INFO Komunikasi Lebih Lancar & Pasti Sampai via Email ke AnjingDijual@gmail.com (Prioritas, dibalas lebih cepat!)
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
17 Oct 2014 11:27:25
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Penyebab Papilloma (Kutil) Pada Anjing dan Cara Pengobatannya


By Dr. Karen Becker

Kali ini kita akan membahas mengenai kutil atau papilloma, yang merupakan istilah medis dari kutil. Pada anjing disebut Canine Papilloma.

foto

Papilloma adalah sekelompok sel-sel abnormal bersifat jinak atau tidak berbahaya yang disebabkan oleh virus papilloma, sekelompok virus DNA yang menyebabkan tumbuhnya kutil pada kulit yang membentuk menyerupai kembang kol dan infeksi luka pada mulut anjing. Virus-virus ini cenderung mempengaruhi tiga kelompok anjing: anjing muda yang terkena oral papillomatosis, anjing-anjing yang mengalami penurunan sistem kekebalan tubuhnya (imunosupresi), dan anjing tua yang tumbuh kutil dengan seiring bertambahnya usia mereka.

Diasumsikan bahwa semua anjing telah terpapar virus papiloma. Tetapi karena semua virus canine papilloma bersifat opportunistik, maka mereka hanya bereaksi pada tubuh yang sistem imunnya tidak 100% sehat. (oportunistik artinya virus hanya menyerang ketika pertahanan sistem kekebalan tubuh lemah).

foto

Tidak ada kecenderungan jenis anjing atau jenis kelamin pada perkembangan papiloma, sehingga fungsi sistem kekebalan tubuhlah yang benar-benar menjadi faktor penentu apakah anjing bisa mengembangkan kutil atau tidak.

Kabar baiknya adalah kutil anjing tidak menular pada spesies lain. Jadi, tidak perlu khawatir Anda, kucing peliharaan atau anak Anda tertular dari virus kutil anjing Anda.

Papillomatosis pada Anjing Muda
Bentuk kondisi papillomatosis yang biasanya anjing muda alami adalah oral papillomatosis, dimana kutil muncul pada rongga mulut dan kadang-kadang, tapi jarang, muncul pada selaput lendir mata. Kelompok virus ini sering muncul dalam bentuk seperti benjolan daging menyerupai kembang kol. Virus ini menyebar melalui kontak langsung antara anjing, yang seringkali terjadi ketika mereka saling menjilati atau menyapa satu sama lain.

Virus juga bisa menyebar dengan cara lain - melalui gigitan serangga, luka terbuka, goresan/luka lecet, atau ketika peradangan muncul pada tubuh anjing. Tetapi yang pasti, kontak oral adalah cara penularan yang paling umum di antara anjing.


Canine oral papilomatosis biasanya terjadi pada anjing di bawah usia 2 tahun karena sistem imun mereka belum sekuat anjing dewasa. Sistem imun pada anjing muda masih belum matang dan kuat, sehingga kemungkinannya lebih besar untuk mengembangkan infeksi papiloma karena tubuhnya belum mampu meningkatkan kekebalan tubuh yang efektif untuk melawan virus.

Canine oral papilomatosis pada anjing muda seringkali secara spontan berkurang setelah beberapa bulan ketika sistem kekebalan tubuh akhirnya mampu menangkis dan menyembuhkan semua kutil di mulut.

foto
Papilloma kasus parah

Kasus oral papillomatosis yang parah terjadi pada anjing yang menderita kelainan imunodefisiensi kongenital, dimana tubuh tidak bisa mengenali respon imun yang diperlukan. Sehingga, infeksi virus besar-besaran terjadi dan luka pada mulut tidak sembuh. Anak-anak anjing dengan kondisi ini bisa memiliki ratusan kutil pada mulut mereka yang membuat hampir tidak mungkin untuk makan atau minum dengan rasa yang luar biasa sakit.

Pada kasus ini, obat topikal disebut imiquimod digunakan untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh untuk mengobati peradangan, dan memfasilitasi penghancuran virus oleh tubuh. Antibiotik azithromycin juga telah terbukti untuk membantu menyembuhkan luka mulut dalam waktu 15 hari. Tetapi dr.Karen Baker hanya merekomendasikan menggunakan obat-obatan ini jika anjing tidak makan dan kualitas hidupnya terganggu akibat kondisi ini.

Anak anjing dengan oral papillomatosis harus tetap dikarantina atau dipisahkan dari anjing lain sampai semua lukanya telah sembuh.

