Gangguan SMS masuk/terima. Komunikasi lbh lancar krm email ke anjingdijual@gmail.com
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
08 Jul 2013 13:11:02
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Mengenal Working Dog (Anjing Pekerja) yang Memiliki Kemampuan Multitasking

Working dog atau anjing pekerja memiliki kategori yang luas, termasuk jenis-jenis anjing yang melakukan berbagai macam peran, seperti anjing polisi, anjing penarik kereta luncur (sled dog), anjing penjaga (guard dog) dan anjing pencari dan penyelamatan (search and rescue dog).

foto

foto
Working dog merupakan salah satu jenis anjing tertua di dunia. Mastiff sudah digunakan sejak jaman Romawi sebagai penjaga rumah dan anjing perang. Draft dog sudah digunakan untuk menarik gerobak dan kereta luncur sejak abad ke-13. Banyak jenis anjing ini yang sampai saat sekarang masih digunakan sebagai working dog. Rottweiler dan Doberman Pinscher adalah jenis yang lebih disukai untuk tugas militer. Sedangkan yang lainnya disukai sebagai anjing pemandu (guide dog) dan anjing pendeteksi narkoba. Karena working dog sangat serbaguna, banyak diantara mereka yang digunakan secara tradisional untuk berbagai fungsi seperti berburu, menjaga perkebunan dan ternak, melacak, mengangkut barang dan sebagai anjing pendamping.

foto
foto
Ciri kesamaannya adalah semua jenis working dog membantu manusia dalam beberapa kemampuan. Mereka memiliki penampilan yang berbeda atau bervariasi, tetapi mereka semua dikenal karena kekuatan yang luar biasa, daya tahan dan kepintarannya. Banyak diantaranya yang dibiakkan dengan tampilan yang terlihat mungkin menakutkan, tapi sebenarnya mereka lembut dan makhluk yang mencintai alam. Mereka cenderung secara alami protektif terhadap keluarga yang sudah dianggapnya sebagai "pack" dan wilayahnya.

foto

Apakah anjing pekerja/working dog cocok untuk Anda? Lihat 11 fakta tentang working dog untuk memudahkan Anda memutuskan apakah ini adalah anjing yang tepat untuk situasi hidup Anda.
1. Mereka memiliki kekuatan, stamina dan daya tahan yang kuat.
2. Mereka sangat setia dan protektif terhadap keluarganya dan bisa menjadi anjing pengawas yang sangat baik.
3. Bulu yang tahan cuaca memberikan perlindungan yang baik terhadap cuaca panas dan dingin.
4. Mereka responsif terhadap pelatihan
5. Beberapa working dog trah besar hanya membutuhkan latihan/exercise sederhana meskipun dengan ukuran tubuh yang besar.
6. Banyak jenis working dog yang tidak terlalu aktif dalam ruangan sehingga menjadikan mereka sebagai anjing rumah yang berkelakuan baik.
7. Naluri bekerja mereka bisa menyimpang ke arah yang tidak diinginkan jika tanpa pelatihan dan sosialisasi yang memadai.
8. Pemilik harus siap untuk memberikan pelatihan yang tegas dan konsisten.
9. Beberapa jenis working dog bisa sangat lambat untuk dewasa dan mempertahankan sifat puppynya lebih lama dibandingkan jenis ras yang lebih kecil.
10. Karena naluri melindungi yang sangat kuat, working dog cenderung mencurigai orang asing.
11. Anak anjing trah giant (jenis ukuran sangat besar) membutuhkan pengaturan pola makan yang hati-hati dan memiliki beberapa batasan latihan saat mereka tumbuh.

Berikut jenis-jenis anjing yang termasuk dalam working dog/anjing pekerja:
Akitas
Alaskan Malamutes
Bernese Mountain Dogs
Boxers
Bullmastiffs
Cane Corsos
Doberman Pinschers
Dogues de Bordeaux
Giant Schnauzers
Great Danes
Great Pyrenees
Greater Swiss Mountain Dogs
Leonbergers
Mastiffs
Newfoundlands
Portuguese Water Dogs
Rottweilers
Saint Bernards
Samoyeds
Siberian Huskies
Standard Schnauzers

Catatan:
Selama bertahun-tahun berbagai jenis anjing telah dibiakkan untuk sifat-sifat tertentu dan dalam beberapa kasus, ditujukan untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Hasilnya, ada berbagai macam jenis ras dari Pomeranian kecil sampai si pekerja keras Great Dane dan banyak lagi anjing diantaranya. Untuk membantu memahami banyak anjing, ras-ras dan sifat-sifatnya, AKC menempatkan mereka ke dalam grup berdasarkan keunikan dan karakteristik. Grup-grup tersebut termasuk toy dog, herding dog, working dog, sporting dog, non sporting dog, hound dan terrier. Anjing yang belum diakui oleh AKC masuk ke dalam kategori miscellaneous atau rare breed.

