INFO Komunikasi Lebih Lancar & Pasti Sampai via Email ke AnjingDijual@gmail.com (Prioritas, dibalas lebih cepat!)
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
23 Aug 2013 15:50:02
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Apakah Anjing Berkeringat? Penasaran kan?! Cari tahu disini...

Ketika suhu tubuh manusia meningkat, baik karena suhu lingkungan yang panas atau karena setelah berolahraga atau melakukan kegiatan fisik yang berat, maka manusia mulai berkeringat. Umumnya, keringat manusia bisa terlihat di bawah lengan (ketiak) atau bagian alis. Namun ada juga yang terlihat hampir di seluruh tubuh.

Berkeringat adalah salah satu cara tubuh untuk mengatur suhu. Pada manusia, kelenjar keringat berada pada sebagian besar permukaan tubuh. Berbeda dengan manusia, sebagian besar kelenjar keringat anjing berada di sekitar bantalan kakinya. Itulah sebabnya, Anda tidak pernah melihat anjing berkeringat di bagian lengan atau ketiaknya, yang Anda lihat adalah jejak kaki basah yang ditinggalkannya saat berjalan di lantai.

foto


Namun berkeringat merupakan cara alternatif/kedua untuk mendinginkan tubuhnya, anjing lebih sering terlihat terengah-engah "ha.. ha.. ha.." dengan nafas yang berat. Hal ini memungkinkan kelembaban pada lidah dan paru-paru untuk mudah menguap. Dengan cara inilah, anjing dapat mendinginkan tubuhnya dengan lebih efektif.

foto

Cara lainnya adalah memperluas pembuluh darah di wajah dan telinga mereka. Cara ini cukup ampuh jika panasnya tubuh anjing dikarenakan sehabis melakukan kegiatan fisik, dibanding karena suhu lingkungan yang panas.

Jika anjing terlihat sangat aktif bergerak pada suhu lingkungan yang panas, maka hal ini bisa membuat tubuhnya terlalu panas, kondisi seperti ini dikenal sebagai hipertermia. Jika kondisi ini terus berlanjut, makan akan terjadi "Heat Stroke" (Bisa baca ttg Heat Stroke). Anjing yang terlalu kepanasan, akan tampak lesu dan mungkin bingung. Jika anjing terengah-engah dengan sangat berat, lihatlah gusi dan lidah mereka berwarna merah cerah. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus, anjing mungkin akan jatuh dan mengalami kejang atau bahkan koma.

foto

Ada sebuah trik sederhana untuk membantu menjaga suhu tubuh anjing tetap dingin pada hari yang panas :
- Ambilah botol dengan semprotan seperti semprotan tanaman
- Isi dengan air biasa (bukan air es)
- Semprot secara berkala kepala dan tubuh anjing

Jika tidak ada semprotan, bisa langsung cipratkan air dengan tangan Anda sendiri.

foto
Efek ini menciptakan sistem pendinginan yang sama seperti seakan-akan anjing memiliki kelenjar keringat di seluruh tubuhnya yang akan menguap dan mendinginkan tubuh anjing.

foto

Disadur dari :
psychologytoday.com, foto berbagai sumber

Last Edited : 23 Aug 2013 16:29:26
23 Aug 2013 23:36:47
#2
Avatar Ricky.OoorlandooO
Ricky.OoorlandooO
Total Post : 6
bukankah kalau badan anjing dibiarkan basah sampai kering akan mengakibatkan jamur pada kulit anjing?
selain badannya dibasahan, ada cara alternatif lain?
thank you smile
25 Aug 2013 00:32:50
#3
Avatar Daniel_wang
Daniel_wang
Total Post : 2
Kalau menurut aku sih jangan sampe kering aja paling tidak mesti tunggu sampe 2 -3 menit baru keringkan juga ada alternatif lainnya yaitu sediakan AC kalau sanggup untuk biayain listriknya aja

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.