INFO Komunikasi Lebih Lancar & Pasti Sampai via Email ke AnjingDijual@gmail.com (Prioritas, dibalas lebih cepat!)
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
29 Aug 2013 16:52:27
#1
Avatar yan_dedy
yan_dedy
Total Post : 30

Transisi dari nasi ke DF = Gak nafsu makan

Dear sobat,

Saya punya Labrador umur 4 bulan, saat ini sedang masa transisi pindah makanan dari nasi+rebusan kepala ayam ke Dog Food merk NS.
Seperti yang saya baca sebaiknya proses transisi dilakukan secara bertahap dengan mencampur makanan lama dan DF dengan porsi tertentu.
Saya sudah melakukan itu beberapa hari dan doggienya selalu menghabiskan makanan.
Setelah itu saya ganti 100% ke DF.
Masalahnya adalah saat diganti full ke DF, doggienya nampakg gak nafsu makan gitu.
Biasanya makanan baru ditaruh langsung dilahap rakus dan habis.
Sekarang baru ditaruh, DF nya cuman diendus2x, beberapa saat krmudian baru dimakan, itupun dicicil beberapa kali makan, baru habis.
Apakah memang seperti itu prosesnya?
Kalau prosesnya memang seperti itu, apakah kelah makannya akan rakus kembali?

Terima kasih.

FYI: poopnya bagus dan so far gak ada alergi.

29 Aug 2013 18:16:41
#2
Avatar Hulk
Hulk
Total Post : 130
Pertanyaan seperti ini sebenernya ga perlu ditanyakan , asal kamu berpikir mengunakan logika

1. Apakah proses setiap anjing sama?
2. Kelak makan akan rakus kembali = apakah kita dapat melihat masa depan?
29 Aug 2013 18:28:31
#3
Avatar Zasky
Zasky
Total Post : 294
Memang begitu, seperti manusia, anjing juga punya sifat bosan, sepanjang hari - setiap hari makanannya itu - itu saja ( Mblenger - orang Jawa bilang ), anjing selera makannya tergantung indera penciumannya. Pengalaman saya : DF itu dibasahi dengan kaldu lalu diaduk sampai rata, maka DF itu langsung disantap, setelah beberapa hari kaldunya diganti aromanya,kalau nggak dia akan bosan lagi, setelah beberapa kali ganti, kembali ke kaldu semula. begitu kira - kira selamat mencoba.
29 Aug 2013 19:41:56
#4
Avatar yan_dedy
yan_dedy
Total Post : 30
Mr. Hulk:
1. Apakah proses setiap anjing sama? Justru karena proses yg selalu berbeda saya tanya ke sobat2x semua, mungkin bisa jadi referensi bagi saya.
2. Apakah kita dapat melihat masa depan? Peramal mungkjin bisa wink
29 Aug 2013 19:45:00
#5
Avatar yan_dedy
yan_dedy
Total Post : 30
Mr. Zasky:
Thanks masukkanya..
Kalo bosan menurut saya engga ya, karena baru 2 hari dikasi DF. Untuk masalah dikasi kaldu, takutnya nanti malah ketagihan dianya, maunya makan DF dicampur kaldu, sedangkan saya berencana full ke DF agar lebih simple.
Salam smile
29 Aug 2013 20:17:00
#6
Avatar Zasky
Zasky
Total Post : 294
Kalau diberi full DF, tetap dimakan tapi biasanya malas - malasan, tidak langsung habis. Untuk melatih disiplin, biasanya kita beri waktu tertentu, misal 1/2 jam. setelah itu habis atau tak habis makanan itu akan kita angkat. Kalau makannya sehari 2 kali, makan yang sore juga tidak akan dihabiskan. Nah kalau ini berulang terus lama kelamaan anjing itu akan bertambah kurus. Atau periksakan ke drh, cari akar permasalahannya.
29 Aug 2013 20:58:19
#7
Avatar Hulk
Hulk
Total Post : 130
Ayo siapa yg bisa meramal...apakah anjing ini nantinya makannya akan rakus kembali?
29 Aug 2013 20:58:56
#8
Avatar beta.christiani
beta.christiani
Total Post : 15
kl dogi saya dikasih full df ya suka males2an sih, lama baru dihabisin. diakalinnya gini, saya campur df nya sm sosis yg di potong2 kecil, pokoknya dogi saya lahap kl ada campuran makanan manusianya.kadang telor dadar goreng nggak pake garam, ati ayam ato sapi, nuget pun jadi asal di potong kecil2 trus campurin ke df nya. nggak tau bener apa salah ya cara saya?
29 Aug 2013 21:04:05
#9
Avatar Hulk
Hulk
Total Post : 130
@beta..cara kamu salah..sebab kamu menuruti kemauan si anjing, tidak berusaha untuk mendisiplinkan dia.
dgn cara seperti itu..makin lama anjingmu makin bertingkah.

