INFO Komunikasi Lebih Lancar & Pasti Sampai via Email ke AnjingDijual@gmail.com (Prioritas, dibalas lebih cepat!)
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
07 Jun 2013 11:57:25
#1
Avatar MiTT
MiTT
Total Post : 9

Tentang Raw Food

Selamat Siang semuanya,

Dog lovers semuanya, ada yg tau apakah boleh kasih makan anjing pitbull denga Raw Food?? Kalau Kasih daging babi mentah boleh ga yah? Terima Kasih.grin

07 Jun 2013 17:45:37
#2
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 443
Umur berapa ya? Kl gigi sudah ganti semua . Makanan anjing terbaik adalah BARF (Bone and Raw Food). Kl Ayam kepala dan sayap, dan bekas rangka dada yg sudah diambil dagingnya. Kalau red meat (babi, sapi, kambing) bagian iga, ekor, dan kerongkongan. Beri semuanya berikut tulang2nya (tulang harus diberikan mentah). Berikan juga sayur2an yg diseduh saja, plain yoghurt, fish oil, dan buah. Lebaih baik sebenarnya BARF tidak diberikan bersama dengan sayur dan buah. Misalnya BARF siang dan sore. Sayur, buah diberikan pas siang. Yoghurt lebih baik pilih yg natural plain (rendah gula).
Last Edited : 07 Jun 2013 17:49:29
08 Jun 2013 00:25:56
#3
Avatar deeandra.feminggai
deeandra.feminggai
Total Post : 110
babi jangan kasih mentah. dibadan babi banyak cacingnya, tkut kena anjingnya looh
08 Jun 2013 06:05:43
#4
Avatar Bulgobon
Bulgobon
Total Post : 40
Ada baiknya kamu baca-baca di forum anjing di luar mengenai pemberian raw food. Aku belum pernah coba, tetapi mereka bilang hasilnya baik sekali. Dan ada urutan protein-protein hewani apa saja, misalnya kamu start dari daging ayam dulu, setelahnya sapi, babi, baru ikan. Transisi makanan secara bertahap dan bagian per bagian, misalnya daging ayam saja, nanti bertahap diberikan kulit (karena protein jauh lebih mudah dicerna dibanding lemak). Untuk minggu-minggu awal dikatakan tubuh anjing masih beradaptasi dengan pola makan yang baru, jadi diare atau BAB yang tidak seperti biasanya masih umum. Mereka juga merekomendasikan berikan daging setelah dibekukan agar kuman mati. Kamu juga harus mempertimbangkan waktu serta konsistensi pemberian makanan dengan metode raw karena akan sulit untuk menerapkan setiap hari dibanding pemberian dog food dalam bentuk kibble.
08 Jun 2013 06:10:18
#5
Avatar Bulgobon
Bulgobon
Total Post : 40
Kamu dapat coba forum di petguide.com, disana ada forum untuk masing-masing jenis anjing. Kebetulan saya pelihara Boxer dan ada banyak topik mengenai RAW disana.
08 Jun 2013 07:46:48
#6
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 443
Daging bertulang mentah yg segar yg dibeli dipasar, aman untuk anjing koq. Cukup disiram air bersih yg mengalir (air keran). Soal cacing nda usah terlalu kuatir asal deworming rutin. Cacing lebih banyak masuk melalui tanah ke tubuh anjing. Pencernaan anjing, dr liur, asam lambung dan usus punya mekanisme yg unik untuk melawan segala bakteri merugikan yg masuk melalui makanan. Aku cuma 6 bulan memberi makan BARF untuk anjing2ku, hasilnya sangat baik. Sekarang pake dogfood dengan alasan praktis. Seminggu 2x mereka tetap makan, iga babi atau tulang kaki babi atau tulang kipas babi untuk membersihkan gigi. Tp kl ada yg mau urus mereka dengan baik, aku tetap memilih rawfood

Anggota forum ini ada yg memberi makan anjingnya daging bertulang mentah (favoritnya ayam dan babi) sekitar 5 tahun, tidak ada cerita anjingnya cacingan parah dan terinfeksi bakteri hehe.. mana ni Allaboutdogs sick Sharing donk bro, soal rawfood.

Satu yg perlu diingat, tulang harus diberikan mentah, tidak boleh dimasak terlebih dahulu!

Sharing photo anjing2 yg sekarang aku asuh ah haha.. betina muda dan jantan dah aki2 10thn, tp masih bisa stud lho! haha..

