INFO Komunikasi Lebih Lancar & Pasti Sampai via Email ke AnjingDijual@gmail.com (Prioritas, dibalas lebih cepat!)
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
20 Jan 2014 14:16:35
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Kebiasaan Tidur Bareng Anjing, Bisa Membawa Efek Buruk

foto

Tidak jarang pemilik anjing yang membiarkan anjing mereka tidur sekasur bersama mereka. Alasannya, mungkin karena ingin membuat anjingnya merasa nyaman, tenang, tidak kesepian, dsbnya. Tahukah Anda, bahwa beberapa masalah bisa timbul dari kebiasaan anjing Anda tidur bersama di kasur Anda. Jika Anda belum memulai kebiasaan itu, maka yang terbaik adalah jangan memulainya, karena begitu Anda mulai mengijinkan anjing Anda untuk tidur di tempat tidur Anda, maka kebiasaan itu akan sangat sulit untuk diubah.

Efek buruk bagi Anjing Anda
Menurut para ahli, membiarkan anjing Anda tidur dalam kasur yang sama dengan Anda akan memberikan pengaruh negatif terhadap peran pack leader Anda bagi anjing Anda. Memberikan anjing Anda ruang yang sama dengan Anda, sama halnya dengan menempatkannya di posisi yang sama dengan Anda atau menyerahkan sebagian kewenangan Anda sebagai pack leader untuknya. Hal ini akan membuat anjing Anda sulit untuk memahami kedudukan Anda sebagai pack leader dan ia akan cenderung kurang mematuhi perintah Anda. Ia juga akan semakin sering menandai wilayah kekuasaannya (territorial marking) atau menunjukkan agresi terhadap hewan peliharaan lain yang mencari perhatian Anda.

Anjing yang tidur sekasur dengan pemiliknya juga bisa mengalami separation anxiety dan stres yang cukup besar saat pemiliknya pergi. Ini bisa memicu perilaku menggonggong berlebihan, lebih sering menandai wilayahnya, dan mengunyah atau menggigiti barang.

Efek buruk bagi Anda
Selain mengaburkan batasan antara pemilik dan anjingnya, saat Anda membiarkan anjing Anda tidur sekasur dengan Anda, maka Anda memungkinkan anjing Anda untuk membawa kotoran, bakteri dan zat lain dari luar masuk ke kasur Anda. Banyak ahli profesional yang setuju bahwa kebiasaan ini sangat tidak higienis.

Tidak hanya kesehatan tubuh Anda bisa bermasalah karena bakteri, siklus tidur Anda juga mungkin bisa terganggu karena suara dengkuran anjing Anda, gerakkannya di kasur atau lainnya bisa mengganggu tidur nyenyak Anda.

Tips Cara Menjauhkan Anjing Anda dari Tempat Tidur Anda
Berikut cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan kebiasaan anjing Anda tidur di kasur Anda:

- Hal pertama yang dapat dilakukan adalah membeli kasur anjing yang nyaman bagi anjing Anda. Untuk memulai peralihan, tempatkan kasur baru anjing Anda di sebelah kasur Anda. Isi kasur dengan mainan favoritnya dan bahkan Anda bisa menaruh baju bekas Anda. Jangan langsung ekstrim dengan menaruh kasur anjing di ruangan lain, karena hanya akan membuat anjing Anda bingung. Lakukan perlahan-lahan agar peralihan tsb berjalan lancar.

- Ajari anjing Anda untuk menjauhi kasur Anda dengan menggunakan leash dan kata perintah "off" (atau apa saja kata yang ingin Anda gunakan, yang penting konsisten dan mudah dimengerti). Anjing Anda akan belajar untuk menjauh dari kasur Anda melalui pengulangan/repetisi. Yang harus Anda lakukan adalah membawa anjing Anda ke kamar Anda dengan memakai leash. Saat ia mencoba untuk melompat ke kasur Anda, cukup tarik leashnya dengan lembut dan katakan "off". Begitu ia menjauh dari kasur, katakan padanya untuk "sit" (duduk). Berikan pujian kepadanya ketika ia menjauh atau menurunkan kakinya dari kasur dan duduk. Ia akan mengasosiasikan pujian Anda dengan tindakannya menjauhi kasur.

- Setelah Anda memujinya, bawa ia ke kasurnya dan suruh ia berbaring disana. Begitu ia mulai berbaring di kasurnya, berikan pujian lagi kepadanya. Selain pujian, Anda bisa menggunakan treat/cemilan kesukaannya sebagai reward untuk tindakanya yang benar. Namun kadang-kadang saja, jangan terus menerus, karena memberikan treat berlebihan kurang baik baginya.

- Pada kebanyakan kasus, setelah beberapa minggu diajarkan seperti tadi, anjing Anda akan mulai tidur di kasurnya sendiri. Dan pada akhirnya, Anda bisa memindahkan kasurnya ke ruangan lain tanpa masalah.

Catatan: pada awal-awal latihan, bersiaplah untuk melihat anjing Anda merengek kepada Anda. Meskipun tidak mudah, namun dengan konsistensi, kesabaran, dan dengan menunjukkan sikap pack leader Anda, maka ini akan menjadi hasil terbaik bagi Anda dan anjing Anda.
Selama latihan, jangan plin plan atau sekali-sekali mentolerir anjing Anda untuk naik ke kasur Anda dengan alasan karena Anda merasa tidak tega, dsbnya. Hal itu hanya akan menggagalkan latihan Anda dan sulit untuk mencapai goal Anda.
Yang terpenting adalah Konsisten!

Sumber/diterjemahkan dari:
http://www.vetinfo.com/dog-stop-sleeping-bed.html
dogcare.dailypuppy.com/can-breaking-dog-sleeping-affect-him-emotionally-5988.html

Last Edited : 20 Jan 2014 14:24:29
24 Feb 2014 11:54:28
#2
Avatar ChOcCoLaTTe
ChOcCoLaTTe
Total Post : 21
aduhhhh.... susah.. nga tega... cwy
16 Apr 2014 13:28:34
#3
Avatar thrivena
thrivena
Total Post : 78
TOSSSS !!!!!!!!
27 Apr 2014 09:28:59
#4
Avatar Christin.Charlotte
Christin.Charlotte
Total Post : 17
Ga tega...
03 May 2014 15:03:47
#5
Avatar montotoyupi
montotoyupi
Total Post : 30
nggak tega cwy
21 Dec 2015 09:29:53
#6
Avatar claravika4
claravika4
Total Post : 1
itu kra2 selang waktu berapa lama? anjing saya bobo ny di kandang, tpi di kmar saya.. klo d ksh mainan gtu dia bkal betah d kandang? trus anjing saya lmayan pinter jga kdang.. dia bsa kluar sndr dr kandang... jd pintu kndang ny aku hadapin tembok biar dia ga bsa kluar
27 Jul 2016 14:57:37
#7
Avatar klemensmaple
klemensmaple
Total Post : 1
anjingnya jadi jinak sama kita
15 Sep 2016 15:24:54
#8
Avatar Irra.Sitanggang
Irra.Sitanggang
Total Post : 1
terima kasih infonya. mudah-mudahan saya dan suami bisa konsisten menerapkannya. karna kita gak tega kalau liat anjing pug kita tidur di kasurnya sendirian. huhu
17 Dec 2017 19:22:26
#9
Avatar sensen
sensen
Total Post : 2
Sok tau..yah gimana didikkan lah bro..

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.