ga mau makan..angkat piringnya, ajarkan dia menghargai makanan.
anjing puasa berhari2 ga akan mati..asal air minum selalu tersedia.
29 Aug 2013 21:24:52
#10
Avatar yan_dedy
yan_dedy
Total Post : 30
@Zasky: Nah itu dia yg saya takutkan kalo doggienya terus gak mau makan sad.. Kemarin sih pas pagi DFnya ditaruh cuman diendus2x diicip dikit doang, tapi pas sorenya (doggie makan 2 kali sehari pagi-sore) ternyata udah habis (doggienya diikat, dan makanannya sengaja saya tinggal dekat jangkauan dia). Menurut saya kayaknya apapun makannya kayaknya kalo doggie kelaperan, apapun juga akan dimakan (walo dicicil), semoga ke depannya makin rakus dan terbiasa.. Anyway thanks suggestionnya ya..
29 Aug 2013 21:28:33
#11
Avatar yan_dedy
yan_dedy
Total Post : 30
@beta.christiani: saya setuju dengan Hulk, keinginan anjing jangan selalu diturutin, nanti manja. Yang penting adalah terbiasa aja.. Gak tahu kalau case beta sudah lama atau engga, apakah pernah dicoba beberapa lama "dipaksa" makan DF saja? Habis ga? Tapi kalau sudah dicoba beberapa lama dan gak habis (atau gak mau makan sama sekali) mah itu yg perlu dicari solusinya.. Semoga hanya masalah kebiasaan yak, salam...
31 Aug 2013 09:38:05
#12
Avatar CWW_Ming
CWW_Ming
Total Post : 22
Teman2, saya angkat lagi diskusinya ya?
Begini, pom saya barusan dipacak minggu lalu. Nah sepulang dari dipacak, dia susah sekali makan pelet DF. Padahal sebelum masuk masa loop, makannya luar biasa lahap dan porsinya besar. Bahkan seringkali merebut jatah teman-temannya. Jadi sekarang otomatis dia hanya mau makan daging mentah saja. DF sama sekali tidak mau makan. Diendus-endus saja dan kemudian ditinggal.

Pertanyaannya: karena saya kuatir dia dalam kondisi hamil, saya tidak berani memperlakukan pola disiplin yang terlalu keras karena saya kuatir mengganggu kehamilannya. Apakah kondisi ini normal terjadi pada anjing betina yang selesai dipacak dan akan hamil? Kalau hanya menyantap daging mentah saja apakah nutrisinya akan kurang? Mohon masukan teman-teman semuanya.

Terimakasih....
31 Aug 2013 21:31:58
#13
Avatar Franky.Ariawan
Franky.Ariawan
Total Post : 3
dfnya kasih air hangat aja jg bisa. anjingku jg gitu pertama susah mkn lalu dfnya ku rendam air hangat sekarang lahapmknnya
01 Sep 2013 19:31:53
#14
Avatar yan_dedy
yan_dedy
Total Post : 30
@CWW_Ming: Saya tidak ada pengalaman mengenai anjing yang sedang hamil, tapi menurut saya tidak masalah kalau diberikan daging mentah (disarankan ditaruh difreezer dulu selama satu hari agar bakterinya mati). Btw DF nya apa dicampur dengan daging mentahnya? Kalau iya harusnya dimakan juga ya..
01 Sep 2013 19:33:44
#15
Avatar yan_dedy
yan_dedy
Total Post : 30
@Franky.Ariawan: menurut yang saya baca, untuk DF tidak disarankan direndam dengan air panas/hangat karena nutrisi/protein di dalam DF akan pecah jika kena air panas. Jadi kalau mau direndam air ada baiknya direndam dengan air biasa saja, salam..
02 Sep 2013 02:01:02
#16
Avatar T.Susanto
T.Susanto
Total Post : 5
Itu alami. Pada manusia juga kalau hamil muda kadang ada yg nafsu makan melorot dan muntah2. Biasanya begitu dan masuk minggu ketiga baru mulai normal.

Selama tidak nafsu saya tambah kuning telor mentah. Biasanya dengan melakukan trik makan akan membantu. Harus makan pokoknya.

Kalau anda memiliki anjing yg lain juga bias terganggu mood makannya bila ada anjing yg loop. Terutama jantan.

Sebenarnya di habitat aslinya ngak ada yg ngurusin mau makan apa ngak. Pada anjing liar pun demikian, toh tetap beranak pinak, tapi karena kita khawatir akan kondisi anjing kita dan mengingin anakan yang bagus dan cukup gizi, maka kita paksakan dia untuk tetap makan.

Semoga sukses yasmile
02 Sep 2013 06:51:20
#17
Avatar yan_dedy
yan_dedy
Total Post : 30
@T.Susanto: loh kalo anjing jantan loop bisa ada gangguan makan juga ya? Baru tau smile .. Anjing saya baru 4 bulan sih, belum pernah loop, btw anjing jantan mulai loop di usia berapa ya?
02 Sep 2013 12:13:01
#18
Avatar CWW_Ming
CWW_Ming
Total Post : 22
Pak Susanto: Terimakasih banyak atas infonya. Saya jadi mengerti sekarang bahwa itu normal.
02 Sep 2013 20:19:29
#19
Avatar Michelle.Hoe
Michelle.Hoe
Total Post : 28
Pak Susanto: anjing saya umur 11 hapir 1 tahun, dia sudah kena masa kawin tapi ngak dinikahin, terus makannya susah banget sudah coba banyak cara tapi tergantung mood, udah pake susu,kuning telor, tempe, dll. tapi susah banget, dirayu ngak bisa, apa yang harus aku lakukan?
03 Sep 2013 01:36:02
#20
Avatar T.Susanto
T.Susanto
Total Post : 5
@yan_dedy emang anjing Jantan bisa loop? baru tau juga sayasmile

@Mechelle.Hoe . Yang saya maksud diatas adalah anjing lagi hamil.

Kalau anda khawatir periksa dulu pencernaannya ke dokter hewan. Minta arahan yang sesuai dengan kondisinya.

Jangan terlalu dimanja ya. Anjing di alam bebas akan makan yang bisa didapat tanpa memilih kalau lapar.

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.