Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
28 Jun 2013 11:55:21
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Xylitol Bisa Membahayakan Nyawa Anjing Anda!

foto


Apa itu Xylitol?

Xylitol adalah pemanis alami yang ditemukan pada permen karet bebas gula/sugar-free, permen mints, permen, makanan panggang dan minuman. Ditemukan juga dalam produk obat kumur, pasta gigi dan vitamin kunyah bebas gula.

Apa yang bisa diakibatkan oleh Xylitol terhadap anjing Anda?
Meskipun aman bagi manusia, xylitol bisa mengakibatkan keracunan parah pada anjing dalam waktu 15 menit sampai 30 menit.

Keracunan xylitol pada anjing bisa menyebabkan peningkatan cepat pada insulin, yang memicu penurunan gula darah (hypoglycemia). Tergantung pada dosis yang tertelan, tanda-tanda klinis hypoglycemia dapat mencakup muntah, kesulitan berjalan, lemah dan lesu. Tanda-tanda yang parah mencakup kolaps dan kejang.

Dengan dosis yang lebih tinggi, keracunan xylitol bisa juga menyebabkan kerusakan hati yang parah dan tidak dapat kembali baik. Tanda klinis dari gagal hati mungkin tidak terlihat dalam satu atau dua hari dan termasuk muntah, tinja hitam berdarah, enzim hati meningkat, sakit kuning, kelainan pembekuan darah, koma dan bahkan kematian.

foto
Apa yang harus Anda lakukan di rumah?
Jika Anda mencurigai atau mengetahui bahwa anjing Anda memakan produk yang mengandung xylitol, hal pertama yang harus dilakukan adalah memberikan makanan anjing atau sumber gula (karo syrup atau pancake syrup). Jangan pernah mencoba memaksakan anjing Anda untuk muntah tanpa konsultasi dokter hewan. Jika anjing Anda mengalami hypoglycemia, membuatnya muntah hanya akan memperburuk kondisinya.

foto
Seberapa cepatkah Anda harus membawa anjing Anda ke dokter hewan?
Segera! saat anjing Anda mengalami keracunan xylitol baik dalam dosis rendah maupun tinggi, semakin cepat Anda mengidentifikasi racun dan mengobatinya, semakin baik hasilnya. Bawa segera anjing Anda ke dokter hewan atau klinik darurat secepat mungkin. Waktu adalah yang terpenting.

Begitu Anda berada di klinik dokter hewan, pemeriksaan darah harus segera dilakukan untuk melihat seberapa rendah kadar gula darah dan untuk mengevaluasi enzim hati. Pemeriksaan darah mungkin perlu diulang beberapa kali dalam sehari untuk memantau status kondisi anjing Anda.

Jika saat Anda bawa, anjing Anda belum mengalami tanda-tanda klinis yang terjadi, dokter hewan mungkin akan membuat anjing Anda agar muntah, asalkan anjing Anda tidak menunjukkan gejala apapun. Hal ini akan membantu mengurangi penyerapan racun xylitol dan keracunan lebih lanjut. Penggunaan cairan IV dengan tambahan gula mungkin diperlukan. Juga, jika anjing Anda mengalami dosis yang meracuni hati , penggunaan protectans hati seperti S-adenosylmethionine (singkatnya disebut SAMe), mungkin diperlukan (biasanya selama satu sampai dua minggu).

Dengan kasus keracunan xylitol yang parah pada anjing, kegagalan hati dan kelainan pembekuan darah bisa terjadi. Pada kasus ini, penggunaan transfusi plasma, vitamin K dan pengobatan lainnya mungkin diperlukan.

foto
Bagaimana hasilnya?
Hasil yang didapat setelah pengobatan berkaitan dengan jumlah xylitol yang dimakan, ukuran anjing dan waktu pengobatan. Dengan gejala-gejala ringan (misalnya, gula rendah) dan pengobatan yang tepat, maka hasil akhir biasanya baik. Dengan gejala-gejala yang lebih parah (misalnya, kerusakan hati, kelainan pembekuan darah, sakit kuning) atau pengobatan yang terlambat, nyawa anjing Anda mungkin tidak tertolong.

