Halo AnDi: 0812.8600.8900 (Bukan Penjual) | AnjingDijual@gmail.com | anjingdijual @anjingdijual @anjingdijual
  Pasang Iklan Anjing /  Pasang Iklan Produk /  Info Rek. & Konfirmasi /  Hubungi AnDi
E-mail   Password   Lupa Password? | Daftar/Register |

PAL 7 Petshop PAL 7 Petshop PAL 7 Petshop PAL 7 Petshop
Kirim KomentarKirim FotoBuat Thread Baru
31 Jul 2012 16:24:44 #1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 732
Virus Parvo pada anjing, Gejala dan Tanda-tandanya, Info berguna untuk semua Dog Lovers
Virus Parvo / Canine Parvovirus merupakan penyakit virus yang sangat menular dan dapat menghasilkan penyakit yang dapat mengancam nyawa penderitanya. Virus ini menyerang dengan cepat memisahkan sel-sel tubuh dalam tubuh anjing dan yang paling parah adalah menyerang saluran ususnya. Parvovirus juga menyerang sel darah putih dan jika sejak muda terinfeksi virus ini, maka virus akan menghancurkan otot jantung dan bisa menyebabkan masalah jantung pada anjing seumur hidupnya.

a user uploaded image

Parvo adalah penyakit yang sangat serius dan berpotensi mematikan. Puppies yang terjangkit penyakit ini seringkali mati karena masalah penyakit yang ditimbulkan oleh virus ini. Kebanyakan anjing yang terkena penyakit ini berada di bawah umur 1 tahun. Parvo sangat menular dan tidak memerlukan kontak langsung. Parvovirus bisa hidup di dalam tanah atau feses anjing yang sudah terinfeksi selama satu tahun, bahkan pada temperatur yang ekstrim.

Masa inkubasi parvovirus adalah antara 3 sampai 10 hari. Gejala-gejalanya dapat mulai muncul segera setelah masa inkubasi tersebut, berkembang pesat dalam waktu 12 jam atau kurang dari itu.

Meskipun anjing anda selalu berada di dalam atau halaman rumah anda, parvo bisa dengan mudah ditularkan. Penyakit ini bisa datang dari sepatu, ban atau dari apapun yang bisa kontak dengan tanah atau feses yang terinfeksi.

a user uploaded image

Gejala dan tanda-tanda anjing terkena virus Parvo :
  • Lesu
    a user uploaded image
    Ketika anjing anda tampak seperti depresi dan kelelahan bahkan di saat sedang beristirahat, maka segera hubungi dokter hewan. Ini adalah tanda yang paling umum adanya masalah kesehatan pada anjing.

  • Muntah
    a user uploaded image
    Jika anjing anda muntah tanpa ada alasan yang jelas, hubungi dokter hewan.

  • Pup berdarah
    Berak/diare berdarah adalah salah satu dari gejala parvo yang berbahaya. Jika ditambah dengan muntah, bisa membuat anjing anda dehidrasi dengan sangat cepat.

  • Demam tinggi
    a user uploaded image
    Hal ini harus dikontrol untuk menjaga agar kesehatan anjing.

  • Kurang nafsu makan
    a user uploaded image
    Jika biasa anjing sangat lahap menyantap dog foodnya, kali ini, dia akan kurang nafsu makan dan bahkan tidak mau makan, yang menyebabkan tubuhnya akan semakin lemah.

  • Feses / poop berbau aneh
    Anjing parvo memiliki feses yang baunya sangat pekat dan aneh. Saat gejala ini terjadi, mungkin sudah terlambat untuk menyelamatkan anjing tersebut.

Jenis-Jenis Virus Parvo :
Tidak semua anjing mati jika terinfeksi parvo.  Ada jenis yang lebih mematikan daripada yang lain. Ada dua jenis umum dari parvovirus, yaitu Intestinal Parvovirus dan Cardiac Parvovirus.

  • Intestinal Parvovirus
    Intestinal Parvovirus adalah jenis paling umum.  Jenis ini menginfeksi aliran darah dan menyerang lapisan saluran pencernaan, sumsum tulang, dan sel. Usus rusak dan menyebabkan bakteri masuk ke dalam aliran darah, menambah komplikasinya menjadi lebih besar.