Molly usia 13 bulan menikmati tulang kipas babi mentah:
foto

RobRoy usia 10 tahun menikmati iga babi mentah (berikut tulang2nya):
foto
Last Edited : 08 Jun 2013 07:55:55
08 Jun 2013 09:33:55
#7
Avatar MiTT
MiTT
Total Post : 9
Wah doglovers terima kasih banyak atas jawabannya, anjing saya pitbull umur 1 tahun @LabsLover, klo dikasi daging babi tanpa dimasak boleh ga ya? Babi hutan biasa saya kasihnya.
Thanks. grin
08 Jun 2013 10:25:43
#8
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 443
Bolehlah asal dia nda alergi daging Babi hehe.. nda perlu dimasak, sekalian tulang2nya. Seneng koq liat anjing meng-crush tulang2 yg besar.
Last Edited : 08 Jun 2013 10:25:58
08 Jun 2013 18:07:04
#9
Avatar deeandra.feminggai
deeandra.feminggai
Total Post : 110
jadi gamasalah daging dikasih mentah ya ? babi sekalipun ?
soalnya klo untuk manusia kan katanya hrus dimasak bener" klo ga cacing nd bakteri yg ada didaging bisa menjangkit manusianya juga.

pernah dger kalo anjing dikasih makan daging mentah jadi galak, bener ga ?
08 Jun 2013 23:42:06
#10
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 443
Makanan sama sekali ndak mempengaruhi behavior anjing. Perlakuan kita, cara mendidik, dan trauma masa kecil (terutama sd usia 6bulan) yg akan membentuk tabiatnya.
09 Jun 2013 11:29:08
#11
Avatar Gregorius
Gregorius
Total Post : 4
Permisi mau nanya, kalo anjing kintamani dikasih daging ama tulangnya anjing nya bisa hancurin tulangnya gg?
10 Jun 2013 19:55:51
#12
Avatar Andreas.Septhyan
Andreas.Septhyan
Total Post : 8
klo husky lebih baik dikasih daging n tulang apa ya? makasih
10 Jun 2013 20:38:14
#13
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 443
Semua daging bertulang mentah dan segar baik untuk anjing . Kalau dia tidak dapat menghancurkannya, nda akan ditelan koq, paling di kunyah sampai bosan. Ikan mungkin agak berbahaya karena durinya bisa nyangkut di kerongkongan. Pilih bagian yg tidak terlalu banyak daging. Tapi punya proporsi daging dan tulang yg ideal, seperti kepala ayam, sayap ayam, kerongkongan kambing/babi/sapi, iga kambing/babi/sapi. Selama mereka tidak alergi terhadap daging yg diberikan, tidak akan ada mencret, yg ada malah poo nya keras banget kadang disertai serpihan tulang yg ujung2nya sudah tumpul, meski pas ditelan ujudnya runcing dan tajam. Peenya cenderung kental dan bau hehe.. Makanya perlu diimbangi dengan makan serat seperti sayur dan buah. Just feel free kasi anjing BARF (Bone and Raw Food), mentah ya!. Kadang (jarang terjadi) ada serpihan tulang yg nyelip digigi (selilitan), kl ini terjadi, nti dia seperti tampar2 muka sendiri, cari aja tulangnya di sela2 gigi, trus diambil.
11 Jun 2013 00:26:26
#14
Avatar rika.kila
rika.kila
Total Post : 2
Kalau untuk anjing pug bagus ya dikasih makan apa ya?
16 Jun 2013 09:06:27
#15
Avatar Dali.L
Dali.L
Total Post : 27
Cuman mau nimbrung hehehehe, anjing saya jenis Pom, dia juga dikasih daging mentah atau setengah matang.
Dari umur 4 bulan sudah mulai beralih dari dry dog food ke makanan basah. Kalau saya, biasanya daging atau tulang lunak dipotong kecil lalu diberikan per 1-2 sendok makan. 2-3 kali sehari.
Dari daging ayam, kambing, babi, sapi, dan kelinci. Biasanya kalau lagi motong, fresh meat dipotong lalu dijadiin bungkusan kecil lalu difrezer. Kalau mau makan tinggal seduh sebentar dengan air panas lalu air dibuang.
Sekarang sudah umur hampir 1 tahun. Bulu dan giginya bagus, yang masalah sama doggy breath, barf bisa mengurangi hal ini.
Jeroan juga bagus, apalagi hati sapi, ayam atau babi. Biasanya juga saya seduh sebentar, luarnya warnanya berubah tapi dalamnya sih mentah.
Untuk konsumsi karbohidrat, pilihannya bisa ubi, kentang, nasi, sesekali ada kalanya roti... (Moderate, jangan banyak2)
Kalau sayur dan buah bisa wortel, labu, apel, pisang, mangga, semangka, kangkung, buncis. (Jangan banyak2 juga sih moderate aja)
Telur juga bagus buat anjing, biasanya saya kasih 1 minggu sekali, telur rebus bersama cangkangnya.
In case diare: pertolongan pertama pakai yohurt/labu/fetta cheese.
Kalau mau info lain bisa check Internet soal BARF.

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.