Papillomatosis pada anjing tua dan imunosupresi
Kategori lain dari anjing yang terkena papilloma adalah anjing tua dengan penuaan sistem kekebalan tubuh atau anjing yang diberikan obat immunosupresi seperti glucocorticoid seperti prednisone. Setiap obat yang menekan sistem kekebalan tubuh dapat mendorong virus papiloma untuk muncul.

Diagnosis Kutil/Papiloma
Dalam kebanyakan kasus, tes diagnosis tidak diperlukan karena sebagian besar vet bisa mengenali penampilan klasik dari papiloma. Karena kutil ini sifatnya jinak, maka menurut dr. Karen, aturan dasarnya adalah menghilangkan kutil ini hanya jika kondisi tersebut menyebabkan masalah pada kualitas hidup anjing Anda. Ini artinya, jika anjing berulangkali mengigiti atau menggaruk kutil sampai berdarah, atau jika kutil muncul diantara jari kaki dan menyebabkan anjing Anda berjalan pincang.

foto

Satu hal yang penting untuk diketahui tentang kutil adalah mereka hanya berkembang sampai ukuran tertentu dan kemudian, mereka akan berhenti. Satu kutil tidak akan tumbuh cukup besar untuk menutupi seluruh tubuh anjing.

Jika setiap benjolan kutil tampak terus bertumbuh dan berubah, maka periksakan ke vet Anda. Dalam kasus yang sangat jarang, kutil bisa berubah menjadi kanker kulit yang disebut Squamous Cell Carcinoma. Pada kanker kulit, kutil tidak berhenti tumbuh atau berubah. Setiap kutil yang dinamis atau terus berubah harus dimonitor dengan ketat oleh Anda dan Vet. Tetapi seperti disebutkan tadi, jenis kutil ini cukup langka.

Mengobati Kutil/Papiloma
Menurut dr. Karen, sayangnya banyak vet yang bahkan untuk kondisi kutil yang jinak sekalipun, mereka menyarankan operasi untuk menghilangkannya.

Dr. Karen menjelaskan cara pengobatan yang efektif terhadap kondisi ini adalah dengan meningkatkan kekebalan tubuh anjing.

Karena kutil biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan hanya mengganggu secara penampilan, ia menyarankan untuk menggunakan perkembangan kutil ini sebagai barometer untuk memantau kekebalan tubuh anjing apakah berfungsi baik. Ingat, menghilangkan kutil tidak bisa menghilangkan virusnya dari tubuh anjing Anda. Kecuali fungsi kekebalan tubuh ditingkatkan, tubuh anjing akan terus menghasilkan kutil.. Jadi, kuncinya adalah mencari cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh anjing.

Penting juga diketahui oleh dog owner bahwa pada anjing tua selain bisa mengembangkan virus papiloma, juga dapat mengembangkan tumor kulit non-virus yang juga jinak. Disebut Sebaceous adenomas dan epitheliomas. Meskipun tidak disebabkan oleh virus, kondisi ini tetap pada dasarnya tidak berbahaya dalam kebanyakan kasus dan tidak cenderung menimbulkan masalah.

Keterkaitan hubungan Kutil/Papilloma dengan Vaksin
Vaksin sebagai salah satu penyebab papillomatosis. Menurut dr. Karen, ini adalah alasan lain mengapa ia tidak merekomendasikan vaksinasi berlebihan pada anjing peliharaan. Seringkali kutil adalah indikasi bahwa anjing telah menerima terlalu banyak vaksin, atau memiliki reaksi negatif terhadap vaksin.

foto

Dr.Karen menambahkan, dengan mengurangi jumlah vaksin yang tidak perlu bagi anjing Anda adalah langkah pertama yang besar dalam mengurangi potensi terhadap papilomatosis.

Sebagian besar vet menganggap semua anjing telah terekspos virus papiloma. Goal yang harus dicapai adalah menjaga sistem kekebalan tubuh anjing Anda dengan mengurangi vaksin, memberi makan low-stress diet, dan menyediakan udara dan air bersih dan lingkungan hidup yang bebas kimia.

Sumber:
http://healthypets.mercola.com/sites/healthypets/archive/2012/10/01/dog-warts-treatment.aspx
Foto dari berbagai sumber

Last Edited : 17 Oct 2014 14:42:16
29 Aug 2016 14:00:28
#2
Avatar Chelzie.Crenna
Chelzie.Crenna
Total Post : 1
Anjing saya sudah berumur 12 tahun dan mulai timbul beberapa kutil di tubuhnya. Apakah dengan pemberian multivitamin sudah cukup untuk membantu boosting immunnya?Atau mungkin perlu diberi immunbooster lainnya?
Terima kasih.

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.