INFO Komunikasi Lebih Lancar & Pasti Sampai via Email ke AnjingDijual@gmail.com (Prioritas, dibalas lebih cepat!)
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
09 Oct 2014 13:50:11
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Tips Melatih Anjing Command Heel (Berjalan Disamping Anda)

foto

Command Heel adalah sebuah bentuk latihan kepatuhan untuk anjing agar berjalan tepat disamping handler, bukan di depan handler. Melatih anjing perintah 'Heel' bergantung pada bagaimana cara mendapatkan dan mempertahankan perhatian anjing.

Dengan mengajarkan Perintah Heel selain dapat membuat kegiatan berjalan dengan anjing Anda lebih mudah, juga membantu memastikan bahwa anjing Anda aman dan berprilaku baik ketika berada diluar. Dan juga bisa digunakan ketika Anda ingin mengalihkan perhatian anjing Anda saat melewati gangguan misalnya anjing lain, kucing atau anak-anak di sekitar ketika sedang berjalan.

Ketika anjing Anda dalam posisi heel itu berarti ia dalam posisi sangat dekat dengan kaki kiri (atau kaki kanan Anda) meskipun tidak menyentuh dan harus tetap diposisi tersebut sampai Anda membebaskannya. Perintah heel ini termasuk keahlian yang cukup sulit bagi anjing Anda untuk menguasainya sehingga harus diajarkan secara perlahan dan dibentuk sedikit demi sedikit.

Mengajarkan command heel memerlukan setumpuk konsentrasi dari anjing Anda dan banyaknya repetisi - jangan berharap terlalu cepat. Mulailah dengan sederhana, atur anjing Anda untuk bisa berhasil dan jangan terlalu cepat melangkah ke step berikutnya sebelum pastikan bahwa anjing Anda sudah menguasai benar step sebelumnya.

foto

Melatih Anjing Melakukan Command Heel - Step by Step
Ok, sekarang mari kita mulai mengajarkan command heel. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut tanpa leash/tali anjing (jika dimungkinkan) atau dengan leash. Jika memakai leash, gunakan dengan kendur atau longgar saja, karena Leash disini digunakan hanya untuk keamanan saja, bukan untuk menarik/menyeret anjing Anda atau menahannya tetap diposisi. Tujuan yang diinginkan adalah untuk mengkondisikan agar anjing Anda mau berada disamping Anda dibandingkan memaksanya untuk berada di posisi yang Anda inginkan.

Berikut Langkah yang dikutip dari Dog Training Central:
1. Berdiri dengan posisi anjing berada sangat dekat disamping kaki kiri Anda. Anda berdua sama-sama menghadap arah yang sama.

2. Pegang potongan treat favorit anjing Anda di tangan kiri, taruh genggaman tangan berisi treat tsb di dekat pinggang Anda, bukan didepan hidung anjing. Lalu, panggil "Miki" (nama anjing Anda) untuk mendapatkan perhatiannya dan kontak mata. Segera ambil dua langkah ke depan lalu berhenti. Jika anjing Anda bergerak mengikuti Anda dan tetap berada pada posisi heel, maka pujilah dia dengan antusias dan berikan treat.

3. Segera setelah anjing Anda menelan treatnya, ulangi proses tadi. Panggil "Miki" -> maju dua langkah sambil menyemangati anjing Anda ("ayo, miki" atau "good boy, miki"), berhenti, berikan pujian dan treat. Hanya berikan reward (treat/pujian) ketika anjing Anda masih tetap berada dalam posisi heel.

4. Jika selama latihan, anjing tertinggal di belakang Anda atau lebih maju di depan Anda, maka jangan berikan reward. Cukup ulangi proses dari awal lagi.

5. Teruslah berlatih dan ketika anjing Anda sudah terlihat menguasai dengan baik, tambahkan menjadi 4 langkah, kemudian 6 langkah dan seterusnya.. Terus menyemangatinya, berikan pujian dan treat yang lezat untuknya.

