Halo AnDi: 0812.8600.8900 (Bukan Penjual) | AnjingDijual@gmail.com | anjingdijual @anjingdijual @anjingdijual
  Pasang Iklan Anjing /  Pasang Iklan Produk /  Info Rek. & Konfirmasi /  Hubungi AnDi
E-mail   Password   Lupa Password? | Daftar/Register |

PAL 7 Petshop PAL 7 Petshop PAL 7 Petshop PAL 7 Petshop
Kirim KomentarKirim FotoBuat Thread Baru
17 Jul 2012 08:12:32 #1
Avatar Birkoff
Birkoff
Total Post : 34
Melatih Anjing dengan Clicker, Mudah dan Bisa dilakukan siapapun di rumah!
Melatih anjing dengan clicker merupakan hal yang cukup menantang, menyenangkan dan relatif sangat mudah untuk dilakukan. Alat yang digunakan sangat sederhana, dan biasa disebut dengan clicker. Alat itu memiliki sebuah tombol dan bila ditekan, akan menghasilkan bunyi KLIK sebanyak 2x.

300x408

Inti dari penggunaan clicker adalah, penekanan pada saat anjing telah berhasil melakukan tindakan yang benar (sesuai yang kita inginkan/perintah, misal kita menyuruh sit/duduk).

Mengapa melatih dengan clicker dapat membuat anjing lebih cepat mengerti ?
Karena suara clicker menghasilkan suara yang konstan, sehingga anjing lebih cepat mengerti apabila telah melakukan tindakan yang benar, dibanding dengan menggunakan suara manusia seperti "Good". Karena suara manusia mudah berubah, misalnya saat mood sedang tidak baik. Selain menggunakan clicker, kita juga dapat menggunakan alat lain seperti Lonceng, Pluit dan alat-alat lainnya yang dapat berbunyi konstan.

Sebelum memulai melatih dengan clicker, silahkan kenalkan dahulu apa arti suara clicker (KLIK 2x) tersebut kepada anjing, caranya mengenalkan clicker :
  1. Yang perlu dipersiapkan : 1 clicker, dan makanan kesukannya berupa potongan kecil-kecil, bisa berupa dog food yang paling anjingnya suka.
    649x382
  2. Klik Clicker, segera setelah bunyi KLIK 2x keluar, langsung berikan makanannya.
  3. Diam sejenak (3-5 detik), ulangi kembali langkah ke-2.
  4. Latihlah selama 10 menit, lalu istirahat.

Apakah anjing saya sudah mengerti arti bunyi clicker? begini cara mendeteksinya :
450x337
Carilah saat dimana anjing sedang tidak fokus dengan Anda atau bahkan tidak mengetahui keberadaan Anda. Misalnya dia sedang berbaring dan santai, diam-diam, bunyikan clicker (Tekan tombolnya), Jika anjing Anda semangat langsung menghampiri (mendatangi sumber suara clicker), maka saat itulah anjing siap dilatih dengan Clicker. Dan jangan lupa, beri dia makanan kesukaannya.

Saat Clicker dibunyikan = 1 Makanan diberikan/Pujian, ini merupakan saat MUTLAK, tidak boleh tidak.
450x348
Jadi jangan sesekali Anda membunyikan clicker tanpa memberikan 'imbalan', hal ini akan mengurangi daya tarik bunyi clicker kepada si anjing.

Namun tenang saja, penggunaan Clicker bukanlah hal yang wajib jika si anjing sudah benar-benar paham/ingat apa yang kita ajarkan kepadanya. Jadi Clicker tidak akan membuat anjing ketergantungan.

Menurut saya, anjing dapat belajar dari berbagai cara/media, seperti :
  1. Indra Pendengaran (Telinga)
    225x268
    Apa yang dia dengar, contoh : bunyi clicker, suara perkataan yang kita keluarkan (Voice Command/Perintah Suara) misal "Sit", "Round" dll.

  2. Indra Penglihatan (Mata)
    502x427
    Apa yang dia lihat, contoh : Hand signal atau gerakan tangan kita, misal gerakan tangan kita memutar yang artinya menyuruhnya Round (berputar).

  3. Indra Penciuman (Hidung)
    450x325
    Bau apa yang dia cium, contoh : Tangan kita yang sedang mengenggam makanan kesukannya, sambil kita putar melingkar, yang artinya kita menyuruhnya Round (berputar).

Jadi anjing bisa mengerti apa yang kita perintahkan dari salah satu cara di atas, jika kita memakai ketiganya, maka anjing akan sangat lebih cepat mengerti.

Jika Anjing sudah mengerti sekali arti bunyi Clicker, berikut adalah cara melatih Sit / Duduk dengan menggunakan clicker :
  1. Siapkan : Clicker, Treat (Makanan kesukaan berupa potongan atau dog food yang paling dia suka) serta tentunya anjingnya.