Bagaimana Anda bisa mencegah keracunan xylitol pada anjing Anda?
Cari tahu produk apa saja yang mengandung xylitol dan baca label produk-produk bebas gula yang terdapat pada dapur, kamar mandi dan tas Anda. Dan baiknya, jauhkan produk-produk ini dari rumah Anda atau simpan dan amankan produk tersebut dengan sangat hati-hati untuk mencegah agar tidak dikonsumsi oleh anjing peliharaan Anda.

foto
Bagaimana dengan bahan pemanis lainnya?
Untuk pengetahuan kita, pemanis lainnya seperti sakarin, aspartam, malitol, sorbitol dan sucralose tidak beracun bagi hewan peliharaan, selama mereka tidak menelannya dalam jumlah yang signifikan.


Sumber:
http://www.petsadviser.com/pet-health/xylitol-poisoning-pets-facts/

Last Edited : 28 Jun 2013 11:57:46
29 Jun 2013 14:50:19
#2
Avatar jctheodore
jctheodore
Total Post : 34
Kalo xylitol yg dlm snack anjing bahaya jg ga yaa??
30 Jun 2013 10:16:33
#3
Avatar Dogslvr
Dogslvr
Total Post : 22
Kano gitu pasta Gigi anjing yang bagus beli dimana ya?
01 Jul 2013 11:05:19
#4
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842
@jctheodore:

Jika terdapat kandungan xylitol dalam ingredient produk anjing, rulenya sama tetap sebaiknya tidak diberikan kepada anjing kamu. Meskipun mungkin saat pertama kali diberikan anjing tampak tidak apa2, tapi perlu diingat setiap produsen/pabrik memiliki kandungan xylitol yang bervariasi, yang mungkin kebetulan saat diberikan pertama kali anjing tampak baik2 saja, namun kita tidak pernah tahu ketika dicoba untuk kedua,ketiga kali, dstnya.

Sebagai contoh, menurut situs Snopes.com hanya dengan kandungan 3 gram xylitol dapat membunuh anjing seberat 65 pound atau setara 29 kg. Sebagai aturan umum, antara 8 dan 10 potong permen karet manusia mungkin bisa mematikan bagi anjing seberat 29 kg, namun anjing yang lebih kecil bisa dengan mudah mati setelah menelan dalam jumlah yang jauh lebih sedikit (mungkin setidaknya 2 batang permen karet).



Mungkin terasa aneh, kenapa dalam produk anjing masih ada kandungan xylitol yang jelas bisa berbahaya bagi anjing? utk jawaban pastinya sy sendiri tidak tahu. Di luar negeri, sempat ada beberapa produk anjing yang memakai bahan xylitol terutama dalam produk kesehatan mulut anjing dan bahkan diklaim telah dikembangkan oleh "Spesialis Kedokteran Gigi Hewan" (ada beberapa yang sudah menghilangkan kandungan xylitol dalam produknya).


Semoga penjelasan diatas bisa memberikan gambaran. Sebagai dog owner yang bijak sebaiknya jauhi produk tsb, mengingat bahaya serius yg bisa ditimbulkan kepada anjing peliharaan kita. Dan, meskipun dituliskan "formulated by veterinary specialists" tidak menjamin produk tsb aman.

jelasnya bisa baca disini:
http://www.naturalnews.com/025335_health_xylitol_dog.html


@Dogslvr: cari yang tidak terdapat kandungan xylitol.
09 Sep 2013 08:03:22
#5
Avatar lilia.muljawan
lilia.muljawan
Total Post : 4
Kalo pasta manusia / baby di indo mengandung xylitol gal ya? Suka gak jelas ingredients product di indo.
Last Edited : 09 Sep 2013 08:03:44

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.