  • Cardiac Parvovirus
    Cardiac Parvovirus adalah jenis parvo yang paling mematikan. Jenis ini menyerang jantung dan bisa membunuh dengan atau tanpa ada gejala. Jenis ini menginfeksi sebagian besar puppies yang masih sangat kecil.


Pengobatan
Bawa anjing anda ke dokter hewan segera setelah melihat gejala parvo muncul adalah kesempatan terbaik untuk menyelamatkan anjing anda. Meskipun tidak ada obat untuk parvo, dokter hewan akan memberikan infus pada anjing untuk melawan dehidrasi dan kekurangan gizi. Vitamin, gula dan potassium juga akan diberikan bersama dengan antibiotik untuk membantu mencegah infeksi. Pada kasus yang ekstrim, transfusi darah mungkin diperlukan.

a user uploaded image

Pencegahan
Membantu mencegah parvo pada anjing anda dengan memberikan vaksinasi sejak masih kecil. Puppies mendapat beberapa kali suntikan untuk memulai proses vaksinasi, mendapat satu kali suntikan setiap tahun untuk beberapa tahun pertama sejak lahir. Beberapa dokter hewan merekomendasikan untuk memberikan vaksin pada anjing anda setahun sekali, berapapun usianya. Anjing yang berhasil selamat dari parvo biasanya kebal untuk terkena penyakit ini lagi, meskipun ada beberapa kasus yang bisa terkena lagi.

a user uploaded image

Jika anda pernah memiliki anjing yang menderita parvo, tunggu setidaknya satu tahun sebelum membawa anjing baru ke dalam rumah anda. Meskipun tidak menular melalui udara seperti virus lainnya, parvo virus bisa hidup dalam tanah dan menginfeksi anjing dengan sangat mudah. Mencuci dengan sabun dan air tidak akan membunuh virus. Bahan pemutih dikenal cukup kuat untuk membunuh virus pada benda padat seperti piring makan dan lantai.

Sangat penting untuk mengenali tanda-tanda parvovirus dan menjaga agar anjing anda tetap aman. Punya pengalaman? Share disini juga yah...

Sumber: dogs.lovetoknow.com
Last Edited : 31 Jul 2012 19:38:56
06 Aug 2012 17:02:49 #2
Avatar Kezia
Kezia
Total Post : 3
puppy pom ku kena parvo siis uda hampir 1 tahun yg lalu, sekarang sembuh total, mungkin ak bisa share sedikit tentang perawatannya.  (tapi ga menjamin ya untuk mungkin sekarang ada yg terkena parvo, karena kekebalan tubuh masing2 dogi berbeda. sekedar share mudah2an membantu)

