Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
29 Aug 2013 14:32:51
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Pertolongan Pertama untuk Anjing Tersedak

Anjing selalu memungut benda dengan mulut mereka, seperti bola, tongkat, tulang, dsbnya. Jika anjing Anda tiba-tiba mulai lari berputar-putar, bertingkah liar dan bingung, ia mungkin tersedak sesuatu di tenggorokannya dan berusaha untuk mengeluarkannya. Berikut ini akan dijelaskan cara mengetahui apakah anjing Anda tersedak dan apa yang harus dilakukan jika hal ini terjadi.
1. Periksa tanda-tanda tersedak:

foto

- Apakah anjing menggesekkan kaki ke mulutnya?
- Apakah anjing batuk dengan kuat dan terus menerus?
- Apakah anjing meneteskan air liur atau tercekik?
- Apakah anjing bernapas bunyi/suara bengek atau terengah-engah?
- Apakah gusi atau bibir anjing berubah menjadi biru atau putih?
- Apakah anjing muntah?
- Apakah anjing merintih kesakitan? terlihat sangat tidak nyaman? terlihat panik?

2. Cari bantuan segera

foto

Jika Anda curiga anjing Anda tersedak atau Anda ragu apakah anjing Anda dapat bernapas? (anjing tidak akan bisa batuk atau membuat suara jika dia tidak bernapas), segera hubungi dokter hewan. Anda mungkin akan diberikan pengarahan untuk pertolongan pertama sebelum membawanya segera ke dokter hewan. Terus membantu anjing Anda sampai Anda bisa mendapatkan bantuan dokter hewan.

3. Jika anjing Anda bisa batuk, tunggu beberapa saat untuk melihat apakah anjing Anda dapat mengatasi sendiri dengan batuk untuk mengeluarkan benda yang tersedak. Lakukan ini hanya jika anjing Anda terlihat masih bisa bernapas dengan baik. Jika ada salah satu dari gejala ini muncul seperti napas bunyi/bengek, terlihat kesulitan, terengah-engah), mulailah membantunya segera.

foto


4. Usahakan sebaik mungkin untuk membantu anjing Anda sebelum dia bisa mendapatkan bantuan medis. Cobalah memeriksa dalam mulut anjing dan melihat apa yang ada di dalamnya. Buka mulut anjing Anda dengan perlahan, keluarkan lidah anjing dengan jari Anda jika diperlukan, sehingga Anda bisa melihat apa yang ada di dalam tenggorokannya. Jika gelap, gunakan senter.

foto
Untuk anjing besar, sebelum membuka mulut lebar harus menahan atau membatasinya dulu dengan cara memegang tengkuk leher anjing diantara telinga dan menahan kepala anjing dengan stabil.
Jika Anda dapat menemukan benda yang membuat anjing tersedak, keluarkan dengan tang atau pinset dan keluarkan dengan perlahan.

Kecuali Anda dapat melihat dengan jelas dan meraih/mengeluarkan benda yang tersangkut di dalam tenggorokan pada anjing besar (yaitu, benda yang mudah diambil dan ditarik), dan anjing Anda tidak dalam keadaan panik, tidak dianjurkan untuk memasukkan jari Anda ke dalam mulut anjing karena bisa beresiko Anda malah membuat benda yang tersangkut masuk lebih dalam jika Anda tanpa sengaja mendorongnya karena tidak bisa melihatnya. Selain itu, bisa beresiko Anda terkena gigitan serius jika anjing panik. Jika Anda tidak dapat mengeluarkan benda yang tersangkut dengan pasti, maka lanjutkan ke langkah berikutnya.

5. Membantu anjing Anda untuk mengeluarkan benda yang membuatnya tersedak

foto


Untuk anjing ukuran kecil ke sedang/medium - lakukan dengan mengangkat kaki belakang anjing. Pegang anjing dengan posisi terbalik dan coba untuk menggoyangkan ke bawah untuk mengeluarkan benda yang tersangkut di tenggorokannya.

Untuk anjing besar - lakukan dengan mengangkat kaki belakangnya namun tidak sampai badannya terangkat semua seperti yang dilakukan pada anjing kecil dan medium (karena mustahil untuk dilakukan!). Angkat kaki belakangnya namun kaki depan masih menyentuh tanah (dalam cara yang sama seperti memegang gerobak) dan miringkan ke depan.

6. Saat Anda tidak mampu mengeluarkan benda yang tersangkut, coba dengan menekan punggung

foto
- Gunakan pangkal telapak tangan Anda, lakukan 4-5 tekanan kuat pada anjing diantara tulang belikat.

7. Jika tips diatas belum juga bisa membantu sementara anjing Anda masih belum mendapat bantuan dokter hewan dan anjing Anda tidak bisa bernapas, Anda mungkin harus mempertimbangkan untuk melakukan metode Heimlich Manuver pada anjing Anda dengan harapan untuk mengeluarkan benda/sesuatu yang menghambat tenggorokannya.

foto
Tempatkan tangan Anda pada pinggang anjing. Pastikan bahwa kepala anjing Anda mengarah ke bawah. Kepalkan salah satu tangan Anda dan tempatkan tangan lainnya untuk menutupi kepalan tangan tersebut. Tempatkan kedua tangan Anda di antara perut dan tulang rusuk anjing (bagian lunak tepat di bawah tulang rusuk). Ukuran anjing akan mempengaruhi posisi yang tepat untuk tangan Anda. Namun, jika Anda memiliki anjing kecil atau sedang, sebaiknya gunakan 2 jari dengan tekanan yang sama sehingga Anda tidak merusak tulang rusuk anjing Anda.


foto


Berikan 3 sampai 5 dorongan/tekanan yang cepat dan tegas ke arah dalam dan ke atas. Ulangi sesering yang diperlukan untuk mengeluarkan benda/sesuatu yang menghambat jalan napas anjing Anda.