  2. Pegang Clicker di tangan kiri, Genggam treat di tangan kanan.

  3. Carilah posisi anjing sedang berdiri di keempat kakinya, jika sedang duduk, mundurlah ke belakang beberapa langkah, agar dia berdiri.
    300x301

  4. Posisikan tangan kanan Anda yang sedang menggenggam makanan di atas kepalanya, jangan beri makanannya, hanya saja, biarkan si anjing mencium bau makanan favoritnya (dan tahu bahwa disana ada makanan).
    421x381

  5. Arahkan gengaman tangan kanan Anda tersebut ke arah lurus ke belakang (ekor), anjing akan mengikuti arah tangan, mendongak lalu akhirnya pantatnya terduduk di lantai.
    a user uploaded image

  6. Saat itulah, langsung tekan Clicker, beri makanannya dan Puji dia.

  7. Ulangi langkah nomor 3. Latihlah selama 5-10 menit. Dari sana jika anjing sangat mengerti, maka tanpa Anda perintahpun, si anjing akan mau melakukan duduk sendiri, karena dia tahu, jika dia duduk, dia akan mendapatkan makanannya.

Dari sana, Anda bisa masukkan perintah suara, misal "Bren, Sit!", "Bren, duduk!". Perintah suara yang disisipkan bisa menjadi penguatan perintah "Sit" yang ingin Anda ajarkan. Selamat Mencoba melatih anjing Anda di rumah!

Jika Anda baru saja mulai berlatih dengan clicker training atau tidak mendapatkan hasil yang diharapkan dari latihan yang sudah dilakukan, maka tips berikut mungkin dapat membantu Anda:

Sekali Klik Setara dengan sekali pemberian treat (makanan/reward)

Ketika mengklik clicker untuk menandai sebuah tindakan, maka Anda harus memberikan treat kepada anjing Anda. Anda juga perlu mengajarkan kepadanya bahwa suara klik merupakan sebuah tanda yang sangat terpercaya baginya untuk mendapatkan treat. Jika Anda tidak selalu memberikan treat setiap kali mengklik, maka clicker akan menjadi tidak efektif dan bunyi clicker akan menjadi hal yang biasa, sehingga tidak memberikan kesan apapun kepada si anjing. Anda tidak harus selalu menggunakan clicker ketika melatih anjing, namun jika Anda mengklik clicker tersebut maka Anda harus memberikan treat. Hal itu adalah hal yang wajib. No excuse.
   
Berikan treat sesegera mungkin setelah Anda klik
Jika Anda mengklik clicker dan beberapa saat kemudian baru memberikan treat kepada anjing, maka dia mungkin tidak mengerti bahwa ada hubungan antara suara klik dengan mendapatkan treat. Saat hal ini terjadi, maka suara klik tersebut menjadi hilang artinya dan anjing menjadi bingung tentang apa yang anda minta kepadanya.
   
Waktu adalah segalanya
Sangat penting ketika Anda mengklik clicker pada waktu yang tepat begitu anjing melakukan tindakan yang diminta. Jika Anda tidak melakukan pada waktu yang tepat, malah akan membuat anjing salah mengerti dan memperkuat kesalahan itu. Misalnya, jika Anda meminta anjing untuk “sit” dan dia melakukannya, Anda harus segera klik dan memberikan treat pada saat bokongnya menyentuh lantai. Jika Anda menunggu bahkan beberapa detik saja sudah terlalu lama, anjing Anda mungkin akan mulai bangun dan tindakan yang Anda tandai adalah saat dia mulai bangun. Hal ini adalah contoh Anda bukan memperkuat tindakan yang Anda inginkan. Pastikan bahwa Anda mengklik untuk menandai tindakan anjing yang tepat diinginkan pada waktu yang pas.
   
Pastikan Anda selalu siap dengan clicker dan treat
Jika Anda selalu siap dengan clicker dan treat, maka pada saat anjing melakukan tindakan yang diinginkan, Anda bisa langsung mengklik dan memberikan treat yang dapat memperkuat tindakan yang benar dalam pikiran si anjing. Hal ini juga dapat mempermudah Anda dalam melatih tindakan baru yang diinginkan dengan sedikit usaha saja. Ulangi beberapa kali dan lihatlah betapa cepatnya dia belajar.
   
