Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
15 Jul 2013 15:49:21
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Kennel Cough Sangat Menular Pada Anjing

foto
Kennel cough adalah nama umum dari penyakit Canine Infectious Tracheobronchitis (kadang disebut juga Bordetella), yang merupakan penyakit pernapasan yang sangat menular diantara anjing. Sesuai namanya, penyakit ini ditandai oleh peradangan pada trakea (tenggorokan) dan bronkus. Ini adalah jenis dari bronchitis dan sama seperti flu pada manusia. Meskipun dalam kasus ringan, kadang bisa sembuh dengan sendirinya, kennel cough sangat menular ke anjing lain.

Apa gejala umum dari kennel cough?
Batuk kering dan membuat suara seperti sedang tersedak sesuatu secara terus menerus adalah petunjuk utama bahwa anjing Anda menderita kennel cough. Pada kebanyakan kasus, anjing mungkin terlihat sehat hanya batuk saja. Selera makan dan tingkat aktifitas biasanya tidak akan berubah, tetapi jangan kaget jika mereka batuk dan mengeluarkan dahak/lendir putih berbusa, yang biasanya akan lebih buruk setelah melakukan latihan atau saat dia sedang bersemangat atau saat dia menarik collarnya. Beberapa anjing mungkin bisa mengalami demam dan pilek.

Apa yang harus dilakukan jika saya mencurigai anjing saya terkena kennel cough?
Jika Anda mencurigai anjing Anda mengalami kennel cough, segera jauhi dia dari semua anjing lain dan segera periksakan ke dokter hewan.

Bagaimana anjing saya bisa terkena kennel cough?
Anjing bisa terkena kennel cough dalam beberapa cara. Penyakit ini bisa menyebar melalui udara, menular dari anjing satu ke anjing lainnya, atau melalui kuman pada objek yang terkontaminasi. Kennel cough sering tersebar di area dengan banyak anjing dan/atau area tertutup dengan sirkulasi udara yang buruk seperti ditemukan pada banyak kennel dan shelter, atau melalui kontak langsung saat duduk di klinik hewan, kelas training atau fasilitas dog grooming.

Kennel cough sangat mudah menular dimana anjing Anda mungkin bisa terkena hanya karena berbagi mangkuk air dengan anjing lain atau saat sedang menyapa anjing lain.

Anjing manakah yang rawan terkena kennel cough?
Paling sering, anjing yang sering berhubungan dengan anjing lain, terutama di daerah tertutup atau ventilasi yang buruk adalah yang paling rentan untuk terinfeksi dengan penyakit ini. Anjing muda dan tidak divaksin juga berisiko lebih tinggi.

Bagaimana kennel cough bisa dicegah?
Cara terbaik yang disarankan adalah dengan mencegah agar anjing Anda tidak berada bersama dalam satu tempat/kandang bercampur dengan banyak anjing. Kedua, dengan vaksinasi. Ada vaksin untuk melawan agen penyebab kennel cough yang paling umum, yaitu parainfluenza, bordetella dan adenovirus-2. Konsultasikan dengan dokter hewan Anda. Meskipun vaksin ini bisa membantu, tetapi tidak dapat menjamin melindungi dari kennel cough karena penyakit ini bisa disebabkan dari banyak jenis bakteri dan virus. Dan juga penting untuk diingat, bahwa vaksin tidak bisa mengobati anjing yang sudah terkena penyakit ini.

Bagaimana kennel cough diobati?
Yang paling bijak adalah membawanya ke dokter hewan jika anjing Anda terserang batuk. Pada beberapa kasus, Anda mungkin disarankan untuk hanya membiarkannya dan memperhatikan hal berikut:
- Anjing dengan kennel cough harus diisolasi dari anjing lain.
- alat pelembab udara (humidifier) atau penguap udara (vaporizer) bisa membantu meringankan pernapasan.
- Hindari anjing Anda dari asap rokok atau asap beracun lainnya.
- Obat pereda batuk atau antimicrobial mungkin diresepkan oleh dokter hewan Anda.
- Jika anjing Anda menarik collarnya saat sedang jalan, sebaiknya ganti dengan harness sampai batuknya reda.
- Perawatan pendukung sangatlah penting, seperti memastikan anjing anda makan, minum dan berada dalam lingkungannya bebas stres.

Berapa lama kennel cough sembuh?
Pada kebanyakan kasus, gejala-gejala kennel cough secara bertahap akan berkurang dan hilang setelah 3 minggu. Anak anjing dan anjing yang lebih tua mungkin butuh 6 minggu atau lebih untuk pulih. Dalam beberapa kasus, anjing tetap dapat menularkan dalam jangka waktu lama bahkan setelah gejalanya hilang.

Kapan saatnya untuk memeriksakan kembali ke dokter hewan?
Anda akan melihat beberapa penyembuhan pada kondisi anjing Anda dalam waktu satu minggu pengobatan, tetapi harus diperhatikan berapa lama gejala tersebut berlangsung. Jika anjing Anda pilek, bernapas cepat, menolak untuk makan atau terlihat lemas, segera bawa ke dokter hewan. Kasus kennel cough yang serius dapat menyebabkan pneumonia jika tidak diobati.



Sumber:
aspca.org
pets.webmd.com

Last Edited : 15 Jul 2013 15:59:56

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.