Gangguan SMS masuk/terima. Komunikasi lbh lancar krm email ke anjingdijual@gmail.com
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
27 Sep 2013 11:37:08
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Bisakah Manusia Terinfeksi Cacing dari Anjing?

Banyak pemilik anjing yang menanyakan, "Bisakah manusia terinfeksi cacing dari anjing mereka" dan jawabannya adalah YA, kita sangat bisa terinfeksi cacing/parasit usus dari anjing kita.

Pada artikel ini kita akan melihat 3 cacing/parasit umum: roundworms, hookworms, dan tapeworms.

Roundworm (cacing gelang)
Telur cacing gelang paling sering ditularkan oleh anjing yang terinfeksi (atau, paling umum anak anjing). Jika dia menjilati pantatnya dan kemudian menjilati Anda, maka kontaminasi dimulai. Saat Anda menyentuh mulut Anda, maka Anda membuat telur-telur yang tidak terlihat oleh mata Anda masuk ke dalam tubuh Anda. Anda atau anak Anda juga bisa terinfeksi dari poop/kotoran anjing yang terinfeksi. Begitu telur-telur tsb masuk, mereka akan membuat jalan masuk ke dalam usus Anda dan tumbuh.

foto

Kadang-kadang, cacing-cacing tsb akan membentuk bola dalam tubuh dan menyebabkan penyumbatan usus. Ini adalah saat dimana cacing roundworm (toxocara canis) berhenti menjadi masalah kecil dan mulai menjadi masalah besar. Biasanya, orang akan menyadari saat melihat cacing panjang seperti spaghetti dalam poop/kotoran mereka.

Dokter Anda akan meresepkan obat untuk roundworm untuk menyembuhkannya. Jika cacing-cacing tersebut sudah berbentuk bola dan membuat penyumbatan, maka operasi seringkali diperlukan untuk membuka penyumbatan dan menghilangkan cacing-cacing. Pengobatan oral diperlukan untuk operasi itu.

Hookworm (cacing tambang)
foto

Hookworm masuk ke dalam tubuh manusia biasanya melalui kulit. Kebanyakan, penularan terjadi dari orang yang berjalan dengan kaki telanjang melewati tanah yang terkontaminasi. Akan muncul ruam dan rasa gatal di area tempat cacing masuk. Orang yang terinfeksi akan mengalami diare, penurunan berat badan dan anemia. Cacing tambang tidak bisa dianggap enteng. Orang bisa meninggal karena infeksi cacing tambang yang tidak diobati. Jika Anda curiga adanya infeksi cacing usus, segera mencari bantuan medis untuk pengobatannya.

Tapeworm (cacing pita)
foto

Bertanya-tanya apakah kita bisa terinfeksi cacing pita dari anjing? jawabannya sekali lagi, ya. Hal ini sangat jarang terjadi, tetapi transmisi cacing pita (Dipylidium caninum tapeworm) bisa terjadi jika Anda menelan kutu yang terinfeksi (cara yang persis sama bagaimana anjing peliharaan kita bisa terkena cacing pita).

Sanitasi yang baik akan membantu mengurangi resiko Anda terinfeksi cacing dari anjing. Jangan berjalan tanpa alas kaki diarea anjing Anda poop. Cuci tangan Anda setelah mengelus anjing Anda yang telah didiagnosis terinfeksi cacing. Jangan pernah biarkan anak anjing yang terinfeksi cacing tidur dengan Anda. Telur cacing bisa masuk ke tempat tidur dan menyerang tubuh Anda.

Jadi, bisakah manusia terinfeksi cacing dari anjing? Tentu saja bisa. Apakah bisa disembuhkan? bisa, pengobatannya biasanya sederhana. Bisakah infeksi cacing yang didapatkan dari anjing berakibat fatal? Ya. Jika Anda menduga bahwa Anda terkena infeksi cacing, cari bantuan medis segera.




Sumber:
petsadviser.com

Last Edited : 27 Sep 2013 11:49:20
29 Sep 2013 19:26:12
#2
Avatar Rienu.Retang
Rienu.Retang
Total Post : 15
Jika kita menyayangi piaraan kita,kita memang harus rutin berjadwal dlm pemberian obat cacing.....
30 Sep 2013 07:49:27
#3
Avatar ho_Li
ho_Li
Total Post : 24
di kasih combantrine bisa gak?
30 Sep 2013 19:52:59
#4
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 443
Combatrin bisa dipakai untuk anjing yg masih menyusui, karena praktis mereka hanya mendapat warisan telur cacing Ascaris dari induk, melaui plasenta ketika masih dlm kandungan dan air susu induknya. Setelah mereka mulai dewasa, karena mulai makan macem2, berkeliaran, jilat sana sini, kunyah ini itu, cacing yg masuk lebih macam2 jenisnya. Butuh obat cacing dengan spektrum yg lebih luas, salah satu contohnya adalah Drontal.

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.