AnjingDijual@gmail.com | anjingdijual @anjingdijual @anjingdijual
  Pasang Iklan Anjing /  Pasang Iklan Produk /  Info Rek. & Konfirmasi /  Hubungi AnDi
E-mail   Password   Lupa Password? | Daftar/Register |

PAL 7 Petshop PAL 7 Petshop PAL 7 Petshop PAL 7 Petshop
Buat Thread BaruKirim FotoKirim Komentar
21 Mar 2013 13:48:41 #1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 775
Tips Cara Memotong Kuku Anjing yang Aman ( Disertai video panduan)
a user uploaded image

Mengapa kuku anjing harus dipotong?


Kuku anjing terus berkembang seperti manusia. Beberapa anjing yang hidup di luar, kukunya bisa secara alami terkikis saat berjalan di permukaan trotoar, kerikil atau beton. Namun sebagian besar anjing peliharaan hidup di dalam ruangan dan tidak menghabiskan cukup waktu di permukaan tadi untuk menjaga kukunya tetap pendek. Jika dibiarkan tumbuh panjang, beberapa kuku anjing akan melengkung kebawah dan bisa memasuki bantalan kakinya. Hal ini menyebabkan luka dan infeksi yang sangat menyakitkan. Meskipun tidak sampai melengkung ke bawah, kuku panjang bisa membuat anjing kesulitan untuk berjalan terutama pada permukaan licin. Selain itu, kuku panjang bisa dengan mudah tersangkut pada sesuatu dan kuku menjadi sobek atau terbelah. Dan kembali lagi, ini sangat menyakitkan bagi anjing anda.

a user uploaded image

Seberapa sering saya harus memotong kuku anjing saya?

Jawabannya tergantung pada anjing anda. Laju pertumbuhan kuku versus seberapa sering anjing berada di alam atau permukaan yang disebutkan di atas tadi. Untuk menentukan kapan waktunya untuk memangkas kuku adalah jika kuku anjing sudah menyentuh lantai saat mereka berdiri. Pada umumnya, kebanyakan anjing perlu dipotong kukunya setiap setiap bulan atau dua bulan sekali. Kuku depan cenderung tumbuh lebih cepat dibandingkan kuku belakang, jadi anda mungkin hanya perlu memangkas kuku belakang lebih tipis.

Bagaimana jika saya memotong terlalu dalam dan berdarah?

a user uploaded image
Jangan panik, ini bukan hal yang darurat. Anda bisa gunakan bubuk obat penahan darah, jika tidak tersedia, gunakan beberapa tepung jagung atau tepung terigu yang ada di dapur anda. Gunakan bola kapas, tisu, atau tisu kertas untuk menghapus darah sebanyak mungkin. Ambil sedikit bubuk dan segera taburkan ke ujung kuku. Berikan waktu kepada anjing anda untuk istirahat dan memberinya reward sebelum melanjutkan ke kuku lainnya. 

Bagaimana cara memotong kuku yang tepat agar tidak berdarah?

Video berikut ini akan memberikan beberapa tips bagaimana cara memotong kuku anjing anda tanpa harus membuatnya berdarah. Dari sudut pandang pelatihan anjing, hampir mustahil atau sulit untuk menurunkan rasa sensitifitas/ketakutan anjing saat akan dipotong kukunya jika setiap kali dipotong seringkali terlalu pendek dan menyebabkan berdarah. Kegiatan potong kuku mungkin bukan kegiatan yang disukai oleh kebanyakan anjing, bayangkan jika anjing tersebut mengalami pengalaman buruk seperti berdarah atau rasa sakit yang dialaminya saat dipotong kukunya tentu akan membuatnya lebih sulit untuk mau melakukannya lagi.

Sangat disarankan untuk memberikan rangsangan positif bagi anjing yang pernah mengalami pengalaman buruk saat potong kuku di masa sebelumnya. Untuk membuatnya lebih mudah, berikan treat begitu selesai memotong setiap kuku (satu kuku potong->berikan treat, dstnya). Beberapa anjing mungkin ada yang lebih sulit dan memerlukan rangsangan positif secara bertahap misalnya dengan memberikan treat setelah anda menyentuh kakinya. Kemudian maju bertahap menyentuh kukunya dan jika dimungkinkan mencoba memotong satu kukunya per sesi (tentu saja anda harus memastikan memotongnya dengan teknik yang benar sehingga tidak lagi muncul trauma baru).

Dalam video ini akan diberikan cara memotong kuku anjing yang berbeda dengan cara pada umumnya. Bukan berarti cara yang umumnya digunakan salah/tidak benar namun terkadang masih banyak orang yang mempraktekkan kurang tepat sehingga menyebabkan mereka memotong kuku anjing terlalu pendek atau dalam sehingga mengakibatkan terkena area yang disebut Quick.

a user uploaded image

Quick adalah bagian dari kuku yang terdiri dari saraf dan pembuluh darah yang jika terkena potong akan menyebabkan berdarah dan anjing akan merasakan sakit. Quick kadang bisa terlihat berwarna pink, namun pada kuku anjing yang hitam area ini sulit terlihat. Dan perlu diketahui bahwa quick tumbuh bersama dengan kuku, jadi jika kuku sangat panjang maka kemungkinan quicknya juga sangat panjang. Anda dapat mendorong quick menyusut kembali dengan memotong sedikit saja atau tipis ujung kuku setiap dua minggu sekali selama beberapa bulan.

Berikut video 1 cara memotong kuku anjing agar tidak terlalu dalam/pendek. Agar anda mengerti dengan jelas, sebaiknya ditonton sampai selesai



Sebagai perbandingan, berikut video 2 cara yang umumnya digunakan orang. Untuk cara ini sebenarnya selama anda memotong ujung kuku tipis saja atau dalam jumlah kecil saja, bisa dipraktekkan secara aman.



Well, untuk cara mana yang mau anda gunakan apakah video 1 atau video 2, diserahkan kembali kepada Anda


Sumber:
dogs.about.com
selfhelpdogtraining.com
Last Edited : 21 Mar 2013 14:12:00
25 Mar 2013 11:12:43 #2
Avatar ruben.rasmin
ruben.rasmin
Total Post : 2
Saya punya anjing pincer berumur hampir 2th tapi kalau kencing kok warnanya selalu kuning dan sering sekali kencing, jika dibawa jalan hampir di setiap pohon berhenti dan kencing.
Bagaimana caranya agar anjing saya itu tidak sering kening? Terima kasih (Ruben)
03 Apr 2013 20:30:43 #3
Avatar ChOcCoLaTTe
ChOcCoLaTTe
Total Post : 21
Pasti minpin nya cowoq yahhhh....
15 Apr 2013 13:46:28 #4
Avatar ichito
ichito
Total Post : 102
@nikita: nice share nikita....

@ruben : itu ciro anjing menandai wilayahnya... sangat biasa terjadi kok kan anjingnya cowok..
19 Aug 2014 09:45:53 #5
Avatar Dhea.Agatha
Dhea.Agatha
Total Post : 1
Saya punya anjing shi tzu cowok umurnya hampir 3thn tp klo kencing msh jongkok ga angkat 1 kaki gtu, solusi nya apa ya? Makasih (dhea)
Fitur Javascript tidak Aktif! Untuk menggunakan fasilitas ini, Javascript di browser Anda harus diaktifkan. Hubungi AnDi untuk bantuan.
 

Kirim Komentarmu disini

Upload Foto, Klik Disini
Thread IconAvatar User
anjing tidak mau diam saat didalam kandang
Thread IconAvatar User
Ini Boneka atau Anjing? Boneka atau Anjing?! Silahkan tebak sendiri...
Thread IconAvatar User
The 2nd Indonesian ABKC American Bully n Pitbull Show in Bandung, 13-14 October 2012
Thread IconAvatar User
berat dan ukuran yang pantas untuk puppy rottweiler
Kembali ke atas

1.0355