Jika Anda sudah tahu anjing apa yang Anda inginkan, apakah anjing lap dog kecil atau anjing yang bisa pergi berburu atau berjalan jauh, maka dengan mencari berdasarkan grup akan lebih memudahkan Anda menemukan ras apa yang tepat bagi Anda.


Sumber:
dogchannel.com
nylabone.com

Last Edited : 17 Jul 2013 11:26:41
08 Jul 2013 15:46:40
#2
Avatar Ricky.OoorlandooO
Ricky.OoorlandooO
Total Post : 6
german sheperd gak termasuk tuh?
08 Jul 2013 16:17:52
#3
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842
german shepherd masuk dalam jenis herding dog
08 Jul 2013 22:09:48
#4
Avatar Ricky.OoorlandooO
Ricky.OoorlandooO
Total Post : 6
oke makasih info nya kak nikita grin
09 Jul 2013 06:47:02
#5
Avatar Dhy.Carington
Dhy.Carington
Total Post : 2
American Pit Bull Terier (APBT) ga masuk dalam working dog ya..??
Terima kasih..
Last Edited : 09 Jul 2013 06:47:26
09 Jul 2013 08:39:21
#6
Avatar Herman.Halim
Herman.Halim
Total Post : 1
Dogo argentino?
09 Jul 2013 10:21:34
#7
Avatar allaboutdogs
allaboutdogs
Total Post : 63
maaf, just my POV. working dog menurut ane adalah anjing yang bs dilatih untuk membantu tugas manusia. cth labrador bs sebagai gun dog, sar dog, narcotic & bom detection bahkan jika mau bs sebagai sled dog. tdk terpengaruh pada breed saja tp pada skill individu, size dan task yg akan dilakukan smile