6. Ketika anjing Anda sudah handal dengan 10 langkah atau lebih, maka saatnya untuk menyempilkan kata yang ingin Anda gunakan sebagai kata isyarat/aba-aba untuk perintah tersebut. Prosesnya sama dengan latihan tadi, bedanya hanya kali ini Anda menyempilkan aba-aba seperti contoh "miki, heel", lalu melangkah ke depan. Seiring waktu dan banyaknya repetisi akan membentuk asosiasi dalam pikiran anjing antara aba-aba "heel" dengan tindakan tersebut. (note: aba-aba yang digunakan terserah yang Anda inginkan, tidak harus heel)

7. Jika anjing Anda sudah handal sampai langkah diatas, maka artinya Anda sudah memiliki dasar heel dan saatnya untuk melangkah ke step yang lebih sulit lagi serta menambahkan beberapa variabel lainnya seperti:
- Variasikan kecepatan jalan seperti berjalan pelan, agak cepat, berhenti, berjalan cepat, dstnya..
- Tambahkan durasi latihan heel
- Lakukan latihan di tempat baru (pastikan di lokasi yang aman, berpagar dan selalu gunakan leash untuk amannya)
- Tidak hanya berjalan lurus, kali ini tambahkan dengan belok ke kiri dan ke kanan beberapa langkah
- Menaruh bola di depan Anda - apa yang akan anjing Anda lakukan?
- Mencoba latihan dengan berada di sekitar orang lain dan hewan (mulai dengan satu teman Anda, satu kucing, atau satu anjing lain dan perlahan tambahkan. Jangan langsung mencobanya di lingkungan yang cukup ramai atau belum cukup aman. Selalu gunakan leash jika tidak berada di dalam rumah)

Sebelum melangkah ke step berikutnya, pastikan bahwa anjing Anda sudah benar-benar handal pada step yang sebelumnya. Mulai satu persatu mengajarkan step baru, jangan melangkah sekaligus dan buat semudah mungkin bagi anjing Anda untuk berhasil. Selalu sertai latihan dengan semangat, suasana yang menyenangkan, pujian dan treat. Ingatlah bahwa latihan ini membutuhkan proses yang tidak bisa instan dan harus dilakukan dengan konsistensi dan kesabaran. Untuk anjing yang masih usia kecil atau anakan, mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama.

Cara diatas yang dikutip dari Dog Training Central, hanya salah satu dari sekian banyak cara yang bisa digunakan untuk mengajarkan perintah "heel".

Berikut video alternatif cara lain yang bisa digunakan:

* Dalam video ini, pelatih anjing Victoria Stilwell mengajarkan dengan cara menggunakan tembok panjang untuk mengawali mengajari perintah ini. Dengan tembok panjang ini membuat anjing akan berjalan lurus dan dengan sendirinya akan selalu berada dekat di samping Anda. Secara bertahap jika anjing sudah mengerti dengan perintah ini, maka Anda tidak perlu lagi menggunakan tembok. Selain itu, Victoria juga menggunakan treat untuk menjadi penarik awal bagi anjing dengan tangan yang memegang treat ditaruh di depan wajah anjing dan lalu tangan tersebut kemudian digunakan menjadi sinyal sebagai penanda untuk heel. Lalu perlahan-lahan baik treat dan tangan untuk sinyal tadi mulai dihilangkan ketika anjing sudah mulai mengerti. Tips dari Victoria, mulailah latihan di rumah/indoor sebelum membawanya keluar sehingga anjing lebih fokus ke Anda karena tidak banyak gangguan. Untuk lebih jelasnya, tonton video berikut:



Alternatif cara lainnya:





Sumber:
http://www.dog-obedience-training-review.com/teaching-a-dog-to-heel.html
http://www.perfectdogtraining.com/articles/dog-training/teaching-your-dog-to-heel

Last Edited : 09 Oct 2014 13:51:23
16 Mar 2015 16:20:32
#2
Avatar Yuli.Kasiono
Yuli.Kasiono
Total Post : 2
Sya bingung, sya lihat di tv, liat video2 cara berjalan dgn anjing kok kyak'ny enak gitu,, pitbull sya kok susaaaah bgt untuk jalan tanpa narik leash... (Kecuali dia udah capek bgt).. Pleaase.. Solusi'ny gmna..??

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.