Kembali pada langkah sebelumnya.
Saat anjing kelihatannya mengerti akan perintah yang diberikan namun selalu melakukan tindakan yang salah, tentunya hal ini dapat membuat Anda frustasi. Ini bukan berarti anjing Anda nakal. Anda mungkin melangkah sedikit terlalu cepat dan anjing menjadi bingung akan apa yang anda inginkan. Daripada memarahinya, Anda sebaiknya kembali pada langkah proses latihan sebelumnya dan mulai bergerak maju secara perlahan. Sebagai contoh, jika Anda mengajari anjing untuk "stay" , dia dapat melakukannya dengan baik ketika anda memintanya stay/tinggal selama 5 detik, namun saat Anda memintanya untuk stay selama 20 detik, dia tidak bisa melakukannya. Coba kembali untuk memintanya stay selama 5 detik dan klik juga berikan treat. Latih selama beberapa kali dan kemudian tambahkan beberapa detik untuk stay. Jika anjing Anda melakukan kesalahan berarti kemungkinan Anda bergerak maju terlalu cepat baginya.
   
Ingatlah bahwa clicker training harus menjadi hal yang menyenangkan bagi Anda dan anjing Anda. Jika Anda sudah mulai frustasi, maka akhiri sesi latihannya. Anda bisa kembali lagi nanti dan mulai dengan pikiran segar. Lakukan sesi latihan dalam waktu yang singkat (jangan lebih dari 10 menit) dan coba untuk akhiri setiap latihan itu dengan suasana yang positif.

Untuk pembelian clicker, bisa lihat disini :
http://anjingdijual.com/jual-i-clicker-jewel-baru-melatih-anjing-dengan-mudah-cepat-dan-efektif

Sumber:
Pengalaman Sendiri + dogs.about.com
Last Edited : 20 Mar 2013 09:28:11
14 Aug 2012 14:51:29 #2
Avatar Antonius.Rafael
Antonius.Rafael
Total Post : 3
 patut dicoba..makasih atas ilmunya.
20 Aug 2012 19:46:10 #3
Avatar giovani.visakha
giovani.visakha
Total Post : 1
maaf clicker beli dimana ya?
21 Aug 2012 08:04:45 #4
Avatar Birkoff
Birkoff
Total Post : 34
@giovani.visakha hi, bisa beli disini http://anjingdijual.com/produk-anjing/alat-melatih-anjing
24 Aug 2012 19:04:20 #5
Avatar Regina-D'-Sweet
Regina-D'-Sweet
Total Post : 69
apakah setiap cliker bunyinya beda ato semua clicker suaranya sama? thx
29 Aug 2012 14:37:27 #6
Avatar Birkoff
Birkoff
Total Post : 34
@Regina-D'-Sweet bunyi clicker sama semua, menghasilkan 2X bunyi KLIK.
27 Oct 2012 10:46:46 #7
Avatar puteri.primanitasari
puteri.primanitasari
Total Post : 4
kapan usia maksimal anjing dapat dilatih dg clicker? dan biasanya kapan usia efektif anjing dapat dilatih? terima kasih.
27 Oct 2012 10:50:34 #8
Avatar Birkoff
Birkoff
Total Post : 34
@puteri.primanitasari setahu saya mulai umur 2/3 bulan, sudah bisa mulai dilatih. Untuk batas maksimumnya menurut saya tidak ada, asalkan masih bisa konsentrasi dan tertarik dengan treat, masih bisa dilatih.
24 Nov 2012 23:39:30 #9
Avatar David17
David17
Total Post : 57
pass dia sudah lakukan hal yg kita mau contoh nya sit katakan sit trus bunyikan cliker kasi treat?? atau gmn?
kapan kita sisip kan kata sit? biar dia ngerti kalau itu sit dan d saat kita minta tinggal bilang sit dia akan duduk?
01 Jan 2013 11:02:00 #10
Avatar Ryan.Narang
Ryan.Narang
Total Post : 1
clicker ini pake baterai ya?
17 Jan 2013 09:15:16 #11
Avatar valentina.angela.5
valentina.angela.5
Total Post : 4
Bilang sit nya setelah kita bunyikan clicker? atauu...  TKS!! juga info nya yahh
18 Jan 2013 13:44:42 #12
Avatar Michelle.Brigitta.Putri
Michelle.Brigitta.Putri
Total Post : 35
Di petshop ada clicker gak ya? terima kasih sebelumnya
Fitur Javascript tidak Aktif! Untuk menggunakan fasilitas ini, Javascript di browser Anda harus diaktifkan. Hubungi AnDi untuk bantuan.
 

Kirim Komentarmu disini

Upload Foto, Klik Disini
Thread IconAvatar User
Anjing-Anjing ini Tidak Kalah Antusias Menyambut Natal
Thread IconAvatar User
Seorang Kakek Ditemani Anjingnya Terjebak di Bawah Mobil Selama 4 Hari
Thread IconAvatar User
Doggie kesayangan makin Eksis dengan Fur Extension (Hair Extension khusus untuk anjing)
Thread IconAvatar User
Berapa Biaya Hidup Untuk Anjing? Biaya Untuk Makannya, Dokter, Grooming DLL
Kembali ke atas

0.9437