Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
14 Sep 2013 10:37:06
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Tips memilih Anjing Terbaik untuk anak Anda (dari Cesar Milan)

Memilih anjing terbaik untuk anak-anak adalah keputusan yang bersifat sangat personal, tergantung dari gaya hidup keluarga, tempramen dan budget. Seekor anjing harus sesuai dengan keluarga Anda agar menciptakan rasa nyaman untuk semua anggota keluarga. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan yang bisa membantu Anda dalam memilih anjing yang tepat untuk anak Anda.


foto


Gaya Hidup
Semua anjing suka kegiatan fisik dan sangat menikmati suasana outdoor/diluar rumah, karena itulah keluarga Anda harus bisa memberikan sejumlah waktu lebih untuk kegiatan fisik seperti bermain untuk jenis anjing tertentu.

foto
Meskipun banyak anak-anak yang mengatakan bahwa mereka suka anjing yang aktif secara fisik seperti Dalmatians, faktanya mereka memang benar-benar membutuhkan setidaknya satu jam setiap hari untuk latihan fisik/bermain. Anak yang senang terlibat dalam kegiatan olahraga dan outdoor, akan menyukai anjing yang aktif, namun jika mereka lebih suka di rumah maka mereka harus memilih anjing yang memiliki temperamen yang sama.

Situasi tempat tinggal
Jenis anjing yang Anda pilih, sebagian besar tergantung kondisi dan situasi tempat tinggal Anda sekarang. Ukuran anjing yang besar seperti Labrador Retriever, Herder dan Saint Bernard lebih cocok untuk orang yang memiliki rumah dengan ukuran yang besar atau paling tidak memiliki halaman yang cukup, agar mereka bisa leluasa bermain dan melakukan aktivitas fisik lainnya. Idealnya, ukuran anjing yang besar harus tinggal di komunitas/tetangga yang menyukai hewan serta dimungkinkan terdapatnya area taman dan ruang terbuka.

foto
Orang yang tinggal di apartemen atau di daerah perkotaan, sangat di sarankan untuk memilih anjing dengan ukuran yang lebih kecil, seperti Welsh Corgi atau Beagle, karena mereka lebih bisa beradaptasi dengan tinggal di dalam rumah. Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah cuaca tempat tinggal, karena beberapa anjing lebih cocok untuk cuaca dingin atau sebaliknya cuaca hangat. Jenis anjing seperti Pug dan Bulldog cenderung memiliki masalah pernapasan jika cuaca terlalu panas.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli anjing adalah, apakah ada anggota keluarga yang memiliki alergi. Ada anjing yang bisa memicu alergi, tapi beberapa jenis anjing berikut seperti Maltese, Portuguese water dog atau Shih Tzu yang lebih mudah untuk diatasi oleh orang-orang yang memiliki alergi. Konsultasikan dengan dokter hewan terlebih dahulu sebelum memilih jenis anjing, jika anak Anda memiliki alergi.

Grooming dan Perawatan
Semua anjing memerlukan perawatan serta grooming dasar/basic, namun ada beberapa jenis anjing yang memerlukan perawatan yang lebih dari biasa serta grooming yang lebih sering. Anjing yang memiliki bulu yang panjang dan ikal, akan memerlukan grooming lebih sering.

foto
Alangkah baiknya, tetap memilih anjing dengan bulu yang pendek dan memerlukan sedikit perawatan dan grooming.

Kemampuan Finansial
Biaya memelihara seekor anjing akan lebih besar daripada saat Anda membeli anjing tersebut. Anda harus menghitung, berapa uang yang akan Anda keluarkan untuk anjing setiap bulannya. Anjing dengan ukuran besar akan membutuhkan biaya yang lebih besar, karena porsi makannya yang lebih banyak. Dan biasanya, memelihara anjing besar tidak diperbolehkan di apartemen. Jenis anjing yang berasal dari ras murni biasanya memiliki kecendrungan genetik terhadap masalah kesehatan, karena sudah turun-temurun manusia merangkumkan masalah-masalah yang sering timbul pada jenis anjing ras murni. Contohnya anjing besar seperti Golden Retriever dan Labrador Retriever, yang terkenal sering memiliki masalah Hip Dysplasia pada usia dewasa.

foto

Jangan lupa juga untuk menghitung total keseluruhan yaitu biaya grooming, kesehatan dan makanan.

Temperamen
Anjing yang dipilih harus paling tidak memiliki temperamen yang sama dengan temperamen keluarga Anda. Anak yang suka bermain dan berteman akan lebih cocok dengan anjing yang cenderung ramah dan mudah untuk di dekati. Untuk memilih anjing yang tepat, bisa dengan melihat dan menemui anjing secara langsung, disanalah Anda dan keluarga bisa merasakan kecocokan dengan anjing yang dipilih atau tidak.

Memilih anjing, khususnya untuk anak-anak, tidak bisa Anda putuskan sendiri, namun juga keputusan berdasarkan masukkan/keinginan dari anak Anda. Tidak perlu terburu-buru, diskusikan juga dengan seluruh anggota keluarga, jenis anjing apa yang akan dipilih serta tanggung jawab dan komitmen sebesar apa yang bisa dilakukan jika nanti memelihara anjing.

Semoga hal di atas paling tidak, sedikit banyak dapat membantu Anda dan keluarga dalam memutuskan memilih anjing yang tepat. Happy hunting!

foto
Disadur dari :
CesarsWay.com

Gambar dari berbagai sumber.

Last Edited : 14 Sep 2013 11:06:46
22 Sep 2013 15:20:03
#2
Avatar Rachael1932003
Rachael1932003
Total Post : 28
Informasinya sangat membantu! Terima kasih ya!

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.