AnjingDijual.com
INFO: Sundul Iklan via SMS mengalami gangguan 2 minggu terakhir. Kendala Penerimaan SMS dari dan ke Nomor Tri <=> Telkomsel
Buat Thread Baru Kirim Komentar
30 Aug 2012 14:04:36
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Siapa saja bisa ngobrol dengan anjing. ini triknya....

Apa yang kita katakan kepada anjing sangatlah penting. Mengapa dikatakan penting? nada berbeda yang kita gunakan bisa memisahkan antara arti perintah, koreksi atau pujian. Tidak hanya itu, bahkan bahasa tubuh pun sangat penting saat berkomunikasi dengan anjing anda. Berikut apa saja yang harus diperhatikan saat ingin berbicara dengan anjing anda :

foto

** Kata / Ucapan : katakan apa yang anda maksud dan pertegas apa yang anda katakan.
Jika anda mengatakan "Down" untuk menyuruh anjing anda agar berbaring, jangan gunakan "Down" juga di saat anda ingin mengatakan kepadanya untuk turun dari sofa saat dia sedang berbaring disana. Atau saat anda ingin menyuruhnya "sit" (duduk) jangan gunakan kata "sit down" karena "sit" dan "down" adalah dua perintah yang berbeda dan hal ini bisa membuatnya bingung. Perintah yang anda berikan harus spesifik dan semua perintah harus didahului dengan nama anjing anda. Pilih salah satu kata untuk setiap tindakan yang diinginkan dan gunakan secara konsisten jangan mengganti-ganti kata perintah yang sudah diajarkan. Pastikan anggota keluarga anda juga menggunakan kata perintah yang sama atau jika tidak anjing anda bisa bingung.

** Nada suara : ini bukan hanya tentang apa yang anda katakan, tetapi bagaimana anda mengatakannya.
Anjing tidak bisa membaca. Mereka mendengar kata-kata anda dalam bentuk suara dan nada suara anda adalah bagian terpenting dari apa yang mereka dengar. Dalam dunia anjing, suara dengan nada rendah seperti menggeram/growl diartikan dengan sikap dominan dan suara dengan nada tinggi seperti suara dengkingan diartikan dengan sikap tunduk.

foto


Jika anda ingin anjing anda memperhatikan anda, gunakan perintah bernada rendah. Suara bernada rendah ini menunjukkan kekuasaan, agresi, kepemimpinan dan biasanya sering digunakan sebagai ancaman. Nada suara ini membuat penerimanya memperhatikan.

foto
Jika anda ingin anjing anda untuk bermain atau merasa nyaman, anda dapat menggunakan nada tinggi seperti saat berbicara dengan bayi. Hal yang wajar jika berbicara dengan anjing terutama yang masih puppy dengan menggunakan nada tinggi yang sama seperti saat orangtua sedang berbicara dengan bayinya. Nada suara seperti ini biasanya cenderung mendorong bayi ataupun anjing untuk berinteraksi dan bermain. Di hampir semua spesies, suara nada tinggi selalu digunakan oleh bayi, remaja, dan biasa sering digunakan oleh orang dewasa ketika menjerit ketakutan atau berteriak saat bermain. Nada suara tinggi membuat penerimanya merasa senang atau dominan. Karena nada suara tinggi tidak bersifat mengancam, maka sangat mudah untuk diabaikan.

foto

** Irama suara : bukan hanya apa yang anda katakan tetapi seberapa cepat anda mengatakannya.
Anjing merespon secara berbeda saat anda mengatakan perintah anda dengan irama lambat atau secara tiba-tiba.
  • untuk menenangkan anjing anda, ingin dia stay atau memperlambat tindakannya : gunakan irama suara yang panjang, lambat, tenang dan monoton seperti "Eaaassyy," "Staaaaaay," atau "Dooown".
  • untuk menghentikan anjing anda segera : gunakan suara yang mendadak bernada rendah seperti "No!" "Aghht!" "Stop".
  • untuk membuat anjing anda bergegas : gunakan kata singkat dan berulang-ulang dengan nada tinggi yang terus meninggi seperti "Go,go,go,go,go!".
Perhatikan apa yang anda katakan dan bagaimana anda mengatakannya, maka anjing anda akan memperhatikan anda.

