Halo AnDi: 0812.8600.8900 (Bukan Penjual) | AnjingDijual@gmail.com | anjingdijual @anjingdijual @anjingdijual
  Pasang Iklan Anjing /  Pasang Iklan Produk /  Info Rek. & Konfirmasi /  Hubungi AnDi
E-mail   Password   Lupa Password? | Daftar/Register |

PAL 7 Petshop PAL 7 Petshop PAL 7 Petshop PAL 7 Petshop
Kirim KomentarKirim FotoBuat Thread Baru
22 Nov 2012 16:16:28 #1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 764
Cara Mengatasi Anjing Takut Dengan Suara Petir
a user uploaded image

Pada saat musim hujan tentu saja suara petir/halilintar akan sering terdengar. Tidak sedikit pemilik anjing yang mengeluhkan tentang anjing mereka yang ketakutan atau panik saat mendengar bunyi petir. Saat ketakutan itu terjadi, anjing anda mungkin bisa terus melolong, bersembunyi atau bahkan mulai merusak.

Jadi, bagaimana anda mengatasi fobia petir yang dialami oleh anjing anda? berikut beberapa tips yang mungkin dapat membantu:
1. Mengatasi masalah ketakutan anjing sejak dini.
Apakah anjing anda hanya sekedar gemetar dan sembunyi di bawah tempat tidur ketika bunyi petir? Hanya karena dia tidak sampai bersikap benar-benar aneh bukan berarti anjing anda tidak mengidap phobia akan petir/guntur. Karena fobia petir dianggap sebagai masalah perilaku yang progresif, maka tanda-tanda seperti tadi tidak boleh diabaikan. Jika perilaku tersebut terus muncul setiap kali ada petir maka lama-kelamaan ketakutan itu akan semakin memburuk. Sudah waktunya untuk mengambil tindakan SEKARANG.

a user uploaded image

2. Jangan mendengarkan saran untuk "membiarkannya/mengabaikannya" atau coba menenangkannya secara berlebihan seperti memperlakukan bayi.
Kadang banyak pemilik anjing yang menjelaskan bahwa mereka tidak memberikan hiburan kepada anjing karena mereka tidak ingin memperkuat "perilaku negatif" yang diakibatkan oleh petir. Namun jika ada bunyi petir yang parah/menakutkan, bukan waktunya untuk mengatakan kepada anjing anda yang sedang ketakutan "jangan takut,harus berani." karena tidaklah rasional. Anjing anda tidak akan mengerti jika anda menghukumnya karena kepanikannya. Malah, akan memperparah ketakutannya. Berikan rangsangan positif atau mengalihkan perhatiannya untuk menenangkannya seperti mengajaknya bermain.

a user uploaded image

3. Berikan treat, belaian dan hal-hal lain yang baik saat terjadi petir.
Metode ini paling baik digunakan sebelum anjing mengalami ketakutan. Mengaitkan suara keras dengan treat tentunya tidak akan pernah menjadi hal yang buruk, bukan?.

a user uploaded image

4. Biarkan dia bersembunyi.
Bersembunyi (seperti dalam sebuah gua) adalah pertahanan psikologis alami bagi anjing. Membiasakan mereka terbiasa di dalam kandang sejak kecil, memberikan pengaruh besar akan rasa nyaman yang timbul saat bersembunyi dari sesuatu yang membuat mereka takut. Memiliki tempat untuk bersembunyi atau menenangkan diri adalah pendekatan yang baik.

a user uploaded image

5. Menjauhkannya dari suara petir dan berikan suara lain untuk mengecohkannya.
Menciptakan tempat yang nyaman dalam suatu ruangan yang tertutup (seperti lemari atau kamar mandi) mungkin dapat banyak membantu. Menambahkan suara radio, TV yang cukup keras atau bisa juga dengan white noise machine (alat yang dapat meredam suara-suara bising). Atau bisa juga dengan musik khusus untuk menenangkan anjing.

6. Membiasakan Anjing dengan suara petir.
Untuk menurunkan ketakutannya terhadap petir, kita bisa coba juga dengan memainkan CD suara petir ketika tidak sedang ada petir. Mainkan dengan volume suara rendah sambil bermain dengan anjing anda dengan rangsangan positif (seperti treat dan mengelus). Perlahan-lahan tambahkan volume suara dan berlatihlah selama seminggu. Kadang cara ini bisa berhasil pada beberapa anjing.

Jika cara-cara diatas tidak juga dapat menghilangkan fobia anjing anda terhadap suara petir, cobalah konsultasikan dengan dokter hewan anda.


Sumber:

usatoday30.usatoday.com
Last Edited : 22 Nov 2012 16:38:07
03 Jul 2013 18:56:25 #2
Avatar sandyoctavian.anggiono
sandyoctavian.anggiono
Total Post : 8
boleh informasinya..
Fitur Javascript tidak Aktif! Untuk menggunakan fasilitas ini, Javascript di browser Anda harus diaktifkan. Hubungi AnDi untuk bantuan.
 

Kirim Komentarmu disini

Upload Foto, Klik Disini
Thread IconAvatar User
Shihtzu yang hamil muda & prematur
Thread IconAvatar User
Selama Hidupnya Menjadi Korban Dog Fighting, Akhirnya Sam berhasil Menemukan Keluarga Baru
Thread IconAvatar User
Cara Melatih Anak Anjing Berjalan Menggunakan Leash/Tali Anjing
Thread IconAvatar User
Ingin memelihara anjing?
Kembali ke atas

0.2837