Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
07 Sep 2012 11:04:28
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Penelitian menunjukkan anjing mungkin dapat merasakan kesedihan manusia

Anjing tidak hanya dikenal sebagai hewan peliharaan paling setia. Penelitian terbaru menunjukkan hewan dengan penciuman tajam ini juga mampu merespons sisi emosional majikannya, seperti saat majikannya sedih. Namun masih belum jelas benar apakah anjing memiliki rasa empati terhadap rasa sakit yang diderita manusia.

foto
Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan 30 Mei 2012 di jurnal Animal Cognition, para peneliti dari University of London, Inggris, menemukan anjing lebih mungkin mendekati orang menangis daripada seseorang yang bersenandung atau berbicara. Anjing biasanya merespons dengan menunjukkan perilaku lebih patuh kepada orang yang menangis.

Psikolog sekaligus peneliti Deborah Custance mengatakan bersenandung adalah aktivitas manusia yang relatif baru dikenali oleh anjing, sehingga sering memicu rasa ingin tahu mereka."Tapi fakta anjing-anjing mampu membedakan antara menangis dan bersenandung menunjukkan bahwa tanggapan mereka terhadap menangis tidak murni didorong oleh rasa ingin tahu," kata Custance. Sebaliknya, kata Custance, manusia yang menangis memancing rasa emosional lebih tinggi bagi anjing dan memicu mereka merespons lebih kuat dibanding sewaktu melihat manusia bersenandung atau berbicara.

foto
Dalam penelitiannya, Custance bersama koleganya, Jennifer Mayer, melakukan sejumlah percobaan sederhana. Mereka menggunakan 18 anjing peliharaan berikut pemiliknya untuk menguji apakah anjing akan merespons tangisan dengan perilaku empatik. Anjing-anjing yang digunakan berasal dari berbagai jenis, mulai dari mutts, Labrador retriever, golden retriever, dan jenis lainnya.

Percobaan berlangsung di ruang keluarga setiap pemilik anjing. Mayer terlibat langsung dalam penelitian. Ia mendatangi setiap rumah pemilik anjing dan mengabaikan keberadaan anjing, sehingga tidak terlalu menarik perhatian. Mayer lalu ngobrol dengan pemilik anjing, pura-pura saling menangis dan bersenandung.

Dari 18 anjing dalam penelitian ini, 15 di antaranya mendekati pemiliknya atau Mayer selama keduanya berpura-pura saling menangis. Sementara hanya enam anjing mendekati keduanya sewaktu bersenandung. Temuan ini menunjukkan anjing mendekat berdasarkan konten emosional, bukan rasa ingin tahu. Selain itu, anjing selalu mendekati orang yang menangis, tidak pernah mendekati orang yang tenang.

foto
Dari 15 anjing yang mendekati pemilik atau orang asing menangis, 13 di antaranya melakukannya dengan bahasa tubuh patuh, seperti ekor terselip dan kepala tertunduk. Namun, tetap saja para peneliti tidak dapat memperkirakan apa yang ada di benak anjing-anjing tersebut. Custance dan Mayer menduga ada kemungkinan anjing mempelajari perilaku "peduli" ini karena pemiliknya memberi mereka kasih sayang sejak awal dipelihara.

"Anjing-anjing mendekati siapa pun yang menangis terlepas dari identitas orang itu. Anjing-anjing terbukti menanggapi emosi seseorang, bukan kebutuhan mereka sendiri yang seakan menandakan rasa empatik kepada seseorang," kata Mayer.

Manusia telah menjadikan anjing sebagai hewan peliharaan sejak 15 ribu tahun lalu. Sejak itu banyak kisah tentang kesetiaan anjing menemani majikannya melewati masa sulit. Dari berbagai penelitian diketahui anjing adalah jenis hewan yang ahli berkomunikasi dengan manusia. Namun para ilmuwan belum mampu menunjukkan secara meyakinkan bahwa anjing bisa merasakan empati atau benar-benar memahami penderitaan manusia.

"Kami tidak dapat mengklaim penelitian ini memberikan jawaban pasti atas pertanyaan tentang empati pada anjing," kata Mayer dan Custance. Namun, kata mereka, percobaan ini membuka pintu bagi penelitian lain tentang kehidupan emosional anjing. Misalnya, apakah jenis anjing yang berbeda akan merespons emosi pemiliknya secara berbeda, atau apakah anjing memahami perbedaan antara tawa dan air mata.


Sumber :
Tempo.co

Last Edited : 07 Sep 2012 11:11:13
26 Apr 2013 19:57:19
#2
Avatar 223febby_bruno
223febby_bruno
Total Post : 19
Setelah membaca ini saya langsung membuktikan dan hasilnya... jengjrenggggggggggg........anjing saya langsung peduli sama saya dari pada kakak saya yg lagi bersenandung...muka anjing saya lucu banget kaya yg perhatian/Care







#NICE POST NIKITA:-)
01 May 2013 08:24:14
#3
Avatar ClayelleaYama2222
ClayelleaYama2222
Total Post : 23
anjing malah lari dan takut bukannya carecwygetlost
03 Aug 2013 12:09:33
#4
Avatar RickZVonZ
RickZVonZ
Total Post : 10
heart Bener bangett..

2minggu yg lalu salah seekor kelinci kesayanganku matisad, anjingku berusaha menghiburku gt.. dia caper lewat di depanku yg lg menangis..sesekali dia tungguin duduk di depanku, melihat wajahku yg sedang menangis..
Lucunya dia sambil menggelayutkan tangannya (mentoel) ke tanganku seolah2 menghiburnya mengajak bermain dan bahasa dari matanya seperti dia ngajak untuk aku berhenti menangis & semangat kembali hehehehe..
05 Oct 2013 09:32:13
#5
Avatar merry.yohana.3
merry.yohana.3
Total Post : 14
hahaha sama kaya sih felix di rumah, wkt almarhum cici meninggal felix mukanya ikut sedih krn ngeliat saya menangis, disuruh kesana gak mau nempel dikaki mulu*hug felix
19 May 2014 14:29:29
#6
Avatar dias.agungperasetyo
dias.agungperasetyo
Total Post : 1
Waktu aku lagi sakit,anjingku malah lari-lari terus seolah mengajakku bermain.Yang jadi bukannya sembuh malah tambah parah sakitku...


hiks_hiks_hiks_


*Ho Liang*

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.