** Bahasa tubuh anda
Anjing mahir memperhatikan bahasa tubuh kita, tapi sayangnya, niat kita sering salah diterjemahkan. Sebagai contoh:
  • dalam dunia manusia : menatap seseorang langsung ke matanya adalah tanda ketulusan. dalam dunia anjing : itu adalah ancaman.
    foto
  • dalam dunia manusia : Melangkah mendekat ke seseorang untuk berkenalan dianggap hal yang sopan. dalam dunia anjing : itu adalah sikap yang sangat kasar.
    foto

  • dalam dunia manusia : Menunduk ke depan adalah cara yang wajar saat kita sedang mencoba memanggil anak kecil untuk datang kepada kita. dalam dunia anjing : Itu mendorong mereka untuk pergi/menjauh.
    foto

  • dalam dunia manusia : Menepuk punggung seseorang atau mengacak-acak rambut mereka adalah tanda kasih sayang. dalam dunia anjing : itu adalah pernyataan dominasi.
    foto

  • dalam dunia manusia : Memeluk seseorang adalah sebuah cara untuk membuat mereka merasa aman. dalam dunia anjing : itu adalah pernyataan dominasi
    foto



Sumber:
petside.com
petfinder.com

Last Edited : 30 Aug 2012 16:06:51
13 Dec 2012 14:16:01
#2
Avatar Dhevelly
Dhevelly
Total Post : 1
Kayanya yg bahasa tubuh salah deh.. tiap kali menunduk anjing2ku datang dan ekornya bergoyang cepat.. tandanya dia suka..
Saat dilihat matanya.. dia menjilat tangan atau wajah.. itu artinya suka
Saat kita mendekat, dia mendekat..
Saat dipeluk, dia menjatuhkan badannya pada kita dan akhirnya tidur.. Salah semua itu Bahasa tubuh
18 Dec 2012 19:19:45
#3
Avatar Codypatricia
Codypatricia
Total Post : 21
Saya melihat d video Dari keluarga thegardea dia mengajar anjing siberian husky nya ngomong
19 Jan 2013 11:51:05
#4
Avatar rienu
rienu
Total Post : 16
aku setuju dg Dhevelly, penjelasan bahasa tubuhnya salah & perlu direvisi,krn anjing2ku tdk spt yg ditulis,bahkan justru kebalikannya.
13 Feb 2013 22:08:57
#5
Avatar Ricky_Orlando
Ricky_Orlando
Total Post : 61
Iah, kykny kok krng sesuai kenyataan ya...
Ooo ia mau tanya, "pernyataan dominasi" itu artinya ap ya?
24 Mar 2013 08:36:31
#6
Avatar 005887
005887
Total Post : 2
Kayaknya artikel mengasumsikan anjing yg belum kenal kita dan berbeda reaksinya kalau kita kenal baik karena dominasi/figur lebih dominan/\"alpha dog\" kemungkinan sdh terbentuk/diterima oleh sang anjing...
09 Apr 2013 10:38:54
#7
Avatar velesty.vantastic
velesty.vantastic
Total Post : 1
Dhevelly, itu karena anjing Anda adalah Alpha Dog.
Menjilat jk bukan karena kita izinkan, itu tanda Ia mendominasi Anda.
Manusia yg seharusnya menjadi Pack Leader sebaliknya drpd Anjing.
09 May 2013 18:42:07
#8
Avatar DogsLover_Jesse
DogsLover_Jesse
Auto Banned
Total Post : 53
dhevelly sok tau
07 Dec 2014 06:21:13
#9
Avatar sielucky.nomarcy
sielucky.nomarcy
Total Post : 1
Sama smua kok dg perilaku anjing aq.
26 Apr 2015 16:41:53
#10
Avatar 017473
017473
Total Post : 1
Mba Nikita, mengenai Bahasa Tubuh Anjing, lalu bagaimana seharusnya bahasa tubuh kita jika berhadapan dengan anjing kita??? Anda hanya menjelaskan (Contoh : dalam dunia manusia : menatap seseorang langsung ke matanya adalah tanda ketulusan. dalam dunia anjing : itu adalah ancaman). Lalu bagaimana seharusnya kita menatap Anjing kita??? dan juga bahasa2 tubuh yg lainnya, yang dijelaskan di artikel di atas.

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.