Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
19 Jul 2013 15:45:32
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Breed Of This Week : Shetland Sheepdog (Sheltie)

foto

Shetland sheepdog adalah anjing kecil, lincah, dengan tubuh lebih panjang daripada tinggi. Gaya jalannya halus, tanpa usaha dan memperlihatkan kelincahan, kecepatan dan daya tahan tubuh yang penting dimiliki oleh seekor herding dog. Memiliki bulu double coat, dengan bulu undercoat (lapisan bagian dalam) yang pendek, rapat, halus dan bulu outer coat (lapisan bagian luar) yang panjang, lurus, dan kasar. Ekspresinya sangat lembut dan pintar. Meskipun menyerupai rough collie dalam versi miniaturnya, namun ada perbedaan tipis yang membedakan diantara ras ini.

foto

Shetland sheepdog sangat pintar, sensitif, dan bersedia untuk menyenangkan. Kombinasi ini membuat anjing ini menjadi sangat patuh, cepat belajar dan benar-benar mengabdikan diri untuk keluarganya. Tidak hanya lembut, menyenangkan, ramah dan bersahabat, namun juga sangat baik dengan anak-anak, meskipun kadang bisa menggigit tumit kaki saat sedang bermain (salah satu sifat alamiah dari herding dog). Seringkali pemalu terhadap orang asing dan banyak menggonggong.


Negara asal : Skotlandia (pulau shetland)
Jenis Family : livestock, herding
Tahun Asal : 1800-an
Awalnya berguna sebagai : sheep herding
Saat ini berguna sebagai : sheep herding, herding trial
Ukuran rata-rata Jantan : Tinggi 33 - 40,6 cm, Berat 6.4-12.3 kg
Betina : Tinggi 33 - 40,6 cm, Berat 6.4-12.3 kg
Nama lain : none

foto

Tingkat energi : Medium
Kebutuhan akan latihan/Exercise : Medium
Tingkat keaktifan : cukup aktif
Keramahan terhadap anjing lain : Sangat ramah
Keramahan terhadap hewan peliharaan lain : Sangat ramah
Keramahan terhadap orang asing : Pemalu
Kemudahan untuk dilatih : sangat mudah untuk dilatih
Kemampuan Watchdog : Tinggi
Kemampuan Melindungi / Protection : Tidak terlalu melindungi
Kebutuhan Grooming : Tinggi
Toleransi terhadap dingin : Medium
Toleransi terhadap panas : Medium

foto

Perawatan dan Kesehatan
Sheltie adalah anjing yang energik, tetapi kebutuhan latihannya bisa tercukupi dengan jalan-jalan, joging pendek atau permainan aktif dan sesi latihan. Bisa hidup di luar ruangan di daerah beriklim sedang, tetapi sangat disarankan untuk dipelihara di dalam rumah. Bulunya yang tebal perlu disisir setiap dua hari sekali.

Major concerns untuk masalah kesehatan : dermatomyositis
Minor concerns untuk masalah kesehatan : CEA, PRA, trichiasis, cataract, CHD, hemophilia, Legg – Perthes, patellar luxation
Masalah kesehatan yang sesekali terlihat : PDA, deafness, epilepsy, vWD
Test kesehatan yang disarankan : mata, pinggul, DNA atau vWD
Rentang hidup : 12-14 tahun

Catatan: mungkin bisa sensitif terhadap ivermectin. Warna Merle tidak boleh dibiakkan dengan merle karena homozigot merle berbahaya atau mengganggu kesehatan.


Sejarah Asal Mula
Nenek moyang dari Shetland sheepdog adalah anjing gembala (herding dog) dari skotlandia yang juga merupakan asal dari collie dan border collie. Beberapa anjing ini cukup kecil, tingginya hanya berukuran sekitar 18 inch (setara 45,7 cm). Shetland sheepdog hampir dipastikan berasal dari anjing collie jenis awal, yang kemudian dikembangkan lebih lanjut di pulau Shetland (pulau kecil di Skotlandia). Beberapa anjing Islandia mungkin juga ikut berperan dan mungkin bahkan ras King Charles Spaniel hitam dan tan.

foto

Di area pertanian dengan sedikit pagar, seekor anjing gembala yang mahir sangat penting dan dibutuhkan untuk menjaga agar ternak jauh dari lahan pertanian. Sebagai anjing pertanian, mereka tidak hanya menggembalakan domba tetapi juga kuda dan ayam.

Armada angkatan laut Inggris sering ke pulau shetland dan sering membeli anak anjing dari pulau ini untuk dibawa pulang ke Inggris. Awalnya, anjing ini disebut "toonie dogs" (toon adalah kata berasal dari bahasa lokal shetland yang berarti 'pertanian'), lalu sempat disebut Shetland collie (sekitar tahun 1906). Namun para pembiak collie keberatan dengan nama tersebut, sehingga akhirnya diganti menjadi Shetland sheepdog. Dan, kemudian sering disebut juga dengan julukan "sheltie".Pada tahun-tahun awal di Inggris, pembiak sering diam-diam menyilangkan sheltie dengan rough collie dalam upaya untuk memperbaiki karakteristik collie mereka. Hal ini malah menghasilkan sheltie berukuran terlalu besar dan kemudian dihentikan. Mengikuti popularitas anjing collie, sheltie menjadi jawaban untuk keluarga yang menginginkan anjing peliharaan yang setia dengan ukuran yang jauh lebih kecil dan merupakan salah satu ras paling populer di dunia.






Sumber:
animal.discovery.com
youtube.com

Last Edited : 13 May 2014 12:50:17
21 Jul 2013 10:04:39
#2
Avatar 005583
005583
Total Post : 11
wow thank you nikita god bless u!!!! let the other how great sheltie is..........perfect dog i think ......

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.