INFO Komunikasi Lebih Lancar & Pasti Sampai via Email ke AnjingDijual@gmail.com (Prioritas, dibalas lebih cepat!)
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
10 Jun 2014 13:42:04
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Ini Alasannya Mengapa Anjing Selalu Mengendus Sebelum Poop atau Pee

foto

Setiap hari, di seluruh dunia, semua anjing mengulangi ritual yang sama: Hidung ke arah bawah, mengendus acak seolah ada peta petunjuk yang hanya bisa dilihat oleh mereka, dan baru kemudian berhenti di sebuah spot 'X' dimana akhirnya mereka bisa melakukan 'bisnisnya', yaitu pee/poop.

Apa sih sebenarnya alasan dibalik tindakan mereka yang selalu mengendus sebelum buang air? Jawaban sederhananya: itu adalah cara anjing berkomunikasi dengan anjing lain yang sudah berlangsung selama berabad abad.

Menandai Dengan Bau adalah Hal yang Serius Penting Bagi Anjing

Scent marking (menandai wilayah dengan bau) adalah perilaku naluriah bagi anjing dimana mereka meninggalkan baunya sendiri, dalam bentuk urin atau feses di lingkungannya untuk menandai wilayah atau memberikan statement.

Anjing lain yang mendatangi bau bisa tahu banyak tentang anjing-anjing di lingkungannya. Dari bau urin atau pup yang diendus, seekor anjing bisa mengetahui berapa banyak anjing yang sudah datang ke tempat itu, kapan mereka ada di sana, dan yang terpenting dari semua itu, apakah ada anjing betina yang sedang heat/loop di wilayahnya.

foto

Bau dari Kelenjar Anus (Anal Glands/Anal Sac)

Sementara menandai dengan urin (urine marking) adalah bentuk paling umum dari scent marking, feses juga dapat digunakan untuk meninggalkan pesan kepada anjing lain. Ketika seekor anjing buang air besar, tekanan terhadap kelenjar kecil yang ada di kedua sisi anus membuat kelenjar tsb mengeluarkan cairan dengan bau yang unik dan kuat yang keluar bersamaan dengan feses. Kelenjar ini kadang-kadang disebut juga dengan 'scent glands' karena bau dari cairan kelenjar ini memungkinkan anjing untuk menandai wilayah dan mengidentifikasi anjing lain.

Dan, karena anjing bisa mengeluarkan aroma dari kelenjar anus mereka ketika merasa takut, maka bau yang dikeluarkan ini dapat berfungsi untuk memperingatkan anjing lain bahwa ada bahaya. Alasan lain yang mungkin tidak terlalu penting adalah anjing mengendus feses untuk mengetahui tentang apa yang baru saja dimakan oleh anjing lain dan memberitahu mereka apakah makanan lezat itu ada di dekat mereka.

Begitu mereka mengumpulkan semua informasi yang mereka butuhkan dari urin atau feses, sebagian besar anjing akan membalas dengan meninggalkan 'deposito' (urin/feses) mereka sendiri.

Alasan Mengapa Anjing Makan Pup dan Solusinya
Mengapa Anjing Saya Selalu Mengikuti Saya?
Mengapa Anjing Suka Mengendus Pantat Anjing Lain?

Sumber:
http://www.vetstreet.com/our-pet-experts/why-does-my-dog-sniff-the-ground-before-he-poops
http://en.wikipedia.org/wiki/Anal_gland

Last Edited : 10 Jun 2014 13:52:53

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.