jus my 2 cent wink
09 Jul 2013 20:41:55
#8
Avatar M4NB35TFR13ND
M4NB35TFR13ND
Total Post : 199
Saya rasa data ini di kutip bukan berdasarkan opini pribadi dari Nikita akan tetapi secara universal atau generally, walaupun tidak menutup kemungkinan bahwa ada beberapa dari jenis ras tertentu bisa di manfaatkan untuk hal-hal yang disebutkan diatas.
10 Jul 2013 10:04:55
#9
Avatar Andreas83
Andreas83
Total Post : 1
Alo mau tny donk, saya piara siberian Husky jantan dari 2 bulan sekarang udh umur 7 bulan, karakter anjingnya terlalu aktif dan nga bisa dilepas harus di rantai atau di kandang dan harus diawasin terus kalau tidak bakal merusak apa aja. saya sebenarnya pengen nya dilepas di rumah biar bebas, tp sifat nya begitu jd musti dikandang terus, juga makannya bosenan jd sering nga dimakan dog food nya, kadang karena sebel 2 hari sy nga kasih makan, baru deh kelaparan dan habisin dog food nya. itu sudah karakternya bukan? kira-kira bisa dilatih tidak ya husky saya? terima kasih
Last Edited : 10 Jul 2013 10:09:54
14 Jul 2013 05:44:28
#10
Avatar Ryan.Narang355
Ryan.Narang355
Total Post : 3
Andreas83
Seharusnya kmu sebelum belum beli husky, kmu hrs tau dulu konsekuensinya seperti apa. Ya jelas aja husky nya jd destruktif dan ogah\"an makan. Dikandangin mulu sih! Husky itu type anjing pekerja yang punya energi besar, jd harus diajak jalan ato naik sepeda dgn jarak yang lumayan jauh tiap harinya. Baru deh nanti dia akan lebih kalem dirumah dan pasti nanti makannya jd normal lg. Dicoba ya!
15 Jul 2013 12:05:07
#11
Avatar Andri.Tao
Andri.Tao
Total Post : 134
@ andreas : kalau tidak ada waktu utk bawa huskynya jalan, coba carikan treadmeel saja.. whistling
15 Jul 2013 16:00:15
#12
Avatar jeanita.adja
jeanita.adja
Total Post : 3
Husky tuh anjing peekerja bukan anjing Υ͡ɑ̤̈̊ñƍ dikit2 d kaandang,cb pagi ma sore. Ajak jalan 1km pst makan ny lahhap husky ane bisa kq di lpas tnpa tali, low d panggil pasti dateng, tp low btinaa hati2 krena low dah liat unggas psti lgsg lompat pgn berbur
15 Jul 2013 21:56:31
#13
Avatar hendro.utomo.muhammad
hendro.utomo.muhammad
Total Post : 2
Rekan2 kalau ada yg mau gabung berlatih utk anjing SAR bisa gabung di RDI (Rescue Dog Indonesia). Salam.
20 Oct 2013 07:57:58
#14
Avatar 010712
010712
Total Post : 1
Bagi dog lover yang punya kasus anjing tdk bsa tertib atau ingin memiliki anjing yg patuh, silahkn datang ke budweiser kennel untk melatih anjing anda agar menjdi lbh baik dan memiliki kemampuan. Adapun materi latihan yg kmi lakukan adalah dasar kepatuhan, karya guna dan anjing sahabat. Kenel kami berada di wilayah cibubur dgn lahan seluas 2.5 hektar dan tempat yg sangat asri, untuk info lbh lanjut silahkan hub kami di no. 082197757483 (alredo), pin bb: 291bf5da.
11 Mar 2014 20:56:33
#15
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
@Andreas83 walau udah lama mau nambahin ahh, husky ada di artikel breed of the week andi. mesti di ajak jalan tiap hari min kalo gak salah setengah jam. susah dilatih krn mudah bosan dan keras kepala, kalo udah suka kecepatan kemajuannya melebihi breed lain. coba deh masukin huskynya ke rumah gak di ikat seharian hehehee (becanda deh) katanya sih gpp (huskynya, rumahnya hancur hehehe)
01 Mar 2018 12:37:39
#16
Avatar yurotahe
yurotahe
Total Post : 31
Menurut sy semua anjing apapun berpotensi menjadi anjing penjaga krn naluri mrk memang spt itu.
Walaupun mrk dari ras labrador. Golden. Iris wolfhound dst....


Krn pernah ada kasus (pribadi)
Labrador ak menggongong mengerang kpd tamu! Akhirnya sy suruh dia masuk ke kamar! Dan sy kunci, di kamar dia melihat terus tamu itu dari jendela sampai sy bentak diam! Walau tdk mengongong dia mengeram terus! Akhirnya di belakangan sy baru tahu bahwa tamu itu adalah pencuri! Jd naluri anjing sangat peka. Baik kpd orang yg tdk baik sampai mrk yg tdk suka pada mereka! Tamu itu Jg ad niat buruk sama sy.

Kalau sbg anjing pengawas semua anjing memiliki naluri itu jg hanya ad beberapa ras tertentu yg bisa menyerang tanpa ad peringatan terlebih dahulu!
Pitbull. Dogo. Rot. GSD. Dubberman. Dst... Lbh cenderung ke tindakan tanpa adanya peringatan!
Tapi semua kembali dari pendidikan di awal. Intinya anjing apapun harus diajak bersosialisasi sejak kecil.
Merantai anjing ataupun mengandangi mrk cenderung u menjadikan mrk lbh agresif.
Sy pernah pelihara banyak ras anjing! Dan dari semuanya akn mengikuti didikan yg kita berikan! Termasuk karakter pemiliknya! Krn anjing memiliki naluri beradaptasi yg sangat tinggi jg keterikatan emosi jg mental dgn pemiliknya!

Krn u membuat anjing patuh anjing hanya perlu di buat paham bahwa pemilik adalah pemimpin mrk (sifat alamaiah anjing walaupun berkelompok hanya ada satu yg lebih dominan yaitu pemimpin mrk)
Kalau hal diatas tercapai asiknya memelihara anjing spt memiliki patner sekaligus anak buah yg setia dan patuh jg tulus banget!
Last Edited : 01 Mar 2018 12:48:12

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.