INFO Komunikasi Lebih Lancar & Pasti Sampai via Email ke AnjingDijual@gmail.com (Prioritas, dibalas lebih cepat!)
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
20 Sep 2014 09:14:50
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Anjing Bisa Pesimis Juga!

foto

Penelitian terbaru mengungkapkan anjing pun bisa memiliki perasaan pesimis dalam hidupnya. Penelitian dilakukan oleh para peneliti dari Universitas of Sydney mengklaim bahwa beberapa anjing dengan jelas terlihat lebih pesimis dibandingkan anjing lain ketika menantikan sebuah reward.

"Penelitian ini menarik karena mengukur keadaan emosional positif dan negatif pada anjing secara obyektif dan non-invasif," jelas Dr Melissa Starling, dari Fakultas Kedokteran Hewan.

Untuk mengetahui apakah anjing itu optimis atau pesimis, tim mengajarkan anjing mengasosiasikan dua suara oktaf berbeda dengan reward yang akan diterimanya. Satu nada diasosiasikan dengan mendapat reward semangkuk air minum biasa, satu nada lainnya diasosiasikan mendapat reward susu.

Setelah belajar membedakan nada, anjing lalu diperdengarkan nada-nada tersebut. Jika anjing merespon nada maka itu menunjukkan bahwa si anjing mengharapkan sesuatu yang baik terjadi, membuat mereka optimis.

Tingkat optimis mereka juga bisa dilacak dengan melihat nada mana yang mereka respon. Sebagai contoh, anjing yang sangat optimis akan merespon sebagian besar nada bahkan termasuk nada yang menunjukkan bahwa mereka hanya akan diberi air biasa.

Sedangkan anjing yang pesimis, bahkan tidak merespon atau menunjukkan hasrat ketika nada yang dimainkan adalah yang mendapat reward susu. Perilaku ini bisa menunjukkan bahwa mereka mengasumsikan hanya akan mendapat air biasa.

Anjing yang pesimis kelihatan lebih tertekan oleh tugas yang gagal ketimbang anjing optimis.

foto

"Mereka akan merengek dan menghindari pengulangan tugas yang diberikan sementara anjing optimis akan terlihat tidak terganggu dan terus melanjutkan." Kata Dr Starling.

"Tapi ini tentu terlalu dini untuk menyebut bahwa pesimis umum di kalangan hewan, perlu penelitian lebih lanjut," lanjut dokter Starling.

Mengetahui apakah si anjing cenderung optimis atau pesimis, lanjut Starling, itu bisa menentukan peran kerja yang tepat dari mereka.

Misalnya Anjing yang pesimis lebih tepat sebagai anjing pemandu, sementara yang optimis akan cocok mendeteksi obat-obatan atau bahan peledak


Sumber:
http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2137299/anjing-pun-bisa-pesimis#.VBzaRueoHf4
http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-2760908/Dogs-pessimists-Some-canines-expect-bad-things-happen-don-t-risks-study-claims.html

Last Edited : 20 Sep 2014 09:20:37
07 Oct 2014 04:08:44
#2
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
Sebenarnya anjing yang patuh dan serba bisa dilatih apapun itu justru di tengah2 antara paling dominan/optimis dan nurut/pendiam/pemalu (pesimis) yang di pilih sejak puppy
Sebetulnya anjing yang dipilih untuk mendeteksi obat2an atau bahan peledak umurnya hanya bertahan dibawah 7 tahun, entah kena kanker atau udah cacat harus di tembak mati. Khan dilatihnya sesuai dengan tujuannya. Bahan kimia yang terus2 di suruh cium hapal di latih terus sampai bisa, dan di praktekin. Hmm. Kalo manusia aja bisa koit kalo dikurung di garasi dengan mobil gasnya di tekan apalagi anjing yang jauh lebih kecil hehehe

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.