak (karena dipaksa spt kamu blg tadi).

Jika memang sudah mentok tidak juga bisa, at least mainan kunyah dan tulang sedikit membantu daripada tidak sama sekali dan idealnya konsultasikan ke vet apakah giginya termasuk yang bermasalah atau tidak.

semoga membantu yah smile
01 Oct 2013 16:24:13
#7
Avatar Liany.Hermawaty
Liany.Hermawaty
Total Post : 46
terima kasih banyak atas masukannya smile
GBU
08 Oct 2013 16:58:44
#8
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 443
Tapi walau kitapun yg sikat gigi sehari 2x, kadang plak masih terbentuk, terutama dibagian2 gigi yg susah dijangkau sikat. Apalagi anjing yg paling kita gosok giginya seminggu 2x. Dogfood juga menyebabkan terjadinya plak, karena kandungan "tepung"nya yg menempel digigi dan tinggal disitu, makanan lunak seperti nasi, bubur, kentang dll juga menyebabkan terjadinya plak, karena cederung menempel di antara gigi dan gusi. Tapi jangan kuatir, setelah plak mulai kita pikir banyak, kita bisa ke vet untuk membersihkannya secara menyeluruh, pilihlah vet yg benar2 ahli untuk ini, karena anjing harus dibius total, dan biayanya cukup lumayan.

Sharing: Ketika anjing2 aku makannya daging bertulang mentah), sayur, buah gitu selama satu tahun giginya benar2 bersih, tanpa pernah sikat gigi, meski tetap ada plak, tp sedikit sekali. Ketika aku mulai memutuskan mengganti makanan pokoknya dengan dogFood kering, plak lebih cepat terbentuk, meski aku menyikatnya seminggu sekali (sebaiknya 2 sd 3x seminggu sih seperti yg dipost Nikita tongue) dan memberinya tulang mentah besar untuk gigit2an seminggu sekali. Jadi aku menarik kesimpulan, pola makanan juga berpengaruh besar terhadap cepat atau lambatnya plak terbentuk.
Last Edited : 08 Oct 2013 16:59:06
08 Oct 2013 17:26:50
#9
Avatar bboygalactic
bboygalactic
Total Post : 3
kalau pake sikat gigi anak kecil yang bisa dimakan gpp?
08 Oct 2013 18:53:57
#10
Avatar Dogslvr
Dogslvr
Total Post : 22
Dimana beli pasta gigi khusus anjing?



Terima kasih
Last Edited : 08 Oct 2013 18:55:40
16 Oct 2013 11:51:25
#11
Avatar ichito
ichito
Total Post : 103
Sendal jepit juga oke buat sikat gigi anjing hehehehe.... pitbulku giginya bersih krn sendal jepit mungkin krn karetnya seperti menyikat gigi hehehehe....
28 Feb 2014 21:50:07
#12
Avatar Michelle.Hoe
Michelle.Hoe
Total Post : 28
Odol manusia punya xylitol, yang racun buat anjing

Formula odol anjing rumahan:
Baking soda + minyak sayur = sampe kayak odol

Formula odol manusia rumahan:
sama kayak anjing + Xylitol

Cari aja di youtube

Gue pernah coba dulu, jadi aman, tapi ngak tau apa beneran bisa hancurin plak
Soalnya dulu, gue punya masalah sama anjing gue karena gosok gigi

Punya tips lain gak selain sikat gigi?
03 Mar 2014 20:20:38
#13
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
terus terang aku serem gosokin gigi, kalo mandi aja anjingku gak bisa diam, nanti gak sengaja kena gusi malah lebih parah. tp anjingku udah umur setahun giginya putih dan napasnya gak bau smile Biasanya kalo bau itu krn ada kuman. Apa krn dia mungkin gak sering di kasih makan raw foot yah? kalo leopard di hutan gak pernah sikat gigi tuh smile, yah ikutin aturan alam aja, anjingku suka buka mulut nyeringai, napasnya gak bau, kalo udah bau aku konsul ke dokter. Anjing beda lha sama manusia, Jaman sekarang kesannya mau memanusiakan anjing lol. Sejak jaman dulu mereka di design untuk hidup tanpa gosok gigi. anjingar karnivora, dan ada alasan mereka suka menguyah2 daun tanaman tertentu untuk bersihin giginya. Kalo carnivora khan makan daging, beda sama herbivora (manusia termasuk, berdasar bentuk ususnya yang panjang, seperti herb), jadi makanan jarang ke selip di gigi, yah itu sih yg aku tahu so far smile cm sharing
04 Dec 2014 13:50:13
#14
Avatar Rocky.Budiman
Rocky.Budiman
Total Post : 2
Guys... mau tanya ... odolnya pake apa yah

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.