8. Jika Anda belum juga berhasil mengeluarkannya, pastikan anjing Anda bernapas normal. Jika tidak, maka mulai pernapasan buatan pada anjing Anda segera.

foto
Jika anjing Anda tidak memiliki denyut jantung, mulai lakukan CPR padanya.

9. Ulangi prosedur diatas sementara menunggu bantuan dokter hewan. Tenangkan anjing Anda dan bawa anjing Anda ke dokter hewan secepat dan seaman mungkin.
foto



Sumber:
wikihow.com

Last Edited : 29 Aug 2013 14:55:07
05 Sep 2013 14:21:27
#2
Avatar H3ndrikHartono
H3ndrikHartono
Total Post : 3
Thanks for sharing
18 Sep 2014 13:01:35
#3
Avatar Albert.Sikumbang
Albert.Sikumbang
Total Post : 1
dok anjing saya kemarin makan tulang, setelah itu dia sering muntah muntah sehingga smpe saat ini tidak selera makan dan mengakibatkan fisikny semakin lemah
kiranya dokter dapat memberikan solusi
05 May 2016 11:13:07
#4
Avatar wakkaryriko45
wakkaryriko45
Total Post : 1
Dok anjing makan tulang dan sekarang anjing saya fisiknya lemah kiranya dok bisa memberikan solusi
19 Nov 2016 18:09:43
#5
Avatar rirismaritotamba
rirismaritotamba
Total Post : 1
sore dok. anjing saya muntah2 trus dok awalnya sampai berbuih. sy gatau kenapa bisa soalnya bbrapa jam dia sempat hilang. pas plg adik sy bilang dia dikasih makan tulang. sy kasih obat. inpepsa, primperan dan flagyl. dan skrg tdk muntah lagi. kotorannya jg cairan kental dok/diare sdkit2. maaf kata sperti kotoran ayam. nah skrg dia malah tersengak2 sya curiga dia tersendak tulang krapuh di tenggorokannya. hanya saja susah bgt buka mulutnya dok. gmana ya dok. tips diatas sudah saya lakukan smua. senin baru ada dokter. smntara 2 hari lahi
11 Jan 2017 11:03:21
#6
Avatar anjing-dijual920
anjing-dijual920
Total Post : 1
Dok anjing saya umur 1 bulan kenapa sering batuk2 Dan susu kluar dari hidung kalo sedang minum susu . ? Ada cara lain untuk memberi makannya ? Terima kasih
Last Edited : 11 Jan 2017 11:05:20
22 May 2017 16:13:23
#7
Avatar Sarsa.Forever
Sarsa.Forever
Total Post : 1
doĸтer gмna мengelυarĸan dυrι pda тenggoroĸn anĸ ĸυcιng doĸ .. тlng bntuu
15 Nov 2017 15:12:59
#8
Avatar suryantoyanto939
suryantoyanto939
Total Post : 1
Dok bagaimana cara mengatasi saat anjing ketulungan.?
30 Nov 2017 16:08:22
#9
Avatar indahsuharianti.71
indahsuharianti.71
Total Post : 1
Dok 1minggu lalu anjing saya makan tulang, besoknya dia lemah kayak sedang sakit, saya berusaha menolong tp dia marah dan menggigit apalagi klo saya sentuh leher bagian atas..gimana y mengatasinya..makasih.
11 Jan 2018 20:34:10
#10
Avatar ninasilvia98
ninasilvia98
Total Post : 1
Anjing boncel makan tissue 3 hari yg lalu hari rabu mau makn n mulai g mau makan serta muntah muntah di hari kamis apa g harus sy lakukan
04 Feb 2018 00:30:24
#11
Avatar fionadesiska
fionadesiska
Total Post : 2
Dok. Puppies saya menelan tulang salmon agak besar untuk uk tiny toy.. Tp dia tidak tersedak.. Gmana tu? Aman ga ya
14 Feb 2018 13:03:01
#12
Avatar krisnanopiyani67
krisnanopiyani67
Total Post : 1
Dok anjing saya memakan tulang ikan dok, apakah tidak berbahaya ? Gimana cara mengatasi agar tidak terjadi hal yang di inginkan. Terimakasih
28 Mar 2018 02:51:56
#13
Avatar nyielkechiel
nyielkechiel
Total Post : 1
Dok anjing saya menelan bungkus elips. Apa yg harus saya lakukan
04 Apr 2018 14:21:22
#14
Avatar chatrinepurba0608
chatrinepurba0608
Total Post : 1
Dok anjing saya mungkin kemasukan tulang dia tidak dapat mengeluarkan tulang tersebut dan dia juga tidak mau lagi makan apakah itu akan mengakibatkan kematian cara yang diatas sudah kami coba lakukan tetapi gagal kalau ke dokter hewan berapa biaya pengobatanya?

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.