Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
30 Jul 2013 15:39:21
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Tanda-Tanda Perilaku Anjing Agresif dan Jenis-Jenisnya

foto

Masalah perilaku anjing yang paling umum dan serius adalah berkaitan dengan perilaku agresif. Perilaku agresif ini meliputi setiap perilaku yang berkaitan dengan ancaman atau serangan (misalnya, menggeram, menggigit). Jangan mengganggap remeh perilaku agresif pada anjing Anda. Jika perilaku agresif bukan masalah serius, maka tidak akan ada kematian yang berkaitan karena perilaku ini. Ratusan, ribuan orang tidak akan mencari penanganan medis karena serangan anjing. Dan tidak banyak keluarga yang hidup dengan perasaan takut karena anjing peliharaan mereka yang tidak dapat diprediksi perilakunya. Maka sangatlah penting untuk memahami tentang perilaku agresif pada anjing

Tanda-Tanda Anjing Agresif
Anjing agresif biasanya menunjukkan beberapa urutan perilaku dibawah yang semakin intens:
- menjadi diam dan kaku
- menggonggong yang mengancam
- menerjang target tanpa melakukan kontak
- menggigit ringan (mouthing) target (orang atau hewan) untuk mengendalikan mereka
- memukul dengan menggunakan moncongnya
- menggeram
- memperlihatkan gigi
- menggeram sambil menunjukkan gigi
- menggertak dengan membuka mulutnya
- menggigit cepat tanpa meninggalkan bekas
- menggigit cepat dan merobek kulit
- menggigit, mengakibatkan memar
- menggigit, mengakibatkan luka berlubang
- menggigit cepat dan berulang
- menggigit dan menguncang-guncangkan korban

Anjing agresif tidak selalu mengikuti semua urutan diatas, namun mereka sering memperlihatkan beberapa perilaku diatas secara bersamaan. Pemilik sering tidak mengenali tanda-tanda peringatan ini sebelum akhirnya anjing menggigit, sehingga mereka berpikir bahwa anjingnya tiba-tiba menjadi agresif tanpa alasan yang jelas. Namun, anjing jarang menggigit tanpa peringatan.

Jika anjing anda menjadi agresif, sangat penting terlebih dulu untuk membawanya ke dokter hewan untuk mengetahui apakah ada masalah kesehatan sebelum Anda melakukan hal lain. Beberapa anjing bisa agresif karena ada masalah kesehatan yang dialaminya. Selain itu, beberapa pengobatan tertentu kadang bisa mengubah suasana hati anjing Anda, yang mungkin menyebabkan anjing Anda untuk bersikap agresif.

Jika ternyata masalah kesehatan bukan menjadi penyebab perilaku agresif anjing Anda, maka coba pikirkan tentang situasi yang dapat membuat anjing Anda terganggu. Siapa atau apa yang menjadi sasaran dari perilaku agresif anjing Anda? Kapan dan dimana itu terjadi? Apa lagi yang terjadi pada saat itu? Apa yang baru saja terjadi atau yang sudah terjadi pada anjing Anda? Apa yang tampaknya menghentikan sikap agresif anjing Anda? menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dapat memperjelas keadaan yang memicu sikap agresif anjing Anda dan dapat membantu Anda untuk memahami alasan untuk sikap anjing Anda tersebut. Memahami berbagai jenis perilaku agresif yang ada pada anjing bisa membantu Anda menentukan mengapa anjing Anda agresif.

Jenis-Jenis Perilaku Agresif

Perilaku agresif bisa menjadi kondisi yang sulit untuk dievaluasi. Beberapa anjing mungkin menunjukkan satu bentuk agresif, sementara yang lainnya mungkin menunjukkan beberapa jenis agresif dalam satu waktu. Memahami perbedaan jenis/tipe agresif bisa membantu mendapatkan akar masalahnya:

foto
1. Agresif dominan
Anjing agresif dominan mungkin bisa mengintimidasi anggota keluarga. Dia mungkin menggonggong, menggeram, menunjukkan giginya, atau menggigit karena ia ingin segala sesuatu berjalan sesuai caranya. Anjing ini bisa agresif dengan keluarganya, namun bisa lebih berbahaya lagi terhadap orang asing.

Yang menjadi masalah adalah anjing agresif dominan tidak mendiskriminasi. Sebagai contoh, dia mungkin bisa menjadi anjing yang sangat ramah dalam satu menit dan kemudian tiba-tiba berubah menjadi anjing yang berbahaya. Kadang bahkan ia bisa mencoba untuk mengubah penampilannya dengan mencoba berdiri tegak dan terlihat besar dan mengancam sebisa mungkin. Kuping dan ekor naik. Dia mungkin bisa mencoba untuk memblokir jalan Anda. Dan, jika dia membuat kontak mata langsung dan menatap, itu adalah tanda yang paling berbahaya. Apapun yang Anda lakukan, jangan membalas menatapnya. Putuskan kontak mata tersebut karena jika anjing merasa terancam dia mungkin bisa menyerang.

foto
2. Agresif akibat rasa takut
Terjadi ketika anjing merasa takut, gugup, dan tidak aman. Anjing dalam kondisi ini sering buang air kecil atau buang air besar pada saat itu. Anjing awalnya pasif namun bisa menjadi agresif saat dia merasa terpojok atau tidak lagi bisa menghindari situasi yang menakutkan baginya.

foto
3. Agresif karena hukuman
Orang-orang menyebabkan bentuk agresif ini dari tindakan abusive dan terlalu dominan saat mencoba untuk memperbaiki atau menghukum anjing mereka. Bagaimana lagi anjing bisa merespon jika Anda meneriakinya, menuding dengan telunjuk atau melempar koran ke arahnya, atau yang lebih buruk lagi, memukul anjing Anda? Ini termasuk mengejar atau menyudutkannya dengan kemarahan, berdiri di depan mereka dengan cara mengancam atau menakuti mereka dengan teguran penuh emosi. Anjing yang mengalami ini cepat atau lambat akan merespon dengan perilaku agresif.

foto
4. Agresif maternal
terjadi ketika induk anjing secara naluri bersikap agresif terhadap orang-orang yang dirasanya mengancam anak-anaknya. Biasanya reaksi ini muncul saat ada orang yang mendekati tempatnya bersama anak-anaknya.

foto
5. Agresif akibat rasa sakit
Merupakan reaksi protektif oleh anjing yang sedang kesakitan. Agresif ini bisa terjadi saat anjing disentuh atau dipindahkan atau saat sedang ditangani.

foto
6. Agresif posesif
Terjadi ketika anjing berpikir bahwa seseorang atau hewan lain mencoba untuk mengambil makanan, mainan atau benda lainnya yang menjadi miliknya atau milik tuannya.

foto
7. Agresif predator
Orang, binatang kecil dan benda yang bergerak biasa menjadi pemicu perilaku ini. Berkaitan dengan naluri predator/pemangsa, yaitu memburu dan mengintai mangsa. Anjing jenis ini bisa mengejar orang joging, anak-anak, kucing, sepeda, mobil, atau apapun yang bergerak termasuk orang yang sedang jalan. Perilaku agresif ini biasanya melibatkan serangan mendadak, gigitan yang parah, dan menguncang-guncangkan mangsa.

8. Agresif protektif
Terjadi ketika anjing menjaga pemiliknya dari orang lain yang mungkin sebenarnya tidak menimbulkan ancaman.

foto
9. Agresif pengalihan
Terjadi ketika seekor anjing tidak bisa menyerang target/sasaran yang diinginkan (misalnya orang atau hewan) dan mengalihkan/meneruskan agresifnya terhadap target lain.

foto
10. Agresif teritorial
Biasanya bisa berbahaya bagi siapa pun yang memasuki wilayahnya. Saat berjalan dengan pemiliknya, ia mungkin bisa mengklaim wilayah tempat mereka berjalan atau berdiri dan karena itu bisa agresif terhadap orang atau binatang yang mendekati. Dia adalah ancaman bagi setiap orang atau binatang yang melanggar wilayahnya seperti rumah, pekarangan, mobil dan bahkan kasur tempat dia tidur yang mungkin milik Anda.

Mengatasi Agresif

Mengatasi perilaku agresif pada anjing biasanya kompleks dan bisa berbahaya, jadi sebaiknya harus dikonsultasikan dan dibimbing oleh pelatih profesional. Jangan menggunakan hukuman fisik pada anjing Anda. Memukul anjing Anda dapat menyebabkannya menjadi takut atau lebih agresif.


Sumber
vetsecure.com
unclematty.com

Last Edited : 30 Jul 2013 15:43:50
30 Jul 2013 16:00:28
#2
Avatar Dog.and.Wolf.lover
Dog.and.Wolf.lover
Total Post : 8
Wolf instinc http://foto
Last Edited : 30 Jul 2013 16:02:44
11 Aug 2013 11:20:27
#3
Avatar Edu.Awy
Edu.Awy
Total Post : 3
yang penting bagaimana cara mengatasinya.... ???
21 Aug 2013 01:42:18
#4
Avatar ride24
ride24
Total Post : 3
help dong ada saran gak buat menanggulanginya...
ini shihpoo (shihtzu mix poodle) saya agresif bgt...
mgkin katagorinya agresif posesif...
gampang marah sama anjing yg lain...
04 Oct 2013 16:45:19
#5
Avatar Selvia.Vhei
Selvia.Vhei
Total Post : 4
tolong kasih solusi nya donk grin
minipom sy agresif bgt.
kalo pake pelatih2 bgtu biasa biaya nya berapa ya ? psti mehongggggg.. cwy
15 Oct 2013 19:20:27
#6
Avatar sherly.marlynton.7
sherly.marlynton.7
Total Post : 1
Anjing turunan terier aaya juga agreaif bangetmaklah sampe gigit ade, mana dan saya sendiri... info trainer dan biayanya donk...thank you...
31 Dec 2013 21:42:44
#7
Avatar Wely.Ana
Wely.Ana
Total Post : 4
Anjing saya usia 3 bln,dulu ngk agresif stelah sya bwk liburan k rumah kluarga sya,sikap nya skrg brubah suka gigit,gimana dong cara ngatasi nya
23 Feb 2014 21:28:37
#8
Avatar andy.super
andy.super
Total Post : 43
Gimana caramengajarin anjing agar mau berjalan pelan dengan tali
23 Feb 2014 21:32:26
#9
Avatar andy.super
andy.super
Total Post : 43
Gimana caramengajarin anjing agar mau berjalan pelan dengan tali
23 Feb 2014 21:33:53
#10
Avatar andy.super
andy.super
Total Post : 43
Anjing gua mix golden kampung terlalu ramah gimana cara biar bisa menjadi anjing penjaga
23 Feb 2014 21:40:47
#11
Avatar andy.super
andy.super
Total Post : 43
Kalau daerah medan dimana ya pelatihan anjing
16 May 2014 16:32:38
#12
Avatar andy.super
andy.super
Total Post : 43
Anjing peking gua angresif banget ama hewan dan anjing lain gimana. Ya soalnya tetangga. Ada memelihara ayam jadi suka ngejar ayam tangan ane sampai di gigit waktu mau mencegah dia mengejar ayam pusing menanggulanginya teman2. Ada saran nggak
17 Nov 2014 10:47:12
#13
Avatar aelita.hopper.796
aelita.hopper.796
Total Post : 4
Help donk, puppy aku 2 bulan smlm gigit mama aku sampe robek , drahnya muncrat, dia kampung mix, gmna biar dia ga agresif ya?
07 Feb 2015 21:03:46
#14
Avatar Theresa.Julian
Theresa.Julian
Total Post : 1
Anjing ku mendadak jadi galak gitu, dia suka ngegeram kadang" gigit tapi cepet
ada yg tau gak penyebab atau solusinya?
02 Feb 2016 07:08:08
#15
Avatar anjing-dijual446197
anjing-dijual446197
Total Post : 1
ini bukan anjingku?
Last Edited : 02 Feb 2016 07:10:37
12 Nov 2016 00:02:48
#16
Avatar anjing-dijual243176
anjing-dijual243176
Total Post : 1
Anjingq kintamani akhir2 ini jd agresif udh 3x gigit org yg kemarin paling parah smpai koyak daging nya gmna cara ngtasi nya ya?
17 Jan 2018 08:30:54
#17
Avatar hildachrs98
hildachrs98
Total Post : 1
Mau tanya Anjing kecil bisa agresif ?

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.