dogi ku terkena parvo di umur 2bulan karena telat vaksin karena sebelumnya pupnya cair, dlu induknya mati karena sesar dan ak titip ke sodara, begitu di bawa ke rumah pupnya cair dan ak bawa ke dokter, ga lama mulai terlihat muntah dan pup berdarah, bbrpa hari puppynya lesu gamau makan n gabisa berdiri, pupnya pun cair.
perawatan versi saya :
1. kandang yang hangat (pake lampu), karena suhu badan yg turun terus, jadi kita pertahankan suhu sekitarnya ttp hangat
2. kandang nya harus selalu bersih.
2. diberi obat penambah kekebalan dari dokter.
3. di infus kalau uda 1hari gamau makan. ak waktu itu di infus 10jam di rumah.
4. beri makanan yg dia mau makan (sudah lepas infus, langsung makan banyak daging ayam rebus, puppynya cuman mau itu, rakus bgt makannya tapi masih sulit untuk berdiri)
5. yang terakhir paling ampuh sih kasih sayang dan DOA. kita panggil2 namanya sambil disayang2 (kalau punya lebih dari 1 dogi di rumah di sarankan memakai baju yang berbeda untuk penanganan puppy yg sakit, jangan lupa persiapkan sabun antiseptik untuk menjaga kebersihan agar dogie lain tidak tertular)
saran dokter sih cukup 1 org saja yang menangani dogie sakit, dan org tsb jangan menangani dogie yang sehat dlu. 
Puji Tuhan, sesudah sebulan dogie saya sehat dan langsung divaksin yang pertama. sampe sekarang sehat dan nakal sekali.
dogi yang sudah di vaksinasi tetapi badannya ga fit bisa saja terkena penyakit berbahaya, jaga dan perhatikan hewan kesayangan anda sebelum terlambat yaa
mudah2an cukup membantu yah.
23 Aug 2012 15:29:18 #3
Avatar Anggia.Arbiansyah.Berzmany
Anggia.Arbiansyah.Berzmany
Total Post : 2
hai AnDi & doglovers, saya mau tanya mengenai anjing yang baru saya beli beberapa hari yang lalu. saya membeli anjing jenis shih tzu dengan usia +- 3 bln (kata pedagangnya), puppy saya ini susah sekali untuk makan dan poop nya kadang berdarah dan encer kadang padat tidak berdarah, itu kenapa ya, apakah bisa dikategorikan terjangkit virus ini? please advise. thank in advance all
23 Aug 2012 15:31:48 #4
Avatar Anggia.Arbiansyah.Berzmany
Anggia.Arbiansyah.Berzmany
Total Post : 2
tambahan informasi sedikit kalau puppy saya ini saya taruh didalam rumah, dia selalu tidur terus (tidak lemas) bergairah nya hanya jika saya akan membuka pintu depan rumah saja ketika ingin keluar rumah...
17 Nov 2012 00:08:29 #5
Avatar christine.vivian.184
christine.vivian.184
Total Post : 1
kalau puppy yg trkena penyakit ini , hnya dikasi obat , infus , kehangatan suhu udara dan kbrsihan kandang , apa si puppy bisa sembuh ?
18 Nov 2012 21:06:57 #6
Avatar Bobi.Balabala
Bobi.Balabala
Total Post : 1
>anjing ku ada 2 :yaitu jenis terrier dan keturunan golden , mati dalam waktu hanya 3 hari sejak tidak mo makan dan muntah , diikuti dng buang air besar cair pekat dan berdarah .
>waktu baru dapat belum langsung divaksin
>anakku michael menangis bersedih ......
09 Jan 2013 18:05:23 #7
Avatar komalasari.junaedi
komalasari.junaedi
Total Post : 1
mau tanya...
apakh bisa smbuh dari parvovirus?? udh 2hari dog aku muntah,berak bau banget.. lemes,gak nafsu makan
udah aku bwa k klinik hewan, tapi gak tahan merasakan dog menderita menahan kesakitan ithu....
15 Jan 2013 22:51:53 #8
Avatar liona.sumanti
liona.sumanti
Total Post : 1
Anjing saya jenis siberian husky. td pagi dy mati. tetapi saya masih agak bingung ni dy mati karena virus atau karena keracunan obat. Anjing saya mulai sakit sabtu tgl 12 jan. Awalnya dy g mw makan, karena g mau makan saya hubungin dokter, saya tax obtx apa. setelah tu dokter menyarankan untuk diberikan susu beruang. saya ikutin saran dokter, dan anjing saya mau minum. tiba2 pada malam harinya dy tambah lemas dan pupnya cair tetapi tidak ada darah. Pada minggu pagi papa saya liat anjing saya pupnya cair dan ada sedikit darah. akhirnya minggu pagi itu anjing saya dibawa kedokter. Dokter hanya memberikan suntikan, dan mengatakan bahwa anjing saya ususnya luka karena cacingan. Setelah dirumah anjing saya berenti pup, tetapi muntahnya jadi lebih sering. saya coba hubungin dokter, dan dokter kasih resep obat. tetapi obat tersebut tidak mempan jg. sampai pada hari senin dokter berkata tidak apa2 di ksh obat sanmag. papa saya belikan obat tersebut dan diberikan kepada anjing saya. Pada malam harinya pada saat saya pulang kerumah saya liat anjing saya tmbah lemas dan masih tetap muntah. tiba2 pada pukul 10 lebih anjing saya berdiri mendatangi saya yg sedang duduk dan tiba2 dy pup darah. pupnya sangat bau. setelah tu sejam kemuadian anjing saya muntah dan nafasnya jadi sangat cepat. setelah nafasnya kembali netral saya tinggal dy tidur. pada keesokan paginya hari selasa tgl 15 jan, adik saya menemukan anjing saya sudah terbaring kaku alias mati, dan terdapat pupnya yg berdarah di sekitar tempat dy tidur yg sudah menjadi kering. yang saya mw tanya apakah itu karena virus tersebut atau karena salah obt? saya juga mau menanyakan, pacar saya mw membelikan anjing dengan jenis yg sama dalam beberapa wktu k dpn. gmn y cara antisipasinya agar tidak terjangkit ke anjing yg akan pacar saya beli? karena nantinya anjing itu akan dipelihara di rumah saya. dimana tempat anjing saya yg sebelumnya mati.. Tolong saran dan infonya ya. saya sangat membutuhkannya, karena jujur saja saya sangat sedih dengan kematian anjing saya ini.. thanks..
29 Jan 2013 12:38:12 #9
Avatar Ling.Ling
Ling.Ling
Total Post : 1
anjing saya sudah sakit seminggu..makan dan air yang masuk ke perut dalam beberapa menit dimuntahkan keluar..badan sudah kurus kering n lemas..sudah ke 2 dokter berbeda,sudah dikasi infus,suntik vitamin n obat tp keadaan masih ga membaik..kulit anjing saya berubah warna jd kuning..muntahan anjing di lantai semen berbekas warna putih..anjing saya tidak pup n pipis,mungkin karna tidak ada makanan yang dikonsumsi..saya sudah berusaha memberi segala macam cairan,susu,air madu,dll tp tetap dimuntahkan keluar..skrg saya hanya bs menatap sedih anjing saya yg kurus kering.mohon saran dan info dari teman2,sekecil apapun peluang yg ada,saya ga akan berhenti menyelamatkan anjing saya..thank...
29 Jan 2013 20:46:32 #10
Avatar Hulk
Hulk
Total Post : 130
kulit kuning gejala lepto, kerusakan pada hati
udah coba kasih pien tze huang? kali aja bisa sembuh
12 Feb 2013 12:38:11 #11
Avatar Adri.Laksmana
Adri.Laksmana
Total Post : 1
saya punya anjing lokal bali. umur baru 5 bulan. Sudah hampir seminggu ini nafsu makan nya turun, kadang sehari tidak mau makan.
keadaannya lemas, lebih suka tiduran, padahal sebelumnya dia sangat hiperaktif. 
apa anjing saya terkena virus parvo..?

mohon sarannya ya..terima kasih
15 Feb 2013 13:32:24 #12
Avatar lia.lidwina.5
lia.lidwina.5
Total Post : 2
anjing saya jenis pom, dia sekarang lagi sakit muntah terus dan berak darah, sama dokter dikasih Flagyl 3 x 3ml sehari dan dikasih primperan cair 3 x 3ml sehari. saran dokter jangan dikasih makan dulu , diganti  makanan padat dengan Renalyte untuk asupan su[aya tidak dehidrasi. Sekarang anjing saya tidak muntah lagi, pub cairnya yg berdarah pun berkurang. tapi masih lemas, untuk buka mulut saja malas. Mudah"an najing saya bisa sembuh..
15 Feb 2013 15:55:59 #13
Avatar Melinda.Surya
Melinda.Surya
Total Post : 7
mau tanya, saya ada anjing pom skrg umur 7 bulanan. akhir2 ini suka muntah, dan muntahnya warna kuning,ada item2 bercak dikit, tapi kondisi anjing incah n doyan makan. kaya gt knp ya? bahaya tidak? terima kaish
25 Feb 2013 22:01:15 #14
Avatar Sia.Ong.Ong
Sia.Ong.Ong
Total Post : 1
Kalo sdh lemas and ngak mau makan , jangan dibawa ke dokter hewan biasa.... Baiknya lsg dibawa kerumah sakit hewan and diperiksa poop/darahnya.... itu satu2nya cara menyelamatkan anjing/ puppy kita. Krn rumah sakit tau cara penanganan yg terbaik buat anjing/puppy kita dari hasil test darah.

Kalo dirumah ada lebih dari satu anjing/puppy, sebaiknya yg belom sakit segera test darah juga.

Good Luck
Sia Ong
a user uploaded imagea user uploaded imagea user uploaded imagea user uploaded imagea user uploaded image
Last Edited : 25 Feb 2013 22:32:55
26 Feb 2013 01:51:26 #15
Avatar Veronica.Alpharia
Veronica.Alpharia
Total Post : 1
Anjing shih tzu saya kena parvo.awalnya sehat.tiba2 pagi muntah busa.tapi pup nya masi bagus.keesokannya pup campur darah+muntah kuning.lgsung saya bawa ke dokter.katanya cacingan.drumah saya kasi obat dr dokter.masih muntah juga.malamnya sya bawa ke rumah sakit yg sama.lgsung di opnam.tdi tes kit.positif parvo..semoga cepat sembuh..hanya daya tahan tubuh+semangat yg bs menyembuhkannya..
16 Mar 2013 19:47:43 #16
Avatar Tricia.Colline
Tricia.Colline
Total Post : 1
Dulu sya pnya pom.. Wktu beli umur ny 2 bulan ( kata si peternak anjing ny) trs si tukang ny ngom klo anjing in ud di vaksin... Ya sya sih percaya aj krna sya bru pertama kali beli anjing.. Bru -+10 hari di rmah sya.. Trs sya sbuk 1 hari full.. Sya titip anjing sya di peternak dmna sya beli dia.. Wktu malem jam 11 an sya jemput terus bsk pagi ny dia lemes gk mau mkan trs muntah2.. Sya takut jdi lngsng sya bwa ke dokter.. Kta dokter masuk angin trs maag.. Jdi sma dokter dikasih milanta ( obat maag) makin siang ny dia makin lemes trs muntah2 walaupun ud di kasih milanta sesuai anjuran dokter.. Sore sya bwa ke dokter lgi. Sesampe di dokter anjing sya pup darah dan sgt bau.. Lalu dokter berkata klo anjing sya kena parvo.. Dan dia lnsng di opnam. Lusa ny dia meninggak gra2 gk kuat menahan rasa skit akibat pup darah terus dan muntah.. Ini crita sya.. Terima kasih... Oiaa sya dger2 skrg ad obat tradisional yg bsa ngembuhin parvo kta ny bsa kok pake air dawegan!!!!
25 Mar 2013 11:31:20 #17
Avatar anto.teguh3
anto.teguh3
Total Post : 1
untuk mencegah parvo selain vaksin terus apa laghi
03 Apr 2013 05:30:29 #18
Avatar yos.modifed
yos.modifed
Total Post : 1
saya punya puppies pitbull dia sering gak mood makan 
kadang makanya banyak kadang makanya dikit 
kmren ini dia  buang kotoran ada darahnya 
bisa  di kaish tau gejala apa inia user uploaded image
Last Edited : 03 Apr 2013 05:32:37
04 Apr 2013 14:43:30 #19
Avatar juwita.harold
juwita.harold
Total Post : 1
anjing saya baru berumur 2 bulan, sebelumnya anjing saya juga pernah mati, karna terkena virus parvo, kotorannya bauk dan bercampur darah, lemas dan gak mau makan. Saya gak sempat bawa anjing saya ke dokter hewan, karna hanya beda 2 hari, anjing saya sudah mati. Sekarang anjing saya juga mempunyai gejala yang sama, namun hanya gejala malas makan dan muntah2. Apakah terkena virus parvo juga. Please infonya...
Last Edited : 04 Apr 2013 14:59:57
22 Apr 2013 00:50:29 #20
Avatar miniclosets
miniclosets
Total Post : 1
Ia puppy sy jg jenis pug dan baru 2bulanan, pertama dtg makannya lahap dan aktif tp mencret2 kata pemilik petshop mgkn nga cocok dgn dogfoodnya trus di suruh ngasih entrostop dan amoxicilin 1/2 3x1, dan setelah 4hr sdh tdk mencret lg, jd sy hentikan obatnya. Besok malamnya tiba2 anjing sy lemas, tidak mau makan pdhl siangnya msh makan dgn lahap, semakin malam semakin loyo dan mulai muntah tp yg keluar manakan yg di makan td sore, si puppy jg sempat mencret sekali, apa ini termasuk gejala parvo ? Ataukah bloating ? Krn puppy jg kentut2 brp kali, trus sejak di beli perutnya mmg spt besar aneh, puppyku spt anak busung lapar gtu, tolong dong infonya plizzzzzz
Fitur Javascript tidak Aktif! Untuk menggunakan fasilitas ini, Javascript di browser Anda harus diaktifkan. Hubungi AnDi untuk bantuan.
 

Kirim Komentarmu disini

Upload Foto, Klik Disini
Thread IconAvatar User
Dengan Secarik Kertas, Anjing ini Menyelamatkan Tuannya
Thread IconAvatar User
Masalah Kesehatan yang Umum Terjadi pada Jenis Anjing Kecil
Thread IconAvatar User
Nutrisi kunci kesehatan kulit dan keindahan bulu.
Thread IconAvatar User
Ribuan Anjing Liar Dimusnahkan untuk Persiapan Olimpiade Sochi
Kembali